Tujuh (7) Macam Lembaga Sosial

Tujuh (7) Macam Lembaga Sosial

7 Macam Lembaga Sosial
lembaga sosial

Selamat Datang di Web Pendidikan edukasinesia.com

Hallo sobat Edukasi Lovers,senang sekali rasanya pada kesempatan kali ini saya dapat membagikan artikel untuk menambah pengetahuan dan wawasan sobat Edukasi Lovers semua.Artikel yang akan saya bagikan pada kesempatan kali ini berjudul  7 Macam Lembaga Sosial


Berikut Ini Pembahasan Selengkapnya

7 Macam Lembaga Sosial - Terdapat beberapa lembaga sosial yang sangat erat dengan orientasinya. Beberapa lembaga sosial tersebut adalah sebagai berikut... 
1.Lembaga Keluarga 
Lembaga Keluarga

7 Macam Lembaga Sosial
lembaga keluarga


   Keluarga adalah unit sosial yang terkecil dalam masyarakat dan juga institusi pertama yang dimasuki seorang manusia ketika dilahirkan.
Proses Terbentuknya Keluarga Pada umumnya keluarga terbentuk melalui perkawinan yang sah menurut agama, adat atau pemerintah dengan proses seperti dibawah ini :
1)    Diawali dengan adanya interaksi antara pria dan wanita
2)    Interaksi dilakukan berulang-ulang, lalu menjadi hubungan sosial yang lebih intim sehingga terjadi proses perkawinan.
3)    Setelah terjadi perkawinan, terbentuklah keturunan , kemudian terbentuklah keluarga inti.

Lembaga keluarga merupakan lembaga sosial yang terkencil yang terbentuk atas dasar perkawinan dan hubungan darah. Macam-macam fungsi lembaga keluarga adalah sebagai berikut.. 
1)    Fungsi reproduksi : Dalam keluarga, keturunan merupakan inti dari terjadinya sebuah pernikahan. 
2)    Fungsi ekonomi : Dalam keluarga, terdapat fungsi ekonomi yang dalam hal ini adalah peran ayah, namun ibu juga berperan sebagai fungsi ekonomi dalam menghidupi keluarga mereka termasuk mereka sendiri dan anak-anaknya. 
3)    Fungsi proteksi : Dalam keluarga, terdapat fungsi proteksi, artinya keluarga menciptakan rasa ketentaraman dan keterlindungan baik secara psikologis maupun fisik. 
4)    Fungsi sosialisasi : Dalam keluarga, terdapat fungsi sosialisasi yang mengajarkan anak segala hal baik berlatih dan diperkenalkan cara-cara hidup yang baik dan benar agar dapat berperan dalam masyarakat. 
5)    Fungsi afeksi : Dalam keluarga, terdapat fungsi afeksi yang tidak lain adalah orang tua dari anak tersebut dengan memberikan kehangantan dan kasih sayang. 
6)    Fungsi pengawasan sosial : Dalam keluarga, fungsi pengawasan sosial yang mengontrol segala aktivitas dan tingkah laku dalam keluarga mereka, hal ini biasanya dipegang oleh orang tua untuk mengawasi anaknya. 
7)    Fungsi pemberian status : Dalam keluarga, terdapat fungsi pemberian status melalui lembaga perkawinan sebagai pasangan suami istri. 
Bentuk-Bentuk Keluarga
Keluarga terdiri dari beberapa bentuk yakni sebagai berikut…
1)    Keluarag Inti (Keluarga Batih,Nuclear Family) terdiri atas ayah,ibu,dan anak-anak yang belum menikah.
2)    Keluarga besar (Extended Family) merupakan ikatan keluarga dalam satu keturunan yang terdiri atas kakek,nenek,ipar,paman,cucu,dan sebagainya.
3)    Keluarga Poligamous terdiri atas beberapa keluarga inti yang dipimpin oleh seorang kepala keluarga.Hal ini bisa terjadi apabila keluarga menikah lagi atau beristri lebih dari satu (poligami) sehingga terbentuklah keluarga poligami.

