8 Pengertian Ilmu Kimia Menurut Para Ahli

8 Pengertian Ilmu Kimia Menurut Para Ahli



 Pengertian Ilmu Kimia Menurut Para Ahli 


Berikut ini merupakan beberapa pengertian ilmu kimia menurut para ahli:


1) Pengertian ilmu kimia menurut Agung Nugroho Catur Saputro & Irwan Nugraha: ilmu kimia merupakan ilmu pengetahuan alam yang mempelajari tentang materi yang meliputi struktur, susunan, sifat, dan perubahan materi serta energi yang menyertainya.


2) Pengertian ilmu kimia menurut Irfan Anshory: ilmu kimia adalah cabang ilmu pengetahuan alam yang mempelajari struktur materi, sifat-sifat materi, perubahan suatu materi menjadi materi lain, serta energi yang menyertai perubahan materi.


3) Pengertian ilmu kimia menurut Brady : ilmu kimia adalah sebuah ilmu mengenal bahan kimia. Bahan kimia bukanlah zat abstrak yang perlu ditakuti oleh manusia biasa. Bahan ini mencakup benda yang ada di sekitar kita. Selanjutnya ilmu kimia dapat didefinisikan sebagai ilmu murni yang mempelajari bahan-bahan yang ada di alam semesta, interaksi diantaranya dan perubahan energi yang berhubungan atau disebabkan oleh adanya perubahan-perubahan alam.


4) Pengertian ilmu kimia menurut Wikipedia: kimia adalah cabang dari ilmu fisik yang mempelajari tentang susunan, struktur, sifat dan perubahan materi.


5) Pengertian ilmu kimia menurut Merriem: ilmu yang berhubungan dengan komposisi, struktur, dan sifat zat dan dengan transformasi yang mereka alami.


6) Pengertian ilmu kimia menurut Oxford: ilmu kimia adalah cabang ilmu yang berkaitan dengan substansi yang materi dikomposisikan, menyelidiki sifat dan reaksi mereka, dan melihat sebuah reaksi untuk membentuk zat-zat baru.


7) Pengertian ilmu kimia menurut Chang: ilmu kimia adalah ilmu yang mempelajari materi dan perubahannya. Zat-zat yang terlibat dalam perubahan kimia yaitu unsur dan senyawa. Untuk mengetahui ciri dari suatu unsur dan senyawa dapat diketahui dari sifat-sifat kimia dan fisis. Sifat kimia adalah sifat yang dapat ditunjukkan dengan melalui perubahan kimia sedangkan sifat fisis merupakan sifat yang dapat diamati tanpa mengubah susunan zatnya.


8) Pengertian ilmu kimia menurut KBBI: ilmu kimia adalah ilmu tentang susunan, sifat dan reaksi suatu unsur atau zat. Artinya kimia adalah suatu yang berhubungan dengan susunan, sifat dan reaksi zat atau unsur termasuk dalam kimia.