Letak dan Luas Benua Asia, Eropa, Amerika, Australia dan Afrika

Letak dan Luas Benua Asia, Eropa, Amerika, Australia dan Afrika Beserta Penjelasannya



 Letak dan Luas Benua Asia, Eropa, Amerika, Australia dan Afrika Beserta Penjelasannya


1. Letak dan Luas Benua Asia

Benua Asia merupakan benua terluas di permukaan bumi. Luasnya mencapai 44.000.000 km2 atau seperempat luas wilayah daratan dunia atau empat setengah kali luas Benua Eropa. Wilayahnya membentang dari Turki di bagian barat sampai Rusia di bagian timur. Benua Asia juga meliputi Indonesia di selatan sampai Rusia di utara mendekati kutub utara. Dibandingkan dengan negara lainnya di Asia, maka Rusia ialah negara terluas di Benua Asia. Benua Asia terletak pada 26° Bujur Timur (BT) sampai 170° Bujur Timur (BT) dan 11° Lintang Selatan (LS) sampai 80° Lintang Utara (LU). Hampir seluruh wilayahnya berada di belahan bumi utara. Hanya sebagian kecil pulau yang berada di belahan bumi selatan, termasuk Indonesia. 


Batas Benua Asia adalah Samudra Arktik di utara, Samudera Hindia di  selatan, Benua Eropa, Pegunungan Ural, Laut Kaspia, Laut Hitam, Selat Bosporus, Selat Dardanella, Laut Tengah, Terusan Suez, dan Laut Merah di Barat, serta dengan Selat Bering dan Samudra Pasifik di timur. Benua Asia terbagi menjadi beberapa wilayah atau region yakni Asia Barat atau Asia Barat Daya (Asia Timur Tengah), Asia Tengah, Asia Timur, Asia Selatan, Asia Tenggara, dan Rusia. Masing-masing wilayah mempunyai ciri-ciri yang membedakannya dengan wilayah yang lainnya. Pembagian wilayah tersebut lebih didasari oleh perbedaan budaya dibandingkan aspek fisik wilayah. Benua Asia memiliki puncak tertinggi yakni Gunung Everet (8.848 m). Bagian terendah yakni Laut Mati (394 m di bawah permukaan air laut). Sungai terpanjang yakni Sungai Yangtse (5.800 km), serta danau terbesar yakni Danau Aral 66.457 km2.



6 Kawasan Benua Asia

Wilayah di benua Asia terbagi menjadi 6 wilayah atau kawasan dengan negara-negara yang ada di dalamnya. Berikut ini merupakan 6 wilayah atau kawasan yang ada di benua Asia.

1) Kawasan Asia Utara

Negara yang termasuk kawasan atau wilayah Asia Utara yakni Rusia (wilayah pegunungan Ural).


2) Kawasan Asia Barat

Negara-negara yang termasuk kawasan atau wilayah Asia Barat yakni Yaman, Yordania, Oman, Arab Saudi, Qatar, Lebanon, Bahrain, Afganistan, Siprus, Uni Emirat Arab, Kuwait, Israel, Turki, Iran, Suriah, Irak.


3) Kawasan Asia Tenggara

Negara-negara yang termasuk kawasan atau wilayah Asia Tenggara yakni Timor Leste, Filipina, Brunei Darussalam, Kamboja, Vietnam, Thailand, Laos, Myanmar, Singapura, Malaysia, Indonesia.


4) Kawasan Asia Selatan

Negara-negara yang termasuk dalam kawasan Asia Selatan yakni Maladewa, Srilanka, Bhutan, Nepal, India, Bangladesh, Pakistan.


5) Kawasan Asia Timur

Negara-negara yang termasuk di dalam kawasan Asia Timur yakni Taiwan, China, Korea Selatan, Korea Utara, dan Jepang.


6) Kawasan Asia Tengah

Negara-negara yang termasuk di dalam kawasan Asia Tengah yakni Turkmenistan, Armenia, Tajikistan, Uzbekistan, Mongolia, Kyrgyzstan, Azerbaijan, dan Kazakhstan.


2. Letak dan Luas Benua Eropa

Benua eropa secara fisik sebenarnya menjadi satu daratan dengan benua Asia. Keduanya hanya dipisahkan oleh sebuah pegunungan yakni pegunungan Ural. Namun, umumya eropa dan asia masing-masing dianggap sebagai benua. Alasannya yakni kedua benua tersebut mempunyai budaya yang berbeda. Benua eropa mendapat julukan sebagai benua biru. Ada dua sebab kenapa disebut dengan benua biru. Pertama yakni mayoritas penduduk benua eropa mempunyai bola mata yang berwarna biru. Kemudian kedua, sejak zaman dahulu banyak kerajaan terkenal berada di benua eropa sehingga dikenal dengan  adanya istilah darah biru (bangsawan). 


Benua Eropa terletak pada 9° Bujur Barat (BB) sampai 60° Bujur Timur (BT) dan 35° Lintang Utara (LU) sampai 80° Lintang Utara (LU). Apabila dilihat letaknya, Benua Eropa berada di luar wilayah tropis, artinya iklim di wilayah Benua Eropa adalah subtropis dan sedang. Karena posisinya, Benua Eropa mengalami 4 musim yakni musim semi, panas, gugur, dan dingin. Luas Benua Eropa mencapai 10.355.000 km2. 


Secara geografis, Benua Eropa berbatasan dengan Samudra Arktik di utara, Laut Tengah di selatan, Samudra Atlantik di barat, serta Asia di timur. Batas Benua Eropa dengan Benua Asia adalah Pegunungan Ural, Selat Dardanella, dan Laut Kaspia. Benua Eropa terbagi atas  5 kawasan atau region yaitu kawasan Eropa Barat, Eropa Timur, Eropa Tengah, Eropa Selatan, dan Eropa Utara. 


Adapun yang mendasari pembagian wilayah tersebut yakni lebih pada perbedaan kondisi geografis yang mencakup aspek fisik dan budaya. Pada saat ini pewilayahan semacam ini sudah mulai pudar dengan adanya ikatan secara ekonomi dan politik melalui lembaga Uni Eropa. Benua Eropa memiliki negara paling kecil di dunia yakni Vatikan. Vatikan merupakan suatu negara berdaulat dengan Sri Paus sebagai pemimpinnya. Luas Vatikan hanya sebesar 0,44 km2 yang membuatnya menjadi negara paling kecil di dunia.


5 Kawasan di Benua Eropa 

Wilayah di benua Eropa terbagi menjadi 5 wilayah atau kawasan dengan negara-negara yang ada di dalamnya. Berikut ini merupakan 5 wilayah atau kawasan yang ada di benua Eropa.

1) Eropa Tengah

Negara-negara yang termasuk dalam kawasan Eropa Tengah yakni Serbia, Slovenia, Slovakia, Polandia, Rumania, Montenegro, Makedonia Utara, Kroasia, Hongaria, Republik Ceko, Bosnia Herzegovina, Bulgaria dan Albania.


2) Eropa Selatan

Negara-negara yang termasuk ke dalam kawasan Eropa Selatan yakni Andorra, Malta, San Marino, Vatikan, Spanyol, Portugal, Italia, dan Yunani.


3) Eropa Barat

Negara-negara yang termasuk ke dalam kawasan Eropa Barat yakni Liechtenstein, Monako, Luxemburg, Swiss, Jerman, Belgia, Prancis, Irlandia, Inggris, Belanda dan Austria.


4) Eropa Timur

Negara-negara yang termasuk dalam kawasan Eropa Timur yakni Moldova, Lithuania, Ukraina, Latvia, Estonia, Belarus, dan Rusia.


5) Eropa Utara

Negara-negara yang termasuk di dalam kawasan Eropa Utara yakni Islandia, Finlandia, Swedia, Norwegia, dan Denmark.


3. Letak dan Luas Benua Amerika 

Benua Amerika terletak pada 170° Bujur Timur (BT) sampai 35° Bujur Barat (BB) dan 83° Lintang Utara (LU) sampai 55° Lintang Selatan (LS). Batas Benua Amerika adalah Samudra Arktik di utara, Laut Weddel, Samudra Atlantik, dan Samudra Pasifik di selatan, Samudra Atlantik di timur, serta Samudra Pasifik di barat. Benua Amerika merupakan benua terbesar kedua setelah Benua Asia. Luas Benua Amerika mencapai 42.057.100 km2. Benua Amerika sering juga disebut sebagai Benua Merah. Julukan ini didapat karena benua tersebut terdapat Suku Bangsa Indian. Suku Indian tidak berkulit merah sebenarnya, kulit mereka terlihat merah karena Suku Indian suka melumuri kulit mereka dengan cat berwarna merah. 


