15 Pengertian Kompetensi Menurut Para Ahli

15  Pengertian Kompetensi Menurut Para Ahli


15  Pengertian Kompetensi Menurut Para Ahli

Berikut ini merupakan beberapa pengertian kompetensi menurut para ahli

1) Pengertian kompetensi menurut Wibowo (2007:86) : kompetensi ialah kemampuan untuk melaksanakan atau melakukan suatu pekerjaan atau tugas yang dilandasi oleh keterampilan dan pengetahuan kerja yang dituntut oleh pekerjaan tersebut.


2) Pengertian kompetensi menurut Kepala Badan Kepegawaian Negeri Nomor: 46A tahun 2003: kompetensi ialah kemampuan dan karakteristik yang dimiliki oleh seorang pegawai sipil berupa pengetahuan, keterampilan, dan sikap perilaku yang diperlukan dalam pelaksanaan tugas jabatannya, sehingga pegawai negeri sipil tersebut dapat melaksanakan tugasnya secara profesional, efektif dan efisien.


3) Pengertian kompetensi menurut Fogg (2004:90) : kompetensi dibagi menjadi 2 yakni kompetensi dasar dan kompetensi pembeda. Kompetensi dasar ialah karakteristik utama yang biasanya berupa pengetahuan atau keahlian dasar seperti kemampuan untuk membaca. Sedangkan kompetensi pembeda ialah kompetensi yang membuat seseorang berbeda dari yang lain.


4) Pengertian kompetensi menurut Spencer dan Spencer dalam Palan (2007) : kompetensi ialah sebagai karakteristik dasar yang dimiliki seorang individu yang berhubungan secara kausal dalam memenuhi kriteria yang diperlukan dalam menduduki suatu jabatan.


5) Pengertian kompetensi menurut Boyatzis Dalam Hutapea dan Nurianna Thoha (2008) : kompetensi ialah kapasitas yang ada pada seseorang yang bisa membuat orang tersebut mampu memenuhi apa yang diisyaratkan oleh pekerjaan dalam suatu organisasi sehingga organisasi tersebut mampu mencapai hasil yang diharapkan.


6) Pengertian kompetensi menurut Webstre’s Ninth New Collegiate Dictionary Dalam Sri Lastanti (2005) : kompetensi ialah keterampilan dari seorang ahli, dimana ahli didefinisikan sebagai seseorang yang memiliki tingkat keterampilan tertentu atau pengetahuan yang tinggi dalam subyek tertentu yang diperoleh dari pelatihan dan pengalaman.


7) Pengertian kompetensi menurut Byars dan Rue (1997) : kompetensi ialah suatu sifat atau karakteristik yang dibutuhkan oleh seorang pemegang jabatan agar dapat melaksanakan jabatan dengan baik, atau juga dapat berarti karakteristik/ciri-ciri seseorang yang mudah dilihat termasuk pengetahuan, keahlian dan perilaku yang memungkinkan untuk bekerja.


8) Pengertian kompetensi menurut Mangkunegara (2005:113) : kompetensi ialah faktor mendasar yang dimiliki seseorang yang mempunyai kemampuan lebih, yang membuatnya berbeda dengan seseorang yang mempunyai kemampuan rata-rata atau biasa saja.


9) Pengertian kompetensi menurut Mitrani (2002:109) : kompetensi ialah bagian kepribadian yang mendalam dan melekat kepada seseorang serta perilaku yang dapat diprediksi pada berbagai keadaan dan tugas pekerjaan.


10) Pengertian kompetensi menurut Sedarmayanti (2008:126) : kompetensi ialah karakteristik mendasar yang dimiliki seseorang yang berpengaruh langsung terhadap, atau dapat memprediksikan kinerja yang sangat baik.



11) Pengertian kompetensi menurut Undang-Undang No. 13 Tahun 2003 : kompetensi ialah kemampuan kerja setiap individu yang mencakup aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap kerja yang sesuai dengan standar yang ditetapkan.


12) Pengertian kompetensi menurut Van Looy, Van Dierdonck dan Gemmel (1998:212) : kompetensi ialah sebuah karakteristik manusia yang berhubungan dengan efektifitas performa, karakteristik ini dapat dilihat seperti gaya bertindak, berperilaku, dan berpikir.


13) Pengertian kompetensi menurut Poerwadarminta (1993:518) : kompetensi ialah kekuasaan (kewenangan) untuk menentukan atau memutuskan suatu hal.


14) Pengertian kompetensi menurut Suparno (2012:27) : kompetensi ialah kecakapan yang memadai untuk melakukan suatu tugas atau sebagai memiliki keterampilan dan kecakapan yang diisyaratkan.


15) Pengertian kompetensi menurut Robbin (2007:38) : kompetensi ialah kemampuan (ability) atau kapasitas seseorang untuk mengerjakan berbagai tugas dalam suatu pekerjaan, dimana kemampuan ini ditentukan oleh dua faktor yang kemampuan intelektual dan kemampuan fisik.