4 Sikap Selektif Terhadap Pengaruh Globalisasi Beserta Penjelasannya Terlengkap


4 Sikap Selektif Terhadap Pengaruh Globalisasi Beserta Penjelasannya Terlengkap
4 Sikap Selektif Terhadap Pengaruh Globalisasi 

4 Sikap Selektif Terhadap Pengaruh Globalisasi Beserta Penjelasannya Terlengkap

Selamat Datang di Web Pendidikan edukasinesia.com

Hallo sobat Edukasi Lovers, senang sekali rasanya pada kesempatan kali ini saya dapat membagikan artikel untuk menambah pengetahuan dan wawasan sobat Edukasi Lovers semua. Artikel yang akan saya bagikan pada kesempatan kali ini berjudul 4 Sikap Selektif Terhadap Pengaruh Globalisasi Beserta Penjelasannya Terlengkap.

Berikut Pembahasannya


Globalisasi adalah suatu proses yang terjadi antarindividu, antarkelompok, dan antarnegara untuk saling berinteraksi, bergantung, terkait, dan memengaruhi satu sama lain yang melintasi batas negara. Akibat-akibat Globalisasi harus kita sikapi secara bijaksana, Kita harus waspada agar tidak terjerumus ke dalam dampak negatif globalisasi. 

Globalisasi yang kita terima harus kita seleksi secara cermat dengan mempertimbangkan dampak positif dan negatifnya, yang kemudian kita sesuaikan dengan budaya dan kepribadian bangsa Indonesia. Ada beberapa sikap yang harus dimiliki oleh kita sebagai bangsa yang bermartabat dan memiliki jati diri yang luhur, di antaranya adalah sebagai berikut.

1.Bersikap Moderat

Masyarakat yang bersikap moderat adalah mereka yang tidak menolak dan tidak mendukung globalisasi sepenuhnya. Masyarakat moderat berusaha mengambil sisi positif globalisasi dan mencegah sisi negatif dari globalisasi. Orang yang moderat bersikap kuat dan terbuka, serta bangga dengan identitas dirinya. Ia sadar akan dampak globalisasi tetapi tetap berpegang teguh dengan identitas budayanya. Bahkan, ia bisa memanfaatkan era globalisasi untuk memperkenalkan budayanya kepada seluruh dunia.

2.Mempersiapkan Diri Sebaik Mungkin



4 Sikap Selektif Terhadap Pengaruh Globalisasi Beserta Penjelasannya Terlengkap
4 Sikap Selektif Terhadap Pengaruh Globalisasi



Era globalisasi adalah era yang penuh dengan tantangan. Tantangannya berupa  kuatnya pengaruh budaya barat dan persaingan yang sangat tinggi. Jika kita mampu menghadapi tantangan itu, kita akan berhasil melalui era globalisasi. Pengaruh budaya barat yang buruk misalnya sikap materialistis, individualisme, dan konsumtif. Budaya tersebut tidak sesuai dengan nilai-nilai keagamaan dan kepribadian bangsa. Kita harus membentengi diri dengan sebaik mungkin sehingga bisa membedakan pengaruh baik dan buruk. 

Berikut ini adalah langkah-langkahnya.

a.    Mempertebal keimanan dan meningkatkan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Dengan agama, kita dapat mengawasi dan mengendalikan dampak negatif yang ditimbulkan oleh globalisasi. Sejelek apa pun pengaruh yang datang pada diri kita, apabila pertahanan kita kuat, maka kita tidak akan terpengaruh.

b.    Belajar dengan giat untuk menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi agar dapat berperan maksimal dalam menjalani era globalisasi. Selain itu, perlu mempelajari berbagai bahasa asing selain bahasa daerah dan bahasa nasional.

c.    Menanamkan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dengan sebaik mungkin. Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara Indonesia mutlak harus dipertahankan dan diwujudkan secara benar. Nilai-nilai Pancasila harus mewarnai semua aspek kehidupan bangsa.

d.    Memperluas wawasan tentang globalisasi. Misalnya, dengan rajin membaca koran dan menyimak berita di televisi atau internet. Banyak berita atau tulisan yang membahas globalisasi yang bisa menjadi masukan wawasan kita.

3.Bersikap Selektif

Sikap yang paling penting pada era globalisasi adalah selektif. Kita tidak menerima semua pengaruh dari luar negeri secara apa adanya. Apa yang ada di luar negeri dianggap baik memberi inspirasi untuk diterapkan di negara kita. Hal-hal yang diterapkan memang harus sesuai dengan keadaan Indonesia. Sebagai bangsa Indonesia, yang berkepribadian Pancasila, kita harus mampu menyeleksi dampak-dampak negatif dari globalisasi. 

Adapun cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi dampak negatif globalisasi antara lain yakni sebagai berikut.
a.    Tidak meninggalkan nilai-nilai luhur budaya bangsa
b.    Menyeleksi budaya asing yang masuk ke negara kita disesuaikan dengan budaya ketimuran
c.    Tidak asal memakai produk luar negeri apalagi jika produk-produk tersebut dapat dihasilkan di dalam negeri.
d.    Tetap mengikuti perkembangan informasi dan teknologi agar kita bisa terus maju dan tidak tertinggal.

4.Menjaga Rasa Nasionalisme

Era globalisasi yang penuh kebebasan bisa menggeser rasa nasionalisme bangsa. Rasa cinta kepada negara, budaya bangsa, dan produk-produk dalam negeri bisa berkurang. Jika ini terjadi, kita sendiri yang mengalami kerugian. Oleh karena itu, kita harus memupuk semangat cinta tanah air atau nasionalisme. 

Dalam menyikapi globalisasi, harus dilandasi dengan nilai-nilai sebagai berikut.

a.    Perjuangan bangsa Indonesia
b.    Sikap dan perilaku cinta tanah air
c.    Wawasan dan kesadaran bernegara
d.    Mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa.



Demikianlah Artikel lengkap yang berjudul 4 Sikap Selektif Terhadap Pengaruh Globalisasi Beserta Penjelasannya Terlengkap. Semoga dapat bermanfaat bagi Sobat Edukasi Lovers  semuanya. Jika artikel ini bermanfaat sudi kiranya bagi sobat semua untuk mengelike dan membagikan artikel ini untuk menjaga kelangsungan web pendidikan edukasinesia.com ini menjadi lebih baik. Jika ada permintaan, pertanyaan, kritik, maupun saran, silahkan berikan komentar sobat semua di kolom komentar di bawah ini.
Terima Kasih…
                         Salam Edukasi…