Sejarah Perkembangan Demokrasi Setelah Perang Dunia Kedua.

Sejarah Perkembangan Demokrasi Setelah Perang Dunia Kedua.

Selamat Datang di Blog Edukasi Lovers-Id

Hallo sobat Edukasi Lovers,senang sekali rasanya pada kesempatan kali ini saya dapat membagikan artikel untuk menambah pengetahuan dan wawasan sobat Edukasi Lovers semua.Artikel yang akan saya bagikan pada kesempatan kali ini berjudul  Sejarah Perkembangan Demokrasi Setelah Perang Dunia Kedua.
                 
Sejarah Perkembangan Demokrasi Setelah Perang Dunia Kedua.
Gambar Ilustrasi


Berikut Informasi Selengkapnya


Revolusi Perancis pada tahun 1789 yang bersemboyan kemerdekaan,kebebasan dan persaudaraan,sangat berpengaruh  ke seluruh Eropa .Kekuasaan Raja yang mutlak (absolut) mulai ditentang,dan mulai berkembang anggapan bahwa kekuasaan raja dalam suatu negara sebenarnya bersumber dari rakyat.
*Perang Dunia pertama yang melanda Eropa selama 4 tahun (1914-1918),berakhir pula dengan masa runtuhnya kerajaan-kerajaan tua di eropa seperti kekaisaran Rusia,Kekaisaran Jerman,Kekaisaran Austria-Hongaria dan Kesultanan Turki Usmani.Dan di atas reruntuhan wilayah kekaisaran tersebut berdirilah negara-negara yang merdeka.Di antaranya adalah:
1.Kerajaan Jerman.
Larinya Kaisar Wilhelm II ke negeri Belanda sebab adanya pemberontakan Komunis yaitu Partai Spartacis (1918) di Jerman,mendorong terbentuknya pemerintahan Republik di bawah pimpinan Partai Sosial Demokrat,setelah kaum Komunis tidak dapat bertahan lama.
Republik Weinnar merupakan suatu negara demokrat yang lahir dari kancah kekalahan Perang Dunia pertama dan reruntuhan dari feodalisme kekaisaran Jerman.
1933,Partai Nazi-Hitler berhasil merebut kekuasaan dari tengah-tengah kesulitan.Dalam garis perjuangannya yang tercantum dalam kitab “Mein Kampf”,Hitler menegaskan bahwa ia bermaksud menghancurkan Republik,melenyapkan demokrasi,menyapu bersih serikat-serikat pekerja komunis dan menempatkan dirinya sebagai “Fuhrer” (Diktator tertinggi).

·       Dalam waktu singkat sejak tahun 1933 Hitler berhasil untuk meNazikan seluruh wilayah Jerman dari atas hingga ke bawah,negara-negara bagian yang telah bersejarah sejak lama dihapuskan.
·       Demikian pula hak kemerdekaan untuk berpendapat/berbicara dan menulis dihapuskan.Dicabutnya hak-hak sipil yang paling pokok bagi rakyat,dikejar-kejarnya rohani awam,gereja Kristen serta orang-orang Yahudi.
·       Demikianlah bentuk-bentuk yang menakutkan dari seorang tirani yang haus darah dan tiada berprikemanusiaan,muncul dengan cepatnya dalam kepribadian Hitler.
2.Kerajaan Rusia
Akibat dari kekalahan Rusia di medan perang dan bencana kelaparannya yang melanda negeri ini maka pada tahun 1917 meletuslah Revolusi Kaum Komunis di bawah pimpinan Lenin,Stalin dan Trotzky.Revolusi sosial ini disebut pula Revolusi Oktober 1917 yang berhasil menghapuskan kekaisaran Rusia dan mengubah negeri Rusia menjadi Republik Sosialis Soviet Rusia.
Czar Rusia Nicolas II beserta segenap kaum bangsawan penguasa di asingkan ke daerah pembuangan di Siberia.           Berikut poin-poin penting sebelum Rusia menjadi negara yang berbentuk Republik:
·       Lenin yang memerintah tahun 1917-1924,melaksanakan Komunisme dengan melalui tahap Sosialisme seperti yang di ajarkan oleh Karl Marx dalam kitabnya yang berjudul “Das Kapital”.
·       Dalam Negara Komunis USSR dibentuklah pemerintahan diktatur proletariat yang dikuasai oleh satu partai yaitu Partai Komunis.
·       Rakyat Rusia dari dahulu mula memang selalu hidup di bawah kekuasaan absolut dan sama sekali tidak pernah mengenal yang namanya dengan demokrasi.
3.Kerajaan Austria-Hongaria.
Akibat kekalahan dari perang dunia pertama maka pada tahun 1918 meletuslah Revolusi dan pemberontakan bangsa-bangsa Czechs,Slovakia,Slavia di wilayah Balkan dan bangsa Hongaria yang menuntut kebebasan dan kemerdekaan negeri-negeri masing-masing.

