23 Pengertian Nilai Menurut Para Ahli

23 Pengertian Nilai Menurut Para Ahli

23 Pengertian Nilai Menurut Para Ahli


Selamat Datang di Blog edukasinesia.com

Hallo sobat Edukasi Lovers,senang sekali rasanya pada kesempatan kali ini saya dapat membagikan artikel untuk menambah pengetahuan dan wawasan sobat Edukasi Lovers semua.Artikel yang akan saya bagikan pada kesempatan kali ini berjudul 23 Pengertian  Nilai Menurut Para Ahli



Berikut Ini Pembahasan Selengkapnya:

23 Pengertian atau Definisi Nilai Menurut Para Ahli

23 Pengertian Nilai Menurut Para Ahli

Pengertian Nilai I Nilai dapat kita artikan sebagai sesuatu yang berharga,berguna,dan bermanfaat bagi manusia.Nilai merupakan suatu hal yang objektif dan membentuk semacam dunia nilai yang menjadi ukuran tertinggi dari perilaku manusia.Menurut seorang tokoh yang bernama Nietzsche,nilai yang dimaksudkan adalah tingkat atau derajat yang diinginkan oleh manusia.Nilai merupakan tujuan dari kehendak manusia yang benar yang sering ditata menurut susunan tingkatannya yang dimulai dari bawah yaitu nilai hedonis (kenikmatan),nilai utilitaris (kegunaan),nilai biologis (kemuliaan),nilai diri estetis (keindahan),nilai-nilai pribadi (susila,baik),dan yang paling diatas adalah nilai kesucian (religius).
   Nilai merupakan sebuah bahasan yang ada dalam sebuah filsafat dimana nilai merupakan salah satu cabang dari filsafat yang disebut dengan aksiologi atau filsafat nilai. Nilai merupakan sebuah landasan ataupun alasan dalam sebuah tingkah laku dan sikap, baik yang dilakukan secara sadar ataupun tidak.
    Nilai juga dapat diartikan sebagai sifat dari sesuatu yang bepengaruh dalam kehidupan manusia, baik secara lahir maupun batin. Makna dari nilai secara teoritis merupakan sebuah keyakinan yang mampu untuk dijadikan pertanggungjawaban baik dalam hubungan antar sesama dan juga dalam hubungan dengan Sang Pencipta.

