26 Pengertian Matematika Menurut Para Ahli

26 Pengertian Matematika Menurut Para Ahli



Pengertian Matematika Menurut Para Ahli


Berikut ini merupakan beberapa pengertian matematika menurut para ahli:

1) Pengertian matematika menurut Suherman: matematika ialah disiplin ilmu tentang tata cara berpikir dan mengolah logika, baik secara kuantitatif maupun secara kualitatif.


2) Pengertian matematika menurut Susilo: matematika ialah bukan sekedar kumpulan angka, simbol, dan rumus yang tidak ada kaitannya dengan dunia nyata. Justru sebaliknya, matematika tumbuh dan berakar dari dunia nyata.


3) Pengertian matematika menurut Abdurrahman: matematika ialah bahasa simbiolis yang fungsi praktisnya untuk mengekspresikan hubungan-hubungan kuantitatif dan keruangan sedangkan fungsi teoritisnya adalah untuk memudahkan berpikir.


4) Pengertian matematika menurut Andi Hakim Nasution: matematika adalah ilmu struktur, urutan (order), dan hubungan yang meliputi dasar-dasar perhitungan, pengukuran, dan penggambaran bentuk objek.


5) Pengertian matematika menurut Suwarsono: matematika ialah ilmu yang memiliki sifat khas yaitu; objek bersifat abstrak, menggunakan lambang-lambang yang tidak banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari, dan proses berpikir yang dibatasi oleh aturan-aturan yang ketat.


6) Pengertian matematika menurut James dan James: matematika ialah ilmu tentang logika mengenai bentuk, susunan, besaran, dan konsep-konsep yang berhubungan satu dengan yang lainnya dengan jumlah yang banyak yang terbagi ke dalam tiga bidang, yaitu aljabar, analisis, dan geometri.


7) Pengertian matematika menurut Kline: matematika itu bukanlah pengetahuan menyendiri yang dapat sempurna karena dirinya sendiri, tetapi adanya matematika itu terutama untuk membantu manusia dalam memahami dan mengatasi permasalahan sosial, ekonomi dan alam. Matematika tumbuh dan berkembang karena proses berpikir, oleh karena itu logika adalah dasar untuk terbentuknya matematika.


8) Pengertian matematika menurut Yansen Marpaung: matematika ialah ilmu yang dalam perkembangannya penggunaannya menganut metode deduksi.


9) Pengertian matematika menurut Johnson dan Rising: matematika ialah pola berpikir, pola mengorganisasikan, pembuktian yang logik, matematika itu adalah bahasa yang menggunakan istilah yang didefinisikan dengan cermat, jelas, dan akurat, representasinya dengan simbol dan padat, lebih berupa bahasa simbol mengenai ide daripada mengenai bunyi.


10) Pengertian matematika menurut Benjamin Peirce: matematika ialah ilmu yang menjelaskan kesimpulan penting.


11) Pengertian matematika menurut Kneebone: matematika hanyalah studi tentang struktur abstrak, atau pola formal keterhubungan.


12) Pengertian matematika menurut Albert Einstein: menyatakan bahwa “sejauh hukum matematika mengacu pada realitas, mereka tidak yakin, dan sejauh mereka yakin, mereka tidak mengacu pada realitas.


13) Pengertian matematika menurut Andi Hakim Nasution: matematika ialah ilmu struktur, rangka (pesanan) dan hubungan yang mencakup dasar-dasar perhitungan, pengukuran, dan penggambaran objek.


14) Pengertian matematika menurut Kurikulum 2006: matematika ialah ilmu universal yang mendasari perkembangan teknologi modern, memiliki peran penting dalam berbagai disiplin ilmu dan mempromosikan kekuatan pikiran manusia.


15) Pengertian matematika menurut Kurikulum 2004: matematika ialah studi tentang bahan-bahan yang memiliki objek abstrak dan dibangun melalui proses penalaran deduktif, bahwa konsep kebenaran diperoleh sebagai konsekuensi logis dari kebenaran diterima sebelumnya bahwa hubungan antara konsep-konsep matematika dalam yang sangat kuat dan jelas.


16) Pengertian kurikulum menurut Reys dkk: matematika ialah sebuah makalah penelitian tentang pola dan hubungan, jalan atau pola berpikir, suatu seni, bahasa, dan alat-alat.


17) Pengertian matematika menurut Russefendi: matematika terorganisasikan dari unsur-unsur yang tidak didefinisikan, definisi-definisi, aksioma-aksioma, dan dalil-dalil dimana dalil-dalil setelah dibuktikan kebenarannya berlaku secara umum, karena itulah matematika sering disebut ilmu deduktif.


18) Pengertian matematika menurut Carl Friedrich Gauss: matematika ialah “ratu ilmu”. Dalam bahasa aslinya, Latin Regina Scientiarum, juga di Jerman Konigin der Wissenschaften, kata yang sesuai dengan ilmu pengetahuan berarti (lapangan) pengetahuan.


19) Pengertian Matematika menurut August Comte: matematika adalah suatu ilmu pengukuran tidak langsung, bagaimana menentukan jumlah yang tidak dapat diukur secara langsung.


20) Pengertian matematika menurut bahasa Indonesia:  matematika adalah ilmu yang mempelajari tentang besaran, struktur, bangun ruang, dan perubahan-perubahan yang pada suatu bilangan.


21) Pengertian matematika menurut Wikipedia: matematika adalah studi besaran, struktur, ruang, dan perubahan. Para matematikawan mencari berbagai pola, dan menggunakannya untuk merumuuskan konjektur baru, dan membangun kebenaran melalui metode deduksi yang ketat diturunkan dari aksioma-aksioma dan definisi-definisi yang bersesuaian.


22) Pengertian matematika menurut Depdiknas: matematika adalah bahan kajian yang memiliki objek abstrak dan dibangun melalui proses penalaran deduktif.


23) Pengertian matematika menurut KBBI: matematika adalah bilangan-bilangan, hubungan antar bilangan dan prosedur operasional yang digunakan dalam penyelesaian mengenai bilangan.


24) Pengertian matematika menurut Riedesel: matematika adalah kumpulan dari kebenaran dan aturan, ilmu matematika bukan sekedar hanya berhitung saja. Matematika ialah suatu bahasa, kegiatan untuk pembangkitan masalah serta untuk memecahkan suatu masalah, kegiatan untuk menemukan serta untuk mempelajari pola dan hubungan.


25) Pengertian matematika menurut Soedjadi: matematika adalah pengetahuan yang bersifat eksak dengan objek abstrak yang meliputi prinsip, konsep, serta operasi yang ada hubungannya dengan suatu bilangan.


26) Pengertian matematika menurut Hudoyo: matematika berkenaan dengan ide, aturan, hubungan yang diatur dengan logis sehingga matematika memiliki keterkaitan dengan konsep abstrak.