7 Contoh Kerja Sama Bilateral Indonesia



Contoh Kerja Sama Bilateral Indonesia

7 Contoh Kerja Sama Bilateral Indonesia Beserta Penjelasannya


  Contoh Kerja Sama Bilateral Indonesia  II Kerja sama bilateral adalah suatu bentuk kerja sama antara dua negara yang bertujuan untuk membina hubungan yang telah ada serta menjalin hubungan kerja sama perdagangan dengan negara mitra. Kerja sama bilateral biasanya dapat dilaksanakan antara Indonesia dengan suatu negara yang memiliki hubungan diplomatik dengan Indonesia dan keduanya telah menandatangani “Persetujuan” atau “Agreement”,yang akan menjadi tonggak bentuk kerja sama bilateral. Contoh kerja sama bilateral yang pernah dijalin oleh negara Indonesia dengan negara lain adalah sebagai berikut:

7 Contoh Kerja Sama Bilateral Indonesia

1.Kerja sama antara Indonesia-Brunei Darussalam



Contoh Kerja Sama Bilateral Indonesia

Kerja sama antara Indonesia dengan Brunei Darussalam terjadi di dalam  bidang perdagangan ekspor-impor .Indonesia mengekspor sayur-sayuran, buah-buahan, pakaian jadi, dan kendaraan ke Brunei Darussalam. Selain itu Indonesia juga mengirimkan tenaga pengajar dan tenaga ahli lainnya ke Brunei Darussalam. Sedangkan Brunei Darussalam mengekspor minyak buminya ke Indonesia.


2.Kerja sama antara Indonesia-Thailand

Kerja sama antara Indonesia dengan Thailand bekerja sama dalam bidang pengembangan pertanian, serta berbagai hal mengenai pengolahan produk pertanian. Sehingga tidak heran jika cukup banyak ditemukan produk pertanian yang berasal dari negara Thailand di Indonesia. Dan produk pertanian Indonesia yang juga cukup banyak ditemukan di negara Thailand.


3.Kerja sama antara Indonesia-Filipina

Kerja sama antara Indonesia dengan Thailand berpusat pada kerja sama di bidang perdagangan ekspor-impor. Negara Indonesia mengekspor minyak bumi, baja, besi, dan alumunium ke Filipina. Dan sementara Filipina mengekspor produk gula dan kopra ke Indonesia.


4.Kerja sama antara Indonesia-Kamboja

Pada saat ini Indonesia mencoba merealisasikan gagasan untuk membentuk Joint Agricultural Working Group. Kamboja selama ini dianggap sebagai penghasil beras berkualitas baik. Sehingga banyak beras berkualitas beserta gabah berkualitas yang diekspor Kamboja ke Indonesia. Dengan adanya kerja sama ini pemerintah Indonesia berharap bisa meningkatkan kualitas pangan di Indonesia.


5.Kerja sama antara Indonesia-Australia

Kerja sama antara Indonesia dengan Australia terjadi di bidang perdagangan dua arah. Perdagangan dan perniagaan antara Australia dan Indonesia semakin tumbuh. Perdagangan dua-arah semakin meningkat. Lebih dari 400 perusahaan Australia sedang melakukan perniagaan di Indonesia, mulai dari usaha pertambangan sampai pada telekomunikasi. Perusahaan-perusahaan ini bekerja sebagai mitra dagang dengan perusahaan dan pemerintah Indonesia.


6.Kerja sama antara Indonesia-Singapura

Indonesia dengan Singapura menjalin kerja sama di berbagai sektor bidang. Indonesia mengekspor minyak mentah, gas alam, timah, daging, sayur-sayuran, dan kayu lapis ke Singapura. Sedangkan Singapura secara konsisten menjadi investor asing terbesar di Indonesia. Kerja sama antara Indonesia dengan Singapura juga meliputi beberapa sektor bidang seperti kesehatan, lingkungan hidup, dan pertahanan.


7.Kerja sama antara Indonesia-Malaysia



Contoh Kerja Sama Bilateral Indonesia


Kerja sama antara Indonesia dengan Malaysia banyak terjadi di sektor bidang investasi. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya investor dari Malaysia yang menanamkan investasinya dalam industri perkebunan kelapa sawit di Indonesia. Hal ini tentu saling menguntungkan antara kedua belah pihak. Selain itu, Indonesia juga banyak mengirimkan tenaga kerjanya ke luar negeri, baik itu yang bekerja sebagai petugas medis, pekerja bangunan, asisten rumah tangga, karyawan pabrik dan sebagainya.