2.Lembaga Politik

7 Macam Lembaga Sosial
lembaga politik



    Lembaga politik merupakan lembaga yang menangani masalah administrasi dan tata tertib umum demi tercapainya keamanan dan ketentraman masyarakat. Lembaga politik adalah proses pembentukan dan pembagian kekuasaan dalam masyarakat sebagai proses pembuatan keputusan .Lembaga yang merupakan pembantunya adalah seperti sistem hukum dan perundang-undangan, kepolisian, angkatan bersenjata, kepegawaian, kepartaian, hubungan diplomatik. Bentuk pranata atau institusi politik yang mengkoordinasi segala kegiatan diatas disebut negara. Macam-macam fungsi lembaga politik adalah sebagai berikut... 

1)    Pelembagaan norma melalui Undang-Undang yang disampaikan oleh badan-badan legislatif.
2)    Melaksanakan Undang-Undang yang telah disetujui.
3)    Menyelesaikan konflik yang terjadi di antara para warga masyarakat yang bersangkutan.
4)    Menyelenggarakan pelayanan seperti perawatan kesehatan, pendidikan, kesejahteraan dan seterusnya.
5)    Melindungi para warga masyarakat atau warga negara dari serangan bangsa lain.
6)    Memelihara kesiapsiagaan/kewaspadaan menghadapi bahaya.
7)    Memelihara ketertiban di dalam negeri (internal order): 
8)    Menjaga keamanan yang ada di luar negeri (eksternal order): 
9)    Mengupayakan kesejahteraan umum (general welfare) 
10) Mengatur proses politik 

Peran Lembaga Politik


7 Macam Lembaga Sosial
lembaga politik


Lembaga politik memiliki peran tersendiri yang cukup besar pengaruhnya bagi kehidupan bermasyarakat,berbangsa,dan bernegara.Salah satu peran yang sangat strategis ialah untuk menciptakan ketertiban dan keteraturan sosial di dalam kehidupan bermasyarakat.Untuk menciptakan ketertiban dan keteraturan sosial tersebut,maka diperlukan adanya pembagian kekuasaan,pengaturan,dan pembatasan kekuasaan dalam kehidupan masyarakat.Hal ini bertujuan untuk menghindari saling tindas-menindas,saling menguasai,dan saling mengganggu.Atas dasar inilah,maka seorang tokoh bernama Montesquieu mengungkapkan gagasannya yang terkenal dengan sebutan ‘Trias Politica’.Gagasan Montesquieu ini membagi kekuasaan menjadi tiga yakni eksekutif,legislatif,dan yudikatif.

1)    Lembaga Eksekutif
Lembaga eksekutif yaitu lembaga sebagai tempat menjalankan aktivitas pemerintahan yang berlangsung.Lembaga eksekutif ini terdiri dari Presiden dan Wakil Presiden,Menteri-Menteri,departemen-departemen,instansi-instansi pemerintah,kepolisian,tentara,dan lain sebagainya.Lembaga eksekutif ini berperan dalam melaksanakan jalannya roda pemerintahan.
2)    Lembaga Legislatif
Lembaga legislatif yakni lembaga yang mengatur kegiatan lembaga perwakilan rakyat.Fungsi ini dijalankan oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR),Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR),dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD).Tugas mereka adalah mengawasi jalannya pemerintahan dan membuat dan menetapkan undang-undang.
3)    Lembaga Yudikatif
Lembaga yudikatif yakni lembaga yang mengatur kegiatan kekuasaan dalam bidang peradilan.Kekuasaan lembaga ini dipegang oleh Mahkamah Agung (MA),Mahkamah Konstitusi (MK),Komisi Yudisial (KY),dan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).Lembaga ini harus bebas dari intervensi lembaga lain.


3.Lembaga Pendidikan

7 Macam Lembaga Sosial
lembaga pendidikan


Lembaga pendidikan adalah lembaga atau tempat berlangsungnya proses pendidikan dengan tujuan mengubah tingkah laku individu ke arah yang lebih baik. Macam-macam fungsi lembaga pendidikan menurut horton dan hunt adalah sebagai berikut... 