Secara geografis, Benua Amerika terbagi atas 4 kawasan atau region yaitu kawasan Amerika Selatan, Amerika Utara, Amerika Tengah, dan Kepulauan Karibia yang terletak di sekitar Amerika bagian tengah. Sejumlah ahli geografi berpendapat bahwa Meksiko masuk ke dalam wilayah Amerika Tengah. Benua Amerika memiliki puncak tertinggi yakni Gunung Aconcagua (6.960 m). Bagian terendah yakni Death Valley (86 m di bawah permukaan laut). Sungai terpanjang yakni sungai Amazon (6.300 km), dan danau terbesar yakni Danau Michigan (58.016 km2).


Kawasan Benua Amerika

Kawasan atau wilayah Benua Amerika ini terbagi atas tiga kawasan atau wilayah, yakni sebagai berikut:

1) Kawasan Amerika Selatan

Negara-negara yang termasuk ke dalam kawasan Amerika Selatan ini yakni Paraguay, Brasil,  Venezuela, Suriname, Peru, Guyana, Ekuador, Colombia, Chili, Bolivia, Brasil, dan Argentina.


2) Kawasan Amerika Utara

Kawasan Amerika Utara ini terbentang dari Kutub Utara ke selatan sampai dengan Jazirah Florida dan dari Samudera Pasifik ke timur sampai Samudera Atlantik, mencakup bagian utara Meksiko, Teluk Meksiko, daratan Amerika Serikat, Kanada dan Kepulauan Arktik. Adapun kawasan Amerika Utara ini mempunyai luas sekitar 24.500.000 km2.


3) Kawasan Amerika Tengah

Kawasan Amerika Tengah ini memiliki luas kurang lebih 253.926 km2. Adapun Kawasan Amerika Tengah ini meliputi wilayah Kepulauan Karibia di Samudera Atlantik dan daratan Amerika Tengah, mencakup seluruh Meksiko.


4. Letak dan Luas Benua Australia

Benua Australia terletak pada 113° Bujur Timur (BT) sampai 155° Bujur Timur (BT) dan 10° Lintang Selatan (LS) sampai 43° Lintang Selatan (LS). Ini berarti ada bagian Benua Australia yang mempunyai iklim tropis yakni Australia bagian utara yang berdekatan dengan Indonesia. Sebagian wilayah lainnya beriklim subtropis dan sedang. Batas-batas geografis wilayah Benua Australia yaitu sebelah utara berbatasan dengan Laut Timor, Laut Arafuru dan Selat Torres. Sebelah timur berbatasan dengan Samudra Pasifik, Laut Tasman, dan Laut Coral. Sebelah selatan berbatasan dengan Samudra Hindia. Sebelah barat berbatasan dengan Samudra Hindia. Luas wilayah Benua Australia adalah 8.945.000 km2 dengan lebar sekitar 3.200 km dan panjang 3.700 km. Hanya satu negara dalam satu benua merupakan keunikan lainnya dari Benua Australia, sehingga negara Australia mempunyai luas wilayah yang sangat besar. Meski demikian, sekitar dua pertiga wilayahnya berupa gurun.


Benua Australia memiliki puncak tertinggi yakni Puncak Mawson (2.745 m), bagian terendah adalah Danau Eyre (15 m di bawah permukaan laut), sungai terpanjang adalah sungai Murray (2.508 km), dan Danau terbesar adalah Danau Eyre (9.500 km2). Australia terdiri atas 8 negara bagian yakni Australia Utara, Australia Selatan, Australia Barat, Victoria, New South Wales, dan Queensland, Tasmania, dan Daerah Khusus Ibukota. New South Wales merupakan negara bagian paling tua dan paling banyak penduduknya. Negara bagian terluas adalah Australia Barat. Victoria merupakan negara bagian terkecil dan terpadat kedua. Benua Australia memiliki ciri khas akan hal-hal seperti Suku Aborigin, Kangguru atau bangunan seperti Opera House yang dengan mudah kita dapat mengingatnya. Benua yang terletak di sebelah selatan negara kita merupakan benua yang unik karena walaupun terletak di sebelah selatan Asia tetapi penduduknya sebagian besar adalah penduduk ras kaukasoid yang banyak berasal atau sama dengan penduduk Eropa.


Negara Bagian Australia

Berikut ini merupakan nama-nama negara bagian yang ada di Australia:

1) Australia Barat

Australia Barat memiliki luas 2.525.500 km2. Australia Barat ini memiliki ibukota dengan nama Perth.