*Akibat dari adanya revolusi dan pemberontakan ini Raja Karel dari Austria terpaksa melarikan diri ke Swiss dan Kerajaan pun akhirnya terbagi-bagi atas negara-negara baru dan merdeka,yaitu:
1).Republik Austria (Wina)
2).Republik Hongaria (Budapest)
3).Republik Chekoslowakia (Praha)
4).Kerajaan Yugoslavia sebagai penjelmaan dari gerakan Serbia Raya.
5).Sedangkan sebagian wilayah lainnya di ambil oleh negara Rumania dan Polandia.
   Terkecuali dengan Yugoslavia,semuanya negara-negara baru dan merdeka tersebut adalah  negara berbentuk Republik Nasional dan menganut paham demokrasi,yang banyak berperan dalam percaturan  politik di Eropa Tengah.

4.Kesultanan Turki.
Di Turki meletus revolusi Turki muda yang dimulai dari Kota Angkara tanggal 19 Mei 1919 dan berhasil menghapuskan kesultanan Turki Usmani tahun 1923.Turki kemudian  di ubah menjadi Republik Turki yang modern dengan gerakan pembaharuan dan demokratisasi yang dipimpin oleh Kemal Pasha Ataturk.Sejak tahun 1923 Turki menjadi negara Republik yang modern dan demokratis.

Intermezzo:
*Agresi dan pendudukan oleh musuh selalu membangkitkan gerakan dan semangat kebebasan nasional.Demikian pula agresi yang membabi buta dari Nazi Jerman,Facis Italia dan Militerisme Jepang selama Perang Dunia kedua akhirnya membangkitkan perjuangan kebebasan nasional baik di Eropa maupun di Asia dan Afrika.
*Piagam Atlantik (Atlantic Charter) yang ditandatangani oleh PM Inggris Winston Churchil dan Presiden Amerika Serikat Roosevelt pada tanggal 14Agustus 1941 sangat besar pengaruhnya terhadap perjuangan pergerakan kebebasan nasional.
*Piagam ini antara lain menetapkan bahwa setiap bangsa berhak untuk menentukan bentuk pemerintahannya sendiri-sendiri,dan setiap bangsa berhak mendapatkan kesempatan untuk hidup bebas dari rasa takut dan bebas dari kemiskinan.Setalah perang usai banyak muncul kemudian negara-negara merdeka yang berbentuk Republik Demokrasi,terutama di wilayah Kawasan Asia-Afrika.


Demikianlah Artikel lengkap yang berjudul Sejarah Perkembangan Demokrasi Setelah Perang Dunia Kedua .Semoga dapat bermanfaat bagi Sobat Edukasi Lovers  semuanya.Jika artikel ini bermanfaat sudi kiranya bagi sobat semua untuk mengelike dan membagikan artikel ini untuk menjaga kelangsungan blog ini menjadi lebih baik.Jika ada permintaan,pertanyaan,komentar,maupun saran,silahkan berikan komentar sobat semua di kolom komentar di bawah ini.
     Terima Kasih…


Salam Edukasi…

0 Response to "Sejarah Perkembangan Demokrasi Setelah Perang Dunia Kedua."

Post a Comment

Mohon untuk berkomentar yang bijak,tanpa link spam!
Terima kasih.

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Materi PKN

Powered by Blogger.

Artikel Terbaru