Lembaga Pendidikan

Menurut Horton dan Hunt, lembaga pendidikan berkaitan dengan fungsi yang nyata (manifes) berikut:
1)    Mempersiapkan anggota masyarakat untuk mencari nafkah.
2)    Mengembangkan bakat perseorangan demi kepuasan pribadi dan bagi kepentingan masyarakat.
3)    Melestarikan kebudayaan.
4)    Menanamkan keterampilan yang perlu bagi partisipasi dalam demokrasi.
Fungsi laten lembaga pendidikan adalah sebagai berikut.
1)    Mengurangi pengendalian orang tua. Melalui pendidikan, sekolah orang tua melimpahkan tugas dan wewenangnya dalam mendidik anak kepada sekolah.
2)    Menyediakan sarana untuk pembangkangan. Sekolah memiliki potensi untuk menanamkan nilai pembangkangan di masyarakat. Hal ini tercermin dengan adanya perbedaan pandangan antara sekolah dan masyarakat tentang sesuatu hal, misalnya pendidikan seks dan sikap terbuka.
3)    Mempertahankan sistem kelas sosial. Pendidikan sekolah diharapkan dapat mensosialisasikan kepada para anak didiknya untuk menerima perbedaan prestise, privilese, dan status yang ada dalam masyarakat. Sekolah juga diharapkan menjadi saluran mobilitas siswa ke status sosial yang lebih tinggi atau paling tidak sesuai dengan status orang tuanya.
4)    Memperpanjang masa remaja. Pendidikan sekolah dapat pula memperlambat masa dewasa seseorang karena siswa masih tergantung secara ekonomi pada orang tuanya.
Menurut David Popenoe, ada lima macam fungsi pendidikan yakni sebagai berikut:
1)    Transmisi (pemindahan) kebudayaan.
2)    Memilih dan mengajarkan peranan sosial.
3)    Menjamin integrasi sosial.
4)    Sekolah mengajarkan corak kepribadian.
5)    Sumber inovasi sosial.
6)     
Manfaat Pendidikan
Dengan adanya pendidikan harus dijadikan modal dasar bagi manusia untuk menjalani kehidupannya.Jika manusia mempunyai pendidikan yang cukup tinggi,maka ia bisa mendapatkan kedudukan-kedudukan yang ada serta pekerjaan-pekerjaan yang ia inginkan dapat tercapai.Disamping itu ternyata pendidikan memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia,antara lain adalah sebagai berikut:
1)    Menambah wawasan dan pandangan manusia agar lebih baik dalam berinteraksi
2)    Supaya manusia bisa mengikuti atau beradaptasi dengan perkembangan zaman
3)    Agar manusia bisa lebih cepat beradaptasi dengan lingkungannya
4)    Membuat manusia lebih kritis dan analitis dalam berpikir serta bertindak
5)    Menambah kemampuan berpikir seseorang sehingga ia bisa bekerja secara efektif dan efisien.



4.Lembaga Ekonomi 

7 Macam Lembaga Sosial
lembaga ekonomi


   Lembaga ekonomi adalah lembaga yang mempunyai kegiatan di bidang ekonomi demi terpenuhinya kebutuhan masyarakat.Lembaga ini mengatur kegiatan produksi,distribusi,dan pemakaian (konsumsi) barang-barang dan jasa yang diperlukan bagi kelangsungan hidup bermasyarakat.

Tujuan dan fungsi lembaga ekonomi
Pada hakekatnya tujuan yang hendak dicapai oleh lembaga ekonomi adalah terpenuhinya kebutuhan pokok untuk kelangsungan hidup masyarakat.
Fungsi dari lembaga ekonomi secara umum adalah:
1)    Memberi pedoman untuk mendapatkan bahan pangan
2)    Memberikan pedoman untuk melakukan pertukaran barang/barter
3)    Memberi pedoman tentang harga jual beli barang
4)    Memberi pedoman untuk menggunakan tenaga kerja
5)    Memberikan pedoman tentang cara pengupahan
6)    Memberikan pedoman tentang cara pemutusan hubungan kerja
7)    Memberi identitas bagi masyarakat