Banyak ahli di dunia yang telah berbicara dan mendefenisikan tentang pengertian nilai. Berikut ini 23 Pengertian Nilai Menurut para Ahli:
1)    Pengertian Nilai Menurut Ralp Perry : Nilai yang dijelaskan oleh Ralp Perry merupakan suatu objek yang berasal dari minat suatu individu
2)    Pengertian Nilai Menurut Fraenkel : Fraenkel menjelaskan nilai merupakan sebuah konsep ataupun ide mengenai apa yang dipikirkan seseorang dan dianggap penting.
3)    Pengertian Nilai Menurut Kupperman : Pengertian nilai menurut Kupperman adalah sebuah patokan yang bersifat normatif dan dapat mempengaruhi manusia dalam menentukan sebuah pilihan.
4)    Pengertian Nilai Menurut Louis O. Kattsof : Nilai dibagi menjadi dua macam oleh Louis, dimana terdapat nilai intristik yang merupakan nilai yang semulanya sudah bernilai, dan yang kedua adalah nilai instrumental dimana nilai merupakan hasil dari sesuatu akibat digunakan sebagai sarana dalam mencapai suatu tujuan.
5)    Pengertian Nilai Menurut Mulyana : Menurut Mulyana, nilai adalah suatu keyakinan dan rujukan untuk menentukan sebuah pilihan.
6)    Pengertian Nilai Menurut Gordon Allport : Gordon menjelaskan bahwa nilai merupakan suatu keyakinan yang dapat membuat seseorang melakukan tindakan berdasarkan pilihannya.
7)    Pengertian Nilai Menurut Danandjaja : Nilai menurut Danandjaja adalah sebuah pengertian yang dimiliki seseorang akan sesuatu yang lebih penting maupun kuran penting, apa yang lebih baik dan kuran baik, dan juga apa yang lebih benar dan apa yang salah.
8)    Pengertian Nilai Menurut Kluckhohn : Kluckhon mengemukakan bahwa nilai merupakan sebuah konsepsi dari apa yang diinginkan dan mempengaruhi seseorang dalam menentukan tindakan terhadap cara dan juga tujuan yang ingin dicapai.
9)    Pengertian Nilai Menurut Notonagoro : Menurut Notonagoro, nilai terdiri dari tiga nilai pokok, yaitu nilai vital, materil, dan rohani.
10) Pengertian Nilai Menurut Purwodarmito : Menurut Purwodarmito nilai dapat dijelaskan menjadi lima hal yang diantaranya adalah harga sesuatu, harga sesuai taksiran, angka kepandaian, suatu kualitas, dan juga sifat-sifat penting.
11) Pengertian Nilai Menurut Kimball Young : Pengertian nilai menurut Kimball Young adalah asumsi abstrak dan sering kali tidak disadari apa sebenarnya yang penting dalam masyarakat.
12) Pengertian Nilai Menurut AW Green : AW Green menjelaskan bahwa nilai merupakan kesadaran berlangsung dengan disertai emosi terhadap suatu objek.
13) Pengertian Nilai Menurut Hendropusptio : Nilai menurut Hendropuspito adalah segala sesuatu yang masyarakat dapat hargai karena nilai mempunyai daya guna yang fungsional dan berpengaruh dalam perkembangan kehidupan mausia.
14) Pengertian Nilai Menurut Simanjuntak : Pengertian nilai menurut B.Simanjuntak adalah ide-ide yang berkembang pada masyarakat mengenai sesuatu yang baik.
15) Pengertian Nilai Menurut Black's Law Dictionary (1990: 1550) : The utility an object in satisfying, directly or indirectly, the needs or desires of human beings, called by economists value in its, or its worth consisting in the power of purchasing other objects, caled value in exchange.
16) Pengertian Nilai Menurut Louis O. Kattsoff (1987):membedakan nilai dalam dua macam, yaitu: (1) NIlai intrinsik dan 2) nilai instrumental. Nilai intrinsik adalah nilai dari sesuatu yang sejak semula sudah bernilai, sedangkan nilai instrumental adalah nilai dari sesuatu karena dapat dipakai sebagai sarana untuk mencapai tujuan sesuatu. 
17) Pengertian Nilai Menurut Radbruch (Notohamidjojo, 1975) : ada tiga nilai yang penting yaitu; 1) Individualwerte, nilai-nilai pribadi yang penting untuk mewujudkan kepribadian, 2) Pengertian Nilai Menurut Gemeinschaftswerte, nilai-nilai masyarakat, nilai yang hanya dapat diwujudkan dalam masyarakat manusia, dan 3) Werkwerte, nilai-nilai dalam karya manusia dan pada umumnya dalam kebudayaan.
18) Pengertian Nilai Menurut Max Scheler (Hadiwardojo, 1985) : mengelompokkan nilai menjadi; nilai kenikmatan, kehidupan, kejiwaan, dan kerohanian.
19) Pengertian Nilai Menurut Nursal Luth dan Dainel Fernandez : Nilai adalah perasaan-perasaan tentang apa yang diinginkan atau tidak diinginkan yang memengaruhi perilaku sosial dari orang yang memiliki nilai itu.Nilai bukanlah soal benar atau salah,tetapi soal dikehendaki atau tidak,disenangi atau tidak.Nilai merupakan kumpulan sikap dan perasaan-perasaan yang selalu diperlihatkan melalui perilaku oleh manusia
20) Pengertian Nilai Menurut Laboratorium Pancasila IKIP Malang : Nilai adalah sesuatu yang berharga,berguna,indah ,yang memperkaya batin,dan menyadarkan manusia akan harkat dan martabatnya.Nilai bersumber pada budi yang berfungsi mendorong,mengarahkan sikap,dan perilaku manusia.
21) Pengertian Nilai Menurut C.Kluckhon : Nilai adalah suatu konsepsi yang eksplisit khas dari perorangan atau karakteristik dari sekelompok orang mengenai sesuatu yang didambakan,yang berpengaruh pada pemilihan pola,sarana,dan tujuan dari tindakan.Nilai bukanlah keinginan,tetapi apa yang diinginkan.Artinya,nilai itu bukan hanya diharapkan tetapi diusahakan sebagai sesuatu yang pantas dan benar bagi diri sendiri dan orang lain.Ukuran-ukuran yang dipakai untuk mengatasi kemauan pada saat dan situasi tertentu disebut nilai.
22) Pengertian Nilai Menurut Horrocks : nilai adalah sesuatu yang memungkinkan individu atau kelompok sosial membuat keputusan mengenai apa yang ingin dicapai atau sebagai sesuatu yang dibutuhkan. Secara dinamis, nilai dipelajari dari produk sosial dan secara perlahan diinternalisasikan oleh individu serta diterima sebagai milik bersama dengan kelompoknya. Nilai ialah standar konseptual yang relatif stabil, dimana secara eksplisit maupun implisit membimbing individu dalam menentukan tujuan yang ingin dicapai serta akitvitas dalam rangka memenuhi kebutuhan psikologi.
23)  Pengertian Nilai Menurut Spranger : nilai adalah suatu tatanan yang dijadikan panduan oleh individu untuk menimbang dan memilih alternatif keputusan dalam situasi sosial tertentu. Dalam pandangan Spranger, kepribadian manusia terbentuk dan berakar pada tatanan nilai-nilai kesejarahan. Meskipun menempatkan konteks sosial sebagai dimensi nilai dalam kepribadian manusia, namun Spranger mengakui akan kekuatan individual yang dikenal dengan istilah roh subjektif. Sementara itu, kekuatan nilai-nilai kebudayaan merupakan roh objektif. Kekuatan individual atau roh subjektif didudukkan dalam posisi primer karena nilai-nilai kebudayaan hanya akan berkembang dan bertahan apabila didukung dan dihayati oleh individu.
Penerimaan nilai oleh manusia tidak dilakukan secara pasif melainkan secara kreatif dan aktif. Dalam proses  manusia menerima nilai ini terjadi hubungan dialektis antara roh objektif dengan roh subjektif. Artinya, roh objekif akan berkembang jika didukung oleh roh subjektif, sebaliknya roh objektif akan berkembang dengan berpedoman kepada roh objektif yang diposisikan sebagai cita-cita yang harus dicapai. Nilai merupakan sesuatu yang diyakini kebenarannya dan mendorong orang untuk mewujudkannya.
                                                                                                 


Demikianlah Artikel lengkap yang berjudul 23 Pengertian  Nilai Menurut Para Ahli. Semoga dapat bermanfaat bagi Sobat Edukasi Lovers  semuanya.Jika artikel ini bermanfaat sudi kiranya bagi sobat semua untuk mengelike dan membagikan artikel ini untuk menjaga kelangsungan blog ini menjadi lebih baik.Jika ada permintaan,pertanyaan,kritik,maupun saran,silahkan berikan komentar sobat semua di kolom komentar di bawah ini.
     Terima Kasih…

Salam Edukasi…



0 Response to "23 Pengertian Nilai Menurut Para Ahli"

Post a Comment

Mohon untuk berkomentar yang bijak,tanpa link spam!
Terima kasih.

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Materi PKN

Powered by Blogger.

Artikel Terbaru