Sejarah Terlengkap Perang Dunia Pertama (1914-1918)

Sejarah Terlengkap Perang Dunia Pertama (1914-1918)

Selamat Datang di Blog Edukasi Lovers-Id

Hallo sobat Edukasi Lovers,senang sekali rasanya pada kesempatan kali ini saya dapat membagikan artikel untuk menambah pengetahuan dan wawasan sobat Edukasi Lovers semua.Artikel yang akan saya bagikan pada kesempatan kali ini berjudul Sejarah Terlengkap Perang Dunia Pertama (1914-1918)
 Berikut Informasi Selengkapnya:
Sejarah Terlengkap Perang Dunia Pertama (1914-1918)
Gambar Ilustrasi




Sejarah Perang Dunia Pertama (1914-1918)
1.Latar Belakang Terjadinya Perang Dunia Pertama
Perang Dunia Pertama disebut juga dengan perang saudara antara bangsa eropa,sebab perang dunia pertama ini melibatkan antar negara-negara atau bangsa-bangsa eropa:
Ada berbagai faktor sebab yang ditimbulkan,sehingga menyebabkan meletusnya perang dunia pertama ini,berikut ini merupakan pembahasan selengkapnya:
Sebab-Sebab Perang Dunia 1:
a.Adanya pertentangan –pertentangan antara negara-negara eropa:
-Antara Jerman-Perancis.
Sebagai musuh bebuyutan,Perancis dapat dikalahkan pada tahun 1870.Dan tahun berikutnya Kaisar Wilheim I dinobatkan di istana Versailles.Sebagai akibatnya Perancis menjalankan politik “Revanche” (cita-cita untuk membalas dendam),sedangkan Jerman sendiri mencoba mengisolir Perancis.
-Antara Jerman-Inggris.
Di lapangan industri,industri Jerman sangat maju dengan pesatnya merupakan saingan yang berbahaya bagi industri Inggris.Di lapangan Imperialisme,Jerman dan Inggris berebutan daerah jajahan di Afrika,di Irian Timur dan Irak.Di lapangan Angkatan Laut,Jerman membangun secara besar-besaran angkatan lautnya sehingga Inggris merasa terancam.
Antara Jerman-Rusia
Wilhelm II membantu membangun Turki dan Irak,hal ini berarti perlindungan Jerman terhadap lawan terbesar Rusia,yaitu Turki yang merintangi Politik Air Hangat Rusia untuk menerobos ke laut Tengah.
Antara Rusia-Austria
Rusia menginginkan Balkan guna Pan Slavisme dan Politik Air Hangatnya.Sedangkan Austria menginginkannya juga untuk menjamin perdagangannya melalui sungai Donau
b.Adanya Persekutuan antara negara-negara
Perancis mencari kawan,demikian pun dengan Jerman,sehingga terbentuklah Triple Alliance (1882:Jerman-Austria-Italia).
Walaupun Inggris dengan Perancis sebelumnya bermusuhan tetapi setelah menghadapi Jerman  sebagai saingan bersama,mereka bersekutu dalam Entente Cordiale (1904) kemudian Rusia diterima sebagai anggota karena juga bermusuhan dengan Jerman,sehingga terbentuklah Triple Entente (1907:Perancis-Rusia-Inggris)
c.Adanya Perlombaan Senjata
Kecurigaan dan ketakutan jika terjadi serangan lawan maka tiap-tiap negara mempersenjatai diri secepat mungkin.Timbullah perlombaan persenjataan untuk menghadapi lawan tersebut.Dengan demikian suasana lebih menjurus kepada suasana perang.
d.Sebab Khusus
Pada tahun 1914 tentara Austria mengadakan latihan perang di Bosnia.Bagi Serbia yang menuntut Bosnia-Herzegowina,latihan tentara Austria di Bosnia itu dianggap sebagai tindakan yang sangat provokatif.Putera Mahkota Austria,Frans Ferdinand datang mengunjungi latihan itu dan pada tanggal 28 Juni 1914 dibunuh di Serajewo oleh orang Serbia.Austria mengirimkan ultimatum kepada Serbia dan kemudian disusul dengan pengumuman perang (28 Juni 1914).Perang Dunia terjadi,Rusia terus memobilisir tentaranya.Tanggal 1 Agustus 1914 Jerman mengumumkan perang kepada Rusia,3 Agustus 1914 Perancis kepada Jerman dan 4 Agustus 1914 Inggris kepada Jerman.Segera perang berkobar di Eropa.