·         Lembaga Produksi berfungsi
                      a)      Melakukan penjaminan mutu terhadap barang-barang produksi
                      b)      Mengatur dan mengawasi agar tidak terjadi persaingan usaha yang tidak sehat
                      c)      Mengawasi agar tidak terjadi penimbunan barang oleh produsen
                      d)      Mengatur kegiatan produksi agar sesuai dengan selera dan kebutuhan masyarakat.
                      e)      Mengatur agar kegiatan produksi barang tidak merusak lingkungan dan keseimbangan ekosistem.
·         Lembaga Distribusi berfungsi
                      a)      Mengawasi agar tidak terjadi penimbunan barang oleh distributor
                      b)      Menjamin distribusi berjalan dengan baik
                      c)      Mengatur jalannya penyaluran barang dan jasa dari produsen ke konsumen
·         Lembaga Konsumsi berfungsi
                      a)      Mengatur agar kegiatan konsumsi tidak merusak lingkungan
                      b)      Mengatur agar barang dan jasa bisa tersedia di pasaran
                      c)      Mengatur agar harga barang dan jasa bisa terjangkau oleh masyarakat
                      d)      Mengatur agar kegiatan konsumsi barang bisa berjalan dengan lancar

Kegiatan Pokok Lembaga Ekonomi
  Lembaga ekonomi memiliki kegiatan pokok yang khas yaitu kegiatan produksi,distribusi,dan konsumsi.

1)    Kegiatan Produksi
Kegiatan Produksi adalah kegiatan-kegiatan yang dilakukan untuk menghasilkan barang dan jasa baik untuk dijual maupun untuk digunakan bagi kepentingan pribadi.

2)    Kegiatan Distribusi
Kegiatan distribusi ialah kegiatan-kegiatan yang dilakukan untuk menyalurkan barang-barang atau jasa dari produsen ke konsumen.Kegiatan ini bisa dilakukan melalui pedagang,pasar,penjualan dari rumah ke rumah,toko,agen,maupun koperasi.

3)    Kegiatan Konsumsi
Kegiatan konsumsi adalah suatu kegiatan memakai suatu bahan-bahan atau alat dalam usaha menciptakan hasil produksi oleh produsen ataupun menggunakan/mengonsumsi suatu produk atau jasa oleh konsumen.

Jenis-Jenis Sistem Ekonomi
   Lembaga ekonomi memiliki beberapa jenis sistem ekonomi yang biasanya dijalankan oleh sebuah negara,antara lain ialah sebagai berikut…

1)    Sistem Sosialisme
Sistem sosialisme adalah suatu sistem yang bertujuan untuk merombak masyarakat ke arah persamaan hak dan pembatasan hak milik pribadi demi kesejahteraan rakyat.

2)    Sistem Komunisme
Sistem komunisme ialah sebuah sistem yang mengizinkan negara untuk melakukan koordinasi ekonomi,termasuk harga-harga,tingkat gai,dan jenis barang yang di produksi.Sistem komunisme ini tidak memberi peluang adanya persaingan bebas.

3)    Sistem Kapitalisme
Sistem kapitalisme adalah sistem yang memberikan kebebasan kepada pemilik modal untuk mengembangkan usahanya demi mendapatkan keuntungan/laba yang sebesar-besarnya.

4)    Sistem Feodalisme
Sistem feodalisme ialah sebuah sistem yang mana menempatkan lembaga politik dan lembaga ekonomi yang menempatkan pemilik tanah dan prajurit sebagai pengatur hak penggunaan tanah.

5)    Sistem Merkantilisme
Sistem merkantilisme ialah sistem ekonomi yang menempatkan negara sebagai penanggung jawab untuk mengendalikan setiap kegiatan ekonomi.


5.Lembaga Agama 


7 Macam Lembaga Sosial
lembaga agama


Lembaga Agama
    Lembaga Agama adalah sistem keyakinan dan praktik keagamaan dalam masyarakat yang telah dirumuskan dan dibakukan.
Fungsi Lembaga agama adalah:
1)    Sebagai pedoman hidup
2)    Sumber kebenaran
3)    Pengatur tata cara hubungan manusia dengan manusia dan manusia dengan Tuhan
4)    Tuntutan prinsip benar dan salah
5)    Pedoman pengungkapan perasaan kebersamaan di dalam agama diwajibkan berbuat baik terhadap sesama
6)    Pedoman keyakinan manusia berbuat baik selalu disertai dengan keyakinan bahwa perbuatannya itu merupakan kewajiban dari Tuhan dan yakin bahwa perbuatannya itu akan mendapat pahala, walaupun perbuatannya sekecil apapun.
7)    Pedoman keberadaan yang pada hakikatnya makhluk hidup di dunia adalah ciptaan Tuhan semata
8)    Pengungkapan estetika manusia cenderung menyukai keindahan karena keindahan merupakan bagian dari jiwa manusia
9)    Pedoman untuk rekreasi dan hiburan. Dalam mencari kepuasan batin melalui rekreasi dan hiburan, tidak melanggar kaidah-kaidah agama


