18 Pengertian Fisika Menurut Para Ahli

18 Pengertian Fisika Menurut Para Ahli



Pengertian Fisika Menurut Para Ahli


Berikut ini merupakan beberapa pengertian fisika menurut para ahli:


1) Pengertian fisika menurut Kusuma: fisika ialah ilmu yang mempelajari tentang gejala-gejala alam yang terjadi pada suatu materi atau energi yang menempati ruang dan memiliki massa. Fisika merupakan cabang ilmu pengetahuan alam yang mempelajari gejala alam secara keseluruhan.


2) Pengertian Fisika Menurut Deruxes: fisika merupakan sebagai ilmu pengetahuan yang berusaha menguraikan serta menjelaskan hukum alam dan kejadian-kejadian dalam alam dengan gambaran menurut pemikiran manusia.


3) Pengertian fisika menurut Weizacher: fisika merupakan sebagai teori peramaian alternatif-alternatif yang secara empiris dengan percobaan dapat dibeda-bedakan.


4) Pengertian fisika menurut Drs. Supiyanto, M.Si: ilmu fisika adalah ilmu fundamental yang menjadi suatu tulang punggung perkembangan ilmu pengetahuan.


5) Pengertian fisika menurut Budikase dan Nyoman: fisika merupakan ilmu yang banyak memerlukan pemahaman dibandingkan penghafalan.


6) Pengertian fisika menurut Brockhaus: fisika merupakan sebagai pelajaran tentang kejadian alam yang memungkinkan penelitian, percobaan, pengukuran apa yang didapat, penyajian secara sistematis, dan berdasarkan peraturan-peraturan umum.


7) Pengertian fisika menurut Efrizon Umar: fisika merupakan salah satu ilmu yang didasarkan pada besaran-besaran ilmu fisika.


8) Pengertian fisika menurut Osa Pauliza: fisika adalah sesuatu yang bisa diukur dan mempunyai nilai yang dinyatakan dalam bentuk satuan.


9) Pengertian fisika menurut Mikrajudin: fisika merupakan cabang paling utama dalam sains karena berbagai prinsipnya menjadi dasar bagi setiap cabang sains lainnya.


10) Pengertian fisika menurut Dahmen: fisika merupakan sebagai suatu  uraian tertutup tentang semua kejadian fisis yang didasarkan pada beberapa hukum dasar.


11) Pengertian fisika menurut Young, Hough D: fisika merupakan salah satu ilmu yang sangat dasar dari berbagai ilmu pengetahuan.


12) Pengertian fisika menurut Gerthsen: fisika merupakan sebagai suatu teori yang menerangkan gejala-gejala alam sesederhana mungkin dan berusaha menemukan hubungan antara kenyataan-kenyataannya. Permasalahan dasar untuk memecahkan persoalannya ialah mengamati gejala-gejala tersebut.


13) Pengertian fisika menurut Ruwanto: fisika adalah bagian dari ilmu dasar atau sains dan ialah salah satu ilmu yang fundamental.


14) Pengertian fisika menurut Ensiklopedia: fisika adalah ilmu yang didalamnya mempelajari benda beserta gerakannya juga manfaatnya bagi manusia.


15) Pengertian fisika menurut KBBI: fisika ialah ilmu tentang zat dan energi seperti panas, bunyi, cahaya, dll.


16) Pengertian fisika menurut Wikipedia: fisika adalah sains atau ilmu alam yang mempelajari materi beserta gerak dan perilakunya dalam lingkup ruang dan waktu, bersamaan dengan konsep yang berkaitan seperti energi dan gaya. Salah satu ilmu sains paling dasar, tujuan utama fisika ialah memahami bagaimana alam semesta bekerja.


17) Pengertian fisika menurut Ari Damari: fisika merupakan ilmu yang menjelaskan tentang gejala alam.


18) Pengertian fisika menurut Goris Seran D: fisika merupakan salah satu cabang ilmu IPA yang menjadi dasar perkembangan teknologi maju.