2.Keadaan Perang
a.Negara-negara yang berperang.
Awalnya Perang Dunia pertama diikuti oleh sejumlah kecil negara,tetapi kemudian merambat luas,sehingga banyak negara yang terlibat di dalam perang ini.
-Dua pihak yang berperang yakni pihak sentral (Blok Jerman) yaitu ada 4 negara:Jerman,Austria,Turki,dan Bulgaria.Pihak kedua yakni pihak sekutu (Blok Perancis) ada 23 negara diantaranya Perancis,Rusia,Inggris,Italia,Amerika Serikat (1917),karena Jerman menenggelamkan kapal USA,kapal “Lusitania”,Serbia,Belgia,Rumania,Yunani,Portugal,dan Jepang (guna untuk mendapatkan jajahan Jerman di Pasifik).

-Jalan Perang terbagi atas 4 front.
-Front Barat,Belgia dapat direbut Jerman dengan mudah dan tentara Jerman maju dari selatan hingga 30 km dari Paris.Pusat Pemerintahan Perancis diamankan ke Bourdeaux.Tentara Inggris dalam BEF (British Expiditionary Force) mendarat dari pantai barat Perancis,tetapi hanya berhasil mendesak mundur Jerman sampai di Verdum.Sejak itu kedua belah pihak bertahan dalam parit-parit pertahanan.
Akhirnya pertahanan Jerman dapat direbut setelah Amerika Serikat di bawah Jenderal John J.Pershing ikut berperang serta Inggris dengan perlengkapannya yang baik di bawah naungan jenderal Allenby.
-Front Timur,Rusia dipukul Jerman di dekat danau-danau Masuri.Rusia terpaksa mengadakan perdamaian dengan Jerman di Brest-litowsk.
Front Tenggara,awalnya Jerman memperoleh kemengangan.Rumania dan Serbia menyerah.       Inggris menyerbu di Dardanella,tetapi dalam pertempuran di Gallipoli Inggris dikalahkan oleh Turki.Inggris mundur ke Yunani dan kemudian menyerbu Bulgaria.Bulgaria menyerah (1918).
Turki pun kemudian menyerah (1918) karena diserang dari belakang,yaitu dari Arabia,Palestina,dan Irak.
-Front Selatan,walaupun Italia pada mulanya menjadi anggota Triple Alliance,tetapi kemudian berbalik memihak kepada sekutu karena mengharapkan daerah-daerah yang dikuasai Austria (1915).
Tentara Italia banyak menderita kekalahan,tetapi akhirnya karena sekutu di pihak yang menang,Italia ikut serta sebagai pemenang.
-Perang LAUT,Inggris sebagai negara laut,di bawah Laksamana John Jellicoe berusaha memblokade JermanJerman sendiri mengumumkan “Perang Kapal Selam tidak teratas”,di bawah panglima Angkatan Laut Jerman Laksamana Von Tripith.Inggris menderita kerugian besar sebab sebagian besar keperluannya di import dari negara lain.Untuk mengatasi keadaan ini Inggris mengadakan suatu operasi Laut Khusus menghadapi kapal selam dengan peralatan bom laut.
Amerika Serikat yang banyak menjual keperluan barang untuk Inggris menjadi  sasaran kapal selam Jerman.Kapal Lusitania ditenggelamkan  (1915),kemudian kapal sussex (1916) sehingga akhirnya Amerika Serikat menyatakan perang terhadap Jerman (April 1917).
B.Akhir Perang Dunia Pertama (11-11-1918)
Setelah berlangsung hampir empat tahun,Perang Dunia pertama berakhir dengan kekalahan di pihak negara-negara sentral.Sebab-sebab kekalahan tersebut adalah:
a.Jumlah negara-negara sekutu lebih besar jumlahnya (23 negara),daripada negara-negara sentral yang hanya berjumlah 4 negara,lebi-lebih lagi setelah Amerika Serikat turut berperang di pihak sekutu.
b.Terjadinya perpecahan di pihak negara-negara sentral.Italia yang semula ikut berpihak kepada Jerman ternyata justru membalik arah dengan menyerangnya karena disebabkan oleh faktor Italia menginginkan daerah-daerah yang dikuasai Austria.
c.Terjadinya pemberontakan rakyat di pihak negara-negara sentral yang sudah mulai bosan akan perang serta tidak mau lagi mendukung pemerintahannya.
-Perdamaian,semua diadakan antara tahun 1919-1920 dan kota-kota perdamaian terletak di sekitar Kota Paris
-Perjanjian Perdamaian,ada dua perjanjian perdamaian yang penting yaitu Perjanjian Versailles antara Jerman dengan sekutu dan Perjanjian Sevres (Perjanjian Lausanne) antara Turki dan Sekutu.
-Dalam perjanjian Versailles (1919) ditetapkan antara lain:
1.Jerman menyerahkan Elzas-Lotharingen kepada Perancis dan Eupen-Malmedy kepada Belgia.
2.Danzig dan sekitarnya menjadi Kota merdeka di bawah Liga Bangsa-Bangsa (LBB)
3.Daerah Saar di bawah naungan Liga Bangsa-Bangsa (LBB) selama 15 Tahun,kemudian akan diadakan Plebisit.
4.Jerman kehilangan semua daerah jajahannya dan diserahkan kepada Inggris-Perancis-Jepang.
5.Jerman membayar ganti rugi,kerugian sebesar 132 milyar mark emas.
6.Angkatan Perang Jerman diperkecil.
7.Kapal-kapal dagang Jerman diserahkan kepada Inggris,sebagai ganti kerugian perang.
8.Daerah Jerman sebelah Barat sungai Rijn diduduki sekutu sebagai jaminan selama 15 tahun
-Orang-orang yang berperan menentukan isi perjanjian ini adalah Presiden Woodrow Wilson (USA),Perdana Menteri D.Lloyd George (Inggris),perdana menteri G.Clemenseau (Perancis) dan Perdana Menteri V.E Orlando (Italia).
*Perjanjian yang sangat dipengaruhi oleh sendimen Inggris-Perancis terhadap Jerman ini dalam prekteknya sulit dilaksanakan dan setelah Hitler memerintah perjanjian Versailles ini sama sekali tidak diakuinya.
*Dalam perjanjian Sevres (1920) pihak Turki merasa sangat dirugikan dan dihina sebab daerah Turki diperkecil,tinggal Konstantinopel dan sekitarnya,dan Anatolia.
Semua daerah yang penduduknya bukan bangsa Turki harus dilepaskan

3.Akibat-Akibat Perang Dunia Pertama
      Perang Dunia pertama merupakan Perang Total dan membawa akibat-akibat yang sangat banyak,beragam dan luas sekali bagi para bangsa-bangsa Eropa dan sekitarnya.
Berikut pembahasan selengkapnya:
*Bidang Politik
Dalam bidang politik terjadi perubahan wilayah,perubahan bentuk negara dan sistem pemerintahan, dan timbulnya paham-paham baru.Kerajaan besar Rusia,Turki,Austria-Hongaria dan Jerman berubah menjadi negara yang berbentuk Republik dan wilayahnya di persempit.Dan Sebaliknya timbul negara-negara baru seperti Polandia,Finlandia,Chekoslawakia,Yugoslavia,Hongaria,Mesir,Irak,Arabia,Syria,Libanon dan Trans-Jordania.
Namun demikian Negara-negara yang menang dalam perang mendapat tambahan wilayah seperti Inggris mendapat Israel dan Kamerun,sedangkan Perancis mendapat Syria dan Libanon (kemudian dimerdekakan),dan Jepang yang mendapat kepulauan Carolina dan Mariana.
     Sistem demokrasi liberal ternyata tidak berhasil mengatasi kekacauan di beberapa negara Eropa akibat dari Perang Dunia pertama,sehingga menimbulkan adanya paham-paham baru yang berkembang seperti Facisme di Italia,Naziisme di Jerman,Nasionalisme di Turki,Sosialis-Komunis di Rusia.Tetapi setelah dengan paham-paham baru tersebut kekacauan dapat berhasil diatasi,dan para penguasanya menjalankan Imperialisme dengan bermacam-macam alasan (dalih).

*Bidang Ekonomi
Sejalan dengan semakin berkembangnya Diktatorisme dan usaha mengatasi kesulitan ekonomi,maka dijalankanlah sistem ekonomi terpimpin oleh negara-negara Diktatur-Totaliter.
Contohnya Italia dengan Korporasi,Jerman dengan rencana empat tahun,Rusia dengan rencana lima tahun,Turki dengan Etatisme,dan Amerika Serikat dengan New-Deal.
Sistem kapitalisme dengan ciri persaingan bebas telah menyebabkan Amerika Serikat mengalami krisis ekonomi yang membawa pengaruh luas di dunia.

*Bidang Sosial
Pada Perang Dunia yang pertama,yang memerlukan perlengkapan perang yang lengkap dalam jumlah besar telah menempatkan kaum buruh menjadi ambil bagian dalam menjadi golongan penting karena merekalah yang memproduksi barang.Sehingga mereka pun ikut berperan dalam memenangkan perang.Posisi mereka yang lebih baik menyebabkan gerakan mereka lebih kuat,sehingga memperoleh jaminan hidup yang makin layak.Kaum wanita yang sebelumnya kurang berperanan dalam peperangan mulai ikut aktif dengan kegiatan dalam bidang kesehatan.Sehingga gerakan emansipasi mereka makin kuat juga.

*Bidang Rohani
Kesengsaraan dan penderitaan penduduk pada masa perang terasa juga dalam bidang rohani.Timbul perasaan muak,bosan,ngeri,dan takut terhadap peperangan dan menginginkan adanya perdamaian yang abadi.
Salah satu tokoh yang mengusulkan keinginan untuk adanya perdamaian adalah  Presiden Amerika Serikat Woodrow Wilson yang mengajukan empat pasal,diantaranya adalah:
1).Diplomasi rahasia tidak diperbolehkan.
2).Diadakannya pengurangan persenjataan.
3)Diakuinya adanya hak menentukan nasib sendiri
4).Pembentukan suatu badan “Gabungan bangsa-bangsa”



C .Masa Menjelang Antar Bellum (1919-1939).
   Masa menjelang Antar Bellum adalah dimana suatu Masa antar dua peperangan,yaitu antara Perang dunia 1 dan Perang Dunia 2.Masa ini terdiri dari 20 Tahun (1919-1939),dan dibedakan (digolongkan) menjadi dua masa,yaitu yang pertama masa 10 Tahun pertama (1919-1929) dan masa 10 Tahun kedua (1929-1939).Dalam masa pertama,dunia sibuk untuk membenahi diri dan menyembuhkan luka-luka peperangan,sedangkan masa kedua dunia sibuk menyiapkan diri untuk peperangan yang baru.
Berikut ini adalah pembahasan selengkapnya:
1.Masa (1919-1929)
   Ditandai dengan lahirnya Liga Bangsa-Bangsa (LBB) atas usul Woodrow Wilson.Badan Internasional tersebut dibentuk dengan bertujuan:
1).Menjamin perdamaian dunia
2).Menghindarkan peperangan
3).Mentaati hukum dan perjanjian internasional.
Pusat kedudukan Liga Bangsa-Bangsa ini berada di Geneva (Swiss) sebagai tempat sidang umum dan sekretariat tetap.Beberapa hasil Liga Bangsa-Bangsa (LBB) untuk mencapai tujuannya antara lain adalah:
-Perjanjian Locarno (1925) dan
-Perjanjian Kellog-Briand (1928) yang berisi antara lain bahwa perselisihan hendaknya diselesaikan secara damai.

    Tetapi bila sudah menyangku kepada negara-negara besar,LBB tidak mampu mengatasinya.Amerika Serikat sendiri sebagai negara penganjur Liga Bangsa-Bangsa justru tidak menjadi anggota,dengan perhitungan karena terikat pada Monroe Doctrine dan juga geraknya yang tidak bebas lagi bila menjadi negara anggota.

2.Masa (1929-1939)
      Masa sepuluh tahun kedua ditandai dengan bersekutunya negara-negara totaliter dalam wadah baru,setelah negara-negara itu keluar dari Liga Bangsa-Bangsa.Hal ini didahului oleh Jepang yang menduduki wilayah Mansuria dan hal ini mendapat protes keras dari dunia,lalu keluar dari Liga Bangsa-Bangsa (1933)
Jerman dibawah Hitler tidak mau mengakui adanya perjanjian internasional yang dinilainya sebagai “diktat Versