7 Contoh Perubahan Kimia dalam Kehidupan Sehari-hari Beserta Penjelasannya Terlengkap

7 Contoh Perubahan Kimia dalam Kehidupan Sehari-hari Beserta Penjelasannya Terlengkap


7 Contoh Perubahan Kimia dalam Kehidupan Sehari-hari Beserta Penjelasannya Terlengkap
7 Contoh Perubahan Kimia dalam Kehidupan Sehari-hari Beserta Penjelasannya Terlengkap

Selamat Datang di Web Pendidikan edukasinesia.com

Hallo sobat Edukasi Lovers,senang sekali rasanya pada kesempatan kali ini saya dapat membagikan artikel untuk menambah pengetahuan dan wawasan sobat Edukasi Lovers semua.Artikel yang akan saya bagikan pada kesempatan kali ini berjudul 7 Contoh Perubahan Kimia dalam Kehidupan Sehari-hari Beserta Penjelasannya Terlengkap

Berikut Pembahasannya


Perubahan kimia merupakan perubahan zat yang menghasilkan zat baru dengan sifat-sifat yang baru, yang di sebut sebagai reaksi kimia. Perubahan zat tidak dapat kembali ke bentuk semula.
Ciri dari perubahan kimia dari suatu zat, yaitu : terbentuknya zat jenis baru, diikuti oleh perubahan sifat kimia melalui reaksi kimia, dan zat yang telah berubah tidak bisa kembali ke bentuk awalnya (semula).
Perubahan kimia dapat terjadi karena adanya pembakaran, pengaratan, pembusukan, fermentasi, pemasakan, fotosintesis, dan pengenziman.

1.    Perubahan Kimia karena Pembakaran
Pembakaran merupakan reaksi kimia antara materi yang terbakar dan gas oksigen.Pembakaran disebabkan adanya api.Selain menghasilkan abu dan gas, pembakaran materi juga menghasilkan energi.Misalnya, pembakaran lilin menghasilkan energi cahaya dan pembakaran bensin/solar menghasilkan energi gerak.Dalam kehidupan sehari-hari, banyak ditemukan peristiwa jenis reaksi kimia ini.Misalnya, kayu, kertas, lilin, bensin, atau solar dibakar atau bom yang meledak.

2.    Perubahan Kimia karena Pengaratan


7 Contoh Perubahan Kimia dalam Kehidupan Sehari-hari Beserta Penjelasannya Terlengkap
Besi yang berkarat merupakan salah satu contoh perubahan kimia karena pengaratan



Pengaratan merupakan reaksi kimia antara logam (besi, seng, dan tembaga) dengan gas oksigen dan air.Reaksi kimia ini menghasilkan  karat yang secara umum merupakan oksida logam.Pengaratan merupakan perubahan kimia karena menghasilkan zat baru.Besi (Fe) berubah menjadi karat besi (Fe2O3.nH2O). Sifat besi dan karat besi berbeda.Besi pagar yang berkarat akan rapuh dan mudah runtuh.Begitu juga dengan atap seng yang berkarat.Atap seng yang berkarat akan mudah bocor jika terjadi hujan.

3.    Perubahan Kimia karena Pembusukan
Pembusukan merupakan reaksi kimia yang diakibatkan mikroorganisme.Pada pembusukan, makanan berubah menjadi makanan yang berbau, berlendir, dan terkadang mengeluarkan gas. Misalnya, nasi yang basi atau roti yang berjamur.Kedua makanan yang membusuk tersebut tidak dapat berubah kembali seperti sedia kala.Oleh karena itu, nasi yang basi dan roti yang berjamur termasuk perubahan kimia.

4.    Perubahan Kimia karena Fermentasi
Fermentasi hampir sama dengan pembusukan, yaitu reaksi kimia karena pengaruh mikroorganisme.Pembusukan merupakan perubahan kimia yang merugikan karena materi  menjadi rusak dan terbuang, sedangkan fermentasi merupakan perubahan kimia yang menguntungkan.Fermentasi termasuk perubahan kimia karena makanan yang difermentasi akan lebih lunak, lebih harum, dan rasanya berbeda.Misalnya, pada pembuatan tape ketan dan tape singkong.Tape ketan terbuat dari beras ketan, sedangkan tape singkong terbuat dari singkong.Bagaimana sifat dan rasa beras ketan dan singkong?
Dengan cara fermentasi, beras ketan dan singkong berubah menjadi tape.Tape mempunyai sifat yang berbeda dengan bahan pembuatnya.Selain  itu, tape tidak dapat dikembalikan menjadi beras ketan atau singkong.Contoh lain perubahan kimia karena fermentasi adalah pembuatan tauco dari kedelai, pembuatan kecap dari kedelai, dan pembuatan vetsin/MSG dari tetes tebu.

5.    Perubahan Kimia karena Pemasakan
Menurut sobat, apakah beras yang ditanak sama dengan garam yang dilarutkan, kemudian dipanaskan? Larutan garam yang dipanaskan akan menghasilkan kembali garam.Itulah sebabnya pelarutan garam termasuk perubahan fisika.Adapun menanak beras termasuk perubahan kimia.Hal ini disebabkan beras yang ditanak berubah menjadi nasi.Nasi tidak dapat berubah kembali menjadi beras.Demikian juga dengan proses-proses lainnya karena pemanasan seperti merebus jagung dan ubi, menggoreng telur, atau membuat bolu.Dengan adanya pemanasan, makanan menjadi lebih lunak sehingga perut lebih mudah mencerna.

6.    Perubahan Kimia karena Fotosintesis
Fotosintesis merupakan reaksi pembentukan suatu senyawa yang berlangsung pada tumbuhan hijau.Proses fotosintensis merupakan perubahan kimia karena tumbuhan mengolah air dan karbon dioksida dengan bantuan sinar matahari sehingga menghasilkan karbohidrat dan gas oksigen.Padi, jagung, dan gandum merupakan sumber karbohidrat bagi manusia.Rumput-rumputan merupakan sumber karbohidrat bagi hewan pemakan tumbuhan, seperti sapi, kambing, dan kerbau.

7.    Perubahan Kimia karena Pengenziman
Pernahkah sobat edukasi lovers mengamati pertumbuhan cabai merah? Pada awalnya, cabai berwarna hijau dan tidak pedas.Kemudian, cabai hijau berubah menjad cabai merah yang rasanya pedas.Pertumbuhan cabai hijau menjadi cabai merah disebabkan oleh adanya enzim.Pengenziman (proses enzimatis) merupakan proses yang berlangsung dalam tubuh manusia, hewan, dan tumbuhan.Nasi yang dimakan, dengan bantuan enzim dalam tubuh akan diubah menjadi glukosa.Proses enzimatis merupakan perubahan kimia karena nasi dan daging dengan bantuan enzim akan berubah menjadi senyawa lain.Proses enzimatis dalam tumbuhan terjadi pada buah-buahan muda.Mangga mentah yang keras dan berasa asam, dengan proses enzimatis akan berubah menjadi buah yang matang yang lunak, rasanya manis, dan baunya harum.
Demikianlah Artikel lengkap yang berjudul 7 Contoh Perubahan Kimia dalam Kehidupan Sehari-hari Beserta Penjelasannya Terlengkap .Semoga dapat bermanfaat bagi Sobat Edukasi Lovers  semuanya.Jika artikel ini bermanfaat sudi kiranya bagi sobat semua untuk mengelike dan membagikan artikel ini untuk menjaga kelangsungan blog ini menjadi lebih baik.Jika ada permintaan,pertanyaan,kritik,maupun saran,silahkan berikan komentar sobat semua di kolom komentar di bawah ini.
Terima Kasih…
Salam Edukasi…



0 Response to "7 Contoh Perubahan Kimia dalam Kehidupan Sehari-hari Beserta Penjelasannya Terlengkap"

Post a Comment

Mohon untuk berkomentar yang bijak,tanpa link spam!
Terima kasih.

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Materi PKN

Powered by Blogger.

Artikel Terbaru