Upaya dalam Membina Persatuan dan Kesatuan di Berbagai Lingkungan

 

Upaya dalam Membina Persatuan dan Kesatuan di  Berbagai Lingkungan (Lingkungan Keluarga, Sekolah dan Masyarakat)


Upaya dalam Membina Persatuan dan Kesatuan di  Berbagai Lingkungan (Lingkungan Keluarga, Sekolah dan Masyarakat)

Perlu adanya upaya yang harus dilakukan untuk membina persatuan dan kesatuan di berbagai lingkungan yang ada, baik itu di lingkungan keluarga, sekolah maupun masyarakat. Adapun hal-hal yang perlu dilakukan dalam mendukung suasana persatuan dan kesatuan dijabarkan sebagai berikut ini.


1. Upaya dalam Membina Persatuan dan Kesatuan di Lingkungan Keluarga

Keluarga merupakan unit terkecil dari masyarakat untuk menumbuhkan kesadaran menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan yang lebih besar. Oleh karena itu, setiap anggota keluarga harus dapat menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan keluarga. Keamanan dan ketertiban keluarga dapat terwujud  apabila di dalam keluarga ada kepatuhan dan ketaatan dan adat istiadat. Keamanan dan ketertiban setiap anggota keluarga memiliki kepatuhan dan ketaatan terhadap tata krama dan aturan keluarga, maka akan terciptalah kehidupan yang harmonis, rukun, damai sehingga tercipta persatuan dan kesatuan di lingkungan keluarga. Adapun hal-hal yang dapat dilakukan dalam mendukung suasana persatuan dan kesatuan di lingkungan keluarga antara lain yakni:

1) Beribadah bersama

2) Saling mencintai

3) Saling menghargai

4) Saling tolong menolong antar anggota keluarga

5) Mengakui keberadaan dan fungsi atau kedudukan masing-masing anggota keluarga

6) Menghargai pendapat satu sama lain dan sebagainya


2. Upaya dalam Membina Persatuan dan Kesatuan di Lingkungan Sekolah

Sekolah memiliki tata tertib yang ditaati oleh seluruh warga sekolah. Tata tertib di sekolah bertujuan untuk menciptakan ketertiban, kelancaran, keamanan, rasa persatuan dan kesatuan di lingkungan sekolah dalam proses kegiatan belajar mengajar. Apabila semua warga sekolah menaati tata tertib, maka keamanan, kenyamanan, dan keberhasilan belajar dapat dicapai. Sebaliknya, bila warga sekolah tidak menaati tata tertib maka akan terjadi kekacauan dalam kegiatan belajar mengajar. Selain itu menjaga tata tertib di sekolah juga dapat meningkatkan persatuan dan kesatuan. Adapun hal-hal yang dapat dilakukan  untuk menjaga persatuan dan kesatuan di sekolah antara lain yakni:

1) Melaksanakan 6K (Keamanan, kebersihan, keindahan, kekeluargaan, dan kerindangan di lingkungan sekolah masing-masing).

2) Berperan aktif dalam kegiatan UKS, Pramuka, dan Kesenian.

3) Aktif belajar, mematuhi tata tertib, hormat kepada bapak/ibu guru, kepala sekolah dan semua karyawan di sekolah.

4) Memiliki kepedulian sosial, misalnya sumbangan jika ada bencana alam dan lain-lain.


3. Upaya dalam Membina Persatuan dan Kesatuan di Lingkungan Masyarakat

Masyarakat adalah bagian dari suatu Negara, sehingga masyarakat dapat mempengaruhi persatuan dan kesatuan bangsa dan negara yang bersangkutan. Masyarakat yang terdiri dari beberapa individu dengan berbagai sikap dan kehendak akan mengalami kekacauan jika tidak memiliki tata tertib di masyarakat. Oleh sebab itu, perlu dibuat adanya tata tertib yang mengatur kehidupan bermasyarakat agar dapat mewujudkan lingkungan yang tertib, aman serta menjaga persatuan dan kesatuan. Adapun contoh-contoh kegiatan di masyarakat sebagai wujud peran serta dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia antara lain yakni:

1) Kerja bakti dan gotong royong membersihkan lingkungan dan sarana prasarana hidup milik umum

2) Saling menghormati 

3) Saling bekerja sama

4) Toleransi antara umat keberagamaan dan penganut kepercayaan

5) Rela berkorban untuk kepentingan bersama bagi bangsa dan negara.