Penjelasan Materi-materi yang Terdapat di Jagat Raya (Galaksi, Bintang, dan Gugus Bintang)


Penjelasan Materi-materi yang Terdapat di Jagat Raya (Galaksi, Bintang, dan Gugus Bintang)
Jagat Raya

Penjelasan Materi-materi yang Terdapat di Jagat Raya (Galaksi, Bintang, dan Gugus Bintang)

1.     Galaksi



Penjelasan Materi-materi yang Terdapat di Jagat Raya (Galaksi, Bintang, dan Gugus Bintang)
Galaksi


Benda-benda langit yang bertaburan di angkasa sebenarnya terikat pada suatu susunan tertentu.Dan apabila dilihat dengan mata telanjang, benda-benda tersebut terlihat seperti satu bintang.Akan tetapi, apabila dilihat dengan teropong benda-benda tersebut sebenarnya terdiri atas milyaran bintang.Jarak yang sangat jauh menyebabkan tampak seperti satu bintang.Selain itu, jarak yang jauh dan jumlah yang banyak menyebabkan benda-benda tersebut kelihatan rapat dan berbentuk seperti kabut.Kumpulan benda-benda langit yang jumlahnya jutaan bahkan milyaran disebut dengan galaksi.Dalam jagat raya terdapat ribuan galaksi yang mempunyai jarak yang sangat jauh dan masing-masing berukuran besar pula.Galaksi tempat kita dan matahari berada disebut dengan galaksi Bimasakti.Diameter galaksi Bimasakti 80.000 tahun cahaya.

Di dalam jagat raya terdapat ribuan  galaksi yang besar.Menurut para ahli astronomi, jagat raya terdiri atas milyaran galaksi.Matahari, planet, serta satelit terletak pada salah satu galaksi  yang jumlahnya milyaran.Nama galaksi tempat matahari berada disebut Bimasakti.Lalu kemudian timbul pertanyaan apakah jarak antara galaksi yang satu dengan yang lainnya berdekatan? Sebagai gambaran dapat diketahui jarak antara Galaksi Bimasakti dengan Galaksi Magellan.Galaksi Magellan, yaitu salah satu galaksi yang terdekat dengan Bimasakti, dengan jarak sekitar 150.000 tahun cahaya.Jika kita hitung secara matematika, ternyata jaraknya sangat jauh (untuk ukuran kita).Seperti kita ketahui, kecepatan sinar adalah 300.000 km tiap detik.Satu tahun berarti 365 hari x 24 x 60 x 60 detik= 31.536.000 detik.Jika dikalikan 300.000 km, kita dapat menghitung berapa jaraknya.Jika dikalikan lagi dengan 150.000 menjadi berapa? Itulah gambaran jarak antargalaksi.Matahari justru bukan merupakan pusat Galaksi Bimasakti, Matahari justru terletak agak di bagian tepi.Perhatikan benar-benar betapa luas dan tebalnya Galaksi Bimasakti itu.Diameter Bimasakti sebesar 100.000 tahun cahaya, sedangkan tebal bagian tengah cakram.Bimasakti sebesar 10.000 tahun cahaya.Galaksi yang satu dengan yang lain berjarak jutaan tahun cahaya.Galaksi-galaksi  yang lain berada di luar Galaksi Bimasakti.

a)    Ciri-Ciri Galaksi

Galaksi mempunyai ciri-ciri sebagai berikut.
1)    Galaksi mempunyai cahaya sendiri bukan cahaya pantulan.
2)    Galaksi mempunyai bentuk-bentuk tertentu, misalnya bentuk spiral atau pilin, elips, dan bentuk tidak beraturan (irregular galaxi).

b)    Bentuk-Bentuk Galaksi

Galaksi mempunyai bentuk-bentuk khas, antara lain sebagai berikut.
1)    Bentuk Spiral
Galaksi ini mempunyai noda-noda Catherina dengan lengan-lengan berbentuk spiral ke luar dari pusat yang terang (jumlahnya kira-kira 60%).

2)    Bentuk Spiral Berpalang
Lengan-lengan spiral galaksi ini keluar dari bagian ujung suatu pusat.Kira-kira 18% dari jumlah galaksi merupakan spiral-spiral yang terpotong.

3)    Bentuk Elips
Galaksi ini berbentuk elips, mulai dari bentuk yang hampir menyerupai bola kaki sampai pada bentuk yang sangat pipih, seperti bola rugby (jumlahnya kira-kira 18%).

4)    Bentuk Tak Beraturan
Kira-kira 4% dari jumlah galaksi berbentuk tak beraturan atau tidak mempunyai bentuk tertentu.

c)    Galaksi-Galaksi yang Telah Diketahui

Ada beberapa macam galaksi yang sudah diketahui oleh manusia, antara lain Galaksi Magellan, Galaksi Bimasakti, Galaksi Ursa Mayor, dan Galaksi Jauh.

1)    Galaksi Magellan
Galaksi Magellan merupakan galaksi yang paling dekat dengan Galaksi Bimasakti.Jaraknya sekitar 150.000 tahun cahaya dan berada di belahan langit selatan.

2)    Galaksi Bimasakti
Galaksi Bimasakti merupakan galaksi tempat bumi berada.Galaksi ini memiliki bentuk spiral dengan diameter kira-kira 100.000 tahun cahaya.

3)    Galaksi Ursa Mayor
Galaksi Ursa Mayor berjarak 10.000.000 tahun cahaya dari Galaksi Bimasakti.Bentuk Galaksi Ursa Mayor adalah elips dan rapat.

4)    Galaksi Jauh
Galaksi-galaksi yang terletak lebih dari 10.000.0000 tahun cahaya dari Galaksi Bimasakti termasuk galaksi jauh.Contohnya, Galaksi Silvery, Triangulum, dan Whirlpool.

2.     Bintang

Penjelasan Materi-materi yang Terdapat di Jagat Raya (Galaksi, Bintang, dan Gugus Bintang)
Bintang



Bintang adalah sebuah benda langit yang dapat memancarkan cahaya sendiri.Bintang berwujud bola yang sangat besar dan panas.Di angkasa banyak sekali bintang bertebaran dengan berbagai macam ukuran.Ukuran bintang tidak hanya berdasarkan  besar atau volumenya, tetapi juga tingkat terangnya atau  magnitude.Terang yang dimaksud adalah kesan yang diterima oleh mata kita.Adapun besar bintang didasarkan pada tingkatannya.Dengan mata telanjang (tidak memakai teropong), kita masih dapat melihat bintang tingkat 6 m.Simbol m adalah singkatan dari magnitude.Bintang A mempunyai perbedaan satu tingkat (1m) lebih terang dari bintang B, berarti bintang A (2,51) 1= 2,51 kali lebih terang dari bintang B.Bintang D dan bintang E mempunyai perbedaan tiga tingkat (3m), berarti mempunyai perbedaan (2,51) 3= 15,8 kali lebih terang.Berdasarkan uraian di atas maka dapat dibuat dalil tingkat terang atau tingkat besar sebagai berikut.

Perbedaan 4 tingkat (4m) antara dua bintang, berarti perbedaan (2,51) 4= 39,8 kali lebih terang.
Dan perbedaan 5 tingkat (5m) antara dua bintang, berarti perbedaan (2,51) 5= 100 kali lebih terang.

Berikut ini merupakan daftar bintang yang paling terang yang dilihat dari bumi.

No
Bintang yang Tampak
Magnitude Absolut
Magnitude
1
Matahari
-26,72
4,86
2
Sirius
-1,47
1,2
3
Canopus
-0,73
-4,5
4
Vega
0,04
0,6
5
Arcturus
0,06
-0,1
6
Rigel
-0,08
-7,0
7
Capella
0,09
0,3-0,6
8
Alpha Centauri A
0,33
4,7
9
Procyon
0,34
2,1
10
Achernar
0,47
-1,6
11
Hadar
0,59
-5,1
12
Altair
0,77
2,4
13
Betelgeuse
0,80
-5,8
14
Aldebaran
0,86
-0,3
15
Spica
0,96
-3,5
16
Antares
1,08
-4,5
17
Pollux
1,15
0,2
18
Formalhiut
1,16
1,7
19
Beta Crucis
1,24
-4,25
20
Deneb
1,26
-7,0


3.     Gugus Bintang



Penjelasan Materi-materi yang Terdapat di Jagat Raya (Galaksi, Bintang, dan Gugus Bintang)
Gugus Bintang


Gugus bintang merupakan sistem (susunan) yang terdiri atas ribuan bintang yang bergerombol relatif berdekatan dan saling beredar mengelilingi satu dengan yang lain di dalam ruangan yang terbatas.Bintang hampir seluruhnya muncul dalam gugus-gugus.Gugus-gugus bintang yang berkelompok terdiri atas ratusan bahkan ribuan atau puluhan ribu bintang.Gugus bintang membentuk pasangan atau gugus yang lebih besar.Makin tua suatu gugus bintang, makin kurang bintang-bintang pada rangkaian utama yang tinggal.Gugus bintang yang sangat muda terbentuk dari sebagian rangkaian utamanya.


Demikianlah Artikel lengkap yang berjudul Penjelasan Materi-materi yang Terdapat di Jagat Raya (Galaksi, Bintang, dan Gugus Bintang).Semoga dapat bermanfaat bagi Sobat Edukasi Lovers  semuanya.Jika artikel ini bermanfaat sudi kiranya bagi sobat semua untuk mengelike dan membagikan artikel ini untuk menjaga kelangsungan web pendidikan ini menjadi lebih baik.Jika ada permintaan,pertanyaan,kritik,maupun saran,silahkan berikan komentar sobat semua di kolom komentar di bawah ini.
Terima Kasih…
          Salam Edukasi…