Lembaga agama adalah lembaga yang mengatur mengenai kehidupan manusia dalam beragama. Macam-macam fungsi lembaga agama menurut Bruce J. Cohen adalah sebagai berikut...
1)    Sebagai bantuan dalam pencarian identitas moral
2)    Memberikan tafsiran-tafsiran dalam membantu memperjleas keadaan lingkungan fisik dan sosial seseorang
3)    Sebagai peningkatan keramahan dalam bergaul, kohesi sosial, dan solidaritas kelompok

6.Lembaga Budaya


Lembaga budaya adalah lembaga publik yang terdapat dalam suatu negara yang berfungsi sebagai pengembangan budaya, ilmu pengetahuan, lingkungan, seni, dan pendidikan masyarakat.
Lembaga budaya adalah lembaga publik dalam suatu negara yang berperen dalam pengembangan budaya,ilmu pengetahuan,lingkungan,seni,dan pendidikan pada masyarakat yang ada pada suatu daerah atau negara.
Fungsi lembaga budaya adalah:
- Melestarikan budaya yang ada di Indonesia


7.Lembaga Hukum
Fungsi hukum dalam perkembangan masyarakat dapat terdiri dari:
1)    Sebagai alat pengatur tata tertib hubungan masyarakat: dalam arti, hukum berfungsi menunjukkan manusia mana yang baik, dan mana yang buruk, sehingga segala sesuatu dapat berjalan tertib dan teratur.
2)    Sebagai sarana untuk mewujudkan keadilan sosial lahir dan batin: dikarenakan hukum memiliki sifata dan ciri-ciri yang telah disebutkan, maka hukum dapat memberi keadilan, dalam arti dapat menentukan siapa yang salah, dan siapa yang benar, dapat memaksa agar peraturan dapat ditaati dengan ancaman sanksi bagi pelanggarnya.
3)    Sebagai sarana penggerak pembangunan: daya mengikat dan memaksa dari hukum dapat digunakan atau didayagunakan untuk menggerakkan pembangunan. Di sini hukum dijadikan alat untuk membawa masyarakat ke arah yang lebih maju.
4)    Sebagai penentuan alokasi wewenang secara terperinci siapa yang boleh melakukan pelaksanaan (penegak) hukum, siapa yang harus menaatinya, siapa yang memilih sanksi yang tepat dan adil: seperti konsep hukum konstitusi negara.
5)    Sebagai alat penyelesaian sengketa: seperti contoh persengekataan harta waris dapat segera selesai dengan ketetapan hukum waris yang sudah diatur dalam hukum perdata.
6)    Memelihara kemampuan masyarakat untuk menyesuaikan diri dengan kondisi kehidupan yang berubah, yaitu dengan cara merumuskan kembali hubungan-hubungan esensial antara anggota-anggota masyarakat.


Demikianlah Artikel lengkap yang berjudul 7 Macam Lembaga Sosial.Semoga dapat bermanfaat bagi Sobat Edukasi Lovers  semuanya.Jika artikel ini bermanfaat sudi kiranya bagi sobat semua untuk mengelike dan membagikan artikel ini untuk menjaga kelangsungan blog ini menjadi lebih baik.Jika ada permintaan,pertanyaan,kritik,maupun saran,silahkan berikan komentar sobat semua di kolom komentar di bawah ini.
     Terima Kasih…

Salam Edukasi…




0 Response to " Tujuh (7) Macam Lembaga Sosial"

Post a Comment

Mohon untuk berkomentar yang bijak,tanpa link spam!
Terima kasih.

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Materi PKN

Powered by Blogger.

Artikel Terbaru