2) Australia Selatan

Australia Selatan memiliki luas 984.000 km2. Australia Selatan ini memiliki ibukota dengan nama Adelaide.


3) Australia Utara

Australia Utara memiliki luas 1.346.200 km2. Australia Utara ini memiliki ibukota dengan nama Darwin.


4) New South Wales

New South Wales memiliki luas 801.600 km2. New South Wales ini memiliki ibukota dengan nama Sydney.


5) Queensland

Quensland memiliki luas 1.727.200 km2. Quensland ini memiliki ibukota dengan nama Brisbane.


6) Victoria

Victoria memiliki luas 227.600 km2. Victoria ini memiliki ibukota dengan nama Melbourne.


7) Wilayah Ibu Kota Australia

Wilayah Ibu Kota Australia ini memiliki luas 2400 km2. Wilayah Ibu Kota Australia ini memiliki ibukota dengan nama Canberra.


8) Tasmania

Tasmania memiliki luas 67.800 km2. Tasmania memiliki ibukota dengan nama Hobart.


5. Letak dan Luas Benua Afrika

Benua Afrika terletak pada 17° Bujur Barat (BB) sampai 52° Bujur Timur (BT) dan 35° Lintang Utara (LU) sampai 34° Lintang Selatan (LS). Ini berarti Benua Afrika dilewati garis khatulistiwa sehingga sebagian wilayahnya beriklim tropis. Karena posisi lintangnya, sebagian besar wilayah ini beriklim tropis kecuali bagian paling utara dan paling selatan. Di kedua wilayah tersebut, iklim mulai memasuki zona subtropis. Keadaan iklim tersebut disebabkan oleh wilayah yang sangat luas dan dipagari plato. Benua Afrika berbatasan dengan Laut Tengah di utara, Samudra Hindia di selatan dan timur, serta Samudra Atlantik di barat. Benua Afrika merupakan benua terbesar ketiga setelah Asia dan Amerika. Luas wilayah Benua Afrika mencapai 30.290.000 km2. 


Secara geografis, Benua Afrika terbagi atas 5 kawasan yakni Afrika Utara, Afrika Timur, Afrika Barat, Afrika Tengah, dan Afrika Selatan. Benua Afrika sering disebut dengan benua hitam karena mayoritas penduduknya mempunyai kulit berwarna hitam. Sebutan ini awal mulanya digunakan oleh masyarakat Perancis yang dahulu banyak menjajah benua Afrika. Benua Afrika memiliki puncak tertinggi yakni Kilimanjaro (5.895 m). Bagian terendah yakni Danau Assal, Jibouti (158 m di bawah permukaan laut). Sungai terpanjang yakni Sungai Nil (6.650 km), serta danau terbesar yakni Danau Victoria (68.870 km2).


5 Kawasan Benua Afrika

Wilayah di benua Afrika terbagi menjadi 5 kawasan atau wilayah dengan negara-negara yang ada di dalamnya. Berikut ini merupakan 5 kawasan atau wilayah yang ada di benua Afrika.

1) Kawasan Afrika Tengah

Negara-negara yang termasuk dalam kawasan Afrika Tengah yakni Kongo, Kamerun, Gabon, Republik Afrika Tengah, Sao Tome dan Principe, Chad, Angola, Republik Demokratik Kongo, dan Guinea Khatulistiwa.


2) Kawasan Afrika Utara

Negara-negara yang termasuk dalam kawasan Afrika Utara yakni Sudan Selatan, Sudan, Maroko, Tunisia, Algeria, Libya, dan Mesir.


3) Kawasan Afrika Timur

Negara-negara yang termasuk ke dalam kawasan Afrika Timur yakni Madagaskar, Seychelles, Mozambik, Ethiopia, Uganda, Somalia, Malawi, Burundi, Komoros, Eritrea, Zimbabwe, Kenya, Mauritius, Tanzania, Djibouti, Rwanda, dan Zambia.



4) Kawasan Afrika Selatan

Negara-negara yang termasuk ke dalam kawasan Afrika Selatan yakni Lesotho, Botswana, Namibia, Swaziland, dan Afrika Selatan.


5) Kawasan Afrika Barat

Negara-negara yang termasuk ke dalam kawasan Afrika Barat yakni Mali, Liberia, Burkina Faso, Guinea, Pantai Gading, Tanjung Verde, Togo, Senegal, Sierra Leone, Nigeria, Niger, Ghana, Gambia, Benin, Guinea-Bissau, dan Mauritania.