Hubungan Sosiologi dengan Ilmu Sosial Lain Beserta Penjelasannya


Hubungan Sosiologi dengan Ilmu Sosial Lain Beserta Penjelasannya
Gambar Ilustrasi

Hubungan Sosiologi dengan Ilmu Sosial Lain Beserta Penjelasannya

Selamat Datang di Web Pendidikan  edukasinesia.com

Hallo sobat Edukasi Lovers, senang sekali rasanya pada kesempatan kali ini saya dapat membagikan artikel untuk menambah pengetahuan dan wawasan sobat Edukasi Lovers semua. Artikel yang akan saya bagikan pada kesempatan kali ini berjudul Hubungan Sosiologi dengan Ilmu Sosial Lain Beserta Penjelasannya

Berikut Pembahasannya

Beberapa penjelasan mengenai hubungan sosiologi dan ilmu sosial lainnya adalah sebagai berikut.


1.Hubungan Sosiologi dengan Antropologi

Objek kajian sosiologi adalah masyarakat dan masyarakat selalu berkebudayaan. Masyarakat dan kebudayaan tidak sama, tetapi berhubungan erat. Masyarakat menjadi kajian pokok sosiologi dan kebudayaan menjadi kajian pokok antropologi. Hal ini disebabkan hubungan erat antara kebudayaan dan masyarakat. Kebudayaan selalu berbentuk atau bercorak sesuai dengan masyarakatnya.

2.Hubungan Sosiologi dengan Sejarah

Para sosiolog ada yang menggunakan metode historis. Ilmu sejarah dipengaruhi oleh perkembangan sosiologi. Sejarah dan sosiologi mempelajari kejadian dan hubungan yang dialami masyarakat. Sosiologi juga memerhatikan masa silam, tetapi terbatas pada peristiwa yang merupakan proses kemasyarakatan dan timbul dari hubungan antar manusia dalam situasi dan kondisi yang berbeda-beda.

3.Hubungan Sosiologi dengan Ilmu Politik

Ilmu politik mempelajari masyarakat dalam hal kekuasaan. Politik merupakan pembinaan kekuasaan negara yang bukan merupakan ilmu pengetahuan, tetapi merupakan seni. Sosiologi memusatkan perhatiannya pada sisi masyarakat yang bersifat umum dan berusaha mendapatkan pola-pola umum dari masyarakat.

4.Hubungan Sosiologi dengan Ilmu Ekonomi

Ilmu ekonomi pada hakikatnya mempelajari usaha-usaha manusia untuk memenuhi kebutuhan material dari bahan-bahan yang terbatas persediaannya. Sosiologi mempelajari unsur-unsur kemasyarakatan secara keseluruhan. Sosiologi melihat bagaimana manusia berinteraksi, bekerja, sama dan bersaing untuk memenuhi kebutuhannya.

Demikianlah Artikel lengkap yang berjudul Hubungan Sosiologi dengan Ilmu Sosial Lain Beserta Penjelasannya. Semoga dapat bermanfaat bagi Sobat Edukasi Lovers  semuanya. Jika artikel ini bermanfaat sudi kiranya bagi sobat semua untuk mengelike dan membagikan artikel ini untuk menjaga kelangsungan web pendidikan edukasinesia.com ini menjadi lebih baik. Jika ada permintaan, pertanyaan, kritik, maupun saran, silahkan berikan komentar sobat semua di kolom komentar di bawah ini.

Terima Kasih…
Salam Edukasi…