6 Peranan Tumbuhan (Plantae) Bagi Lingkungan dan Manusia

6 Peranan Tumbuhan (Plantae) Bagi Lingkungan dan Manusia


6 Peranan Tumbuhan (Plantae) Bagi Lingkungan dan Manusia
6 Peranan Tumbuhan (Plantae) Bagi Lingkungan dan Manusia


Selamat Datang di Web Pendidikan edukasinesia.com

Hallo sobat Edukasi Lovers,senang sekali rasanya pada kesempatan kali ini saya dapat membagikan artikel untuk menambah pengetahuan dan wawasan sobat Edukasi Lovers semua.Artikel yang akan saya bagikan pada kesempatan kali ini berjudul 6 Peranan Tumbuhan (Plantae) Bagi Lingkungan dan Manusia


Berikut Pembahasannya:

Tumbuhan (Plantae) merupakan bagian yang sangat penting di dalam biosfer. Tumbuhan berfungsi sebagai bagian atau komponen yang menyusun ekosistem. Sebagai produsen, tumbuhanlah yang pertama kali dapat menyerap sumber energi utama di dalam ekosistem, yaitu energi matahari. Melalui proses fotosintesis, energi matahari diubah menjadi senyawa organik yang kaya dengan energi. Energi itulah yang nantinya akan mengalir ke komponen-komponen ekosistem yang lain, seperti konsumen tingkat I, II, atau III. Tumbuhan memiliki peranan dalam menjaga keseimbangan kadar oksigen dan karbon dioksida di udara. Hal ini berkaitan  dengan reaksi fotosintesis yang dilakukan oleh tumbuhan itu sendiri. Melalui proses fotosintesis, tumbuh-tumbuhan menyuplai kebutuhan oksigen makhluk hidup lainnya secara kontinu. Tumbuhan atau vegetasi penyusun ekosistem hutan memiliki fungsi yang sangat penting bagi kelangsungan kehidupan di dunia. Vegetasi-vegetasi di hutan mampu menyerap tingginya kadar polutan di udara khususnya karbon dioksida, debu, dan partikel-partikel lainnya yang dihasilkan dari aktivitas manusia. Adanya vegetasi juga akan mempengaruhi siklus air yang ada di bumi. Proses infiltrasi air hujan ke dalam tanah yang paling besar adalah di dalam hutan. Vegetasi juga berperan dalam mengurangi laju pengikisan lapisan tanah oleh air. Sehingga berbagai jenis vegetasi digunakan untuk program konservasi serta perlindungan tanah dan air. Dalam kehidupan manusia, tumbuhan memiliki pengaruh yang sangat besar karena tumbuhan dapat dimanfaatkan untuk hal-hal sebagai berikut.
1)    Sumber Karbohidrat
Karena tumbuhan mampu berfotosintesis maka tumbuhan merupakan gudang energi, baik yang berupa biji-bijian atau umbi-umbian. Misalnya padi (Oryza Sativa), jagung (Zea mays), gandum (Triticum Sativum), singkong (Manihot utilisima), ubi (Ipomoea batatas), sagu (Metroxylon sagu), dan lain-lain.
2)    Sumber Protein
Tumbuhan juga merupakan sumber protein, protein yang dihasilkan dari tumbuhan adalah protein nabati. Jenis-jenis tumbuhan berbiji merupakan sumber protein bagi manusia.
3)    Di Bidang Industri Farmasi
Sejak zaman dahulu kala, tumbuhan telah digunakan sebagai obat-obatan, terutama di wilayah-wilayah Asia Timur, khususnya negara Cina. Sekarang ini terdapat kecenderungan untuk menggantikan obat-obatan sintesis dari bahan kimia dengan bahan-bahan alamiah dari tumbuh-tumbuhan.
4)    Pemanfaatan Produk Kayu
Manusia tidak dapat terlepas dari produk-produk kayu baik berupa furniture, ataupun sebagai bahan-bahan baku untuk keperluan lain, seperti kertas, kain, dan lain-lain.
5)    Pemanfaatan Getah dan Minyak Atsiri Pada Tumbuhan
Tumbuhan jenis-jenis tertentu yang menghasilkan getah merupakan bahan baku industri, misalnya lateks dari pohon karet (Hevea brasiliensis), dan terpentin dari pinus (Pinus merkusii). Sedangkan minyak atsiri banyak digunakan sebagai bahan baku industri kimia dan parfum. Misalnya pohon cendana (Santalum album), dan kayu gaharu (Aquilaria malaccensis).
6)    Sumber Plasma Nutfah
Tumbuhan juga merupakan sumber Plasma Nutfah. Hal ini berkaitan dengan keanekaragaman tingkat genetik. Adanya keanekaragaman tumbuhan merupakan sumber genetik yang memiliki peranan penting dalam pemuliaan dan penemuan bibit unggul melalui teknik rekayasa genetika.


Dengan kenyataan-kenyataan seperti itulah, dapat disimpulkan peranan tumbuhan sangat besar terhadap kelangsungan hidup setiap makhluk hidup termasuk manusia. Oleh karena itu, upaya penyelamatan dan perlindungan terhadap spesies-spesies tumbuhan mutlak diperlukan.

Demikianlah Artikel lengkap yang berjudul 6 Peranan Tumbuhan (Plantae) Bagi Lingkungan dan Manusia. Semoga dapat bermanfaat bagi Sobat Edukasi Lovers  semuanya.Jika artikel ini bermanfaat sudi kiranya bagi sobat semua untuk mengelike dan membagikan artikel ini untuk menjaga kelangsungan blog ini menjadi lebih baik.Jika ada permintaan,pertanyaan,kritik,maupun saran,silahkan berikan komentar sobat semua di kolom komentar di bawah ini.
Terima Kasih…
Salam Edukasi…

0 Response to "6 Peranan Tumbuhan (Plantae) Bagi Lingkungan dan Manusia"

Post a Comment

Mohon untuk berkomentar yang bijak,tanpa link spam!
Terima kasih.

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Materi PKN

Powered by Blogger.

Artikel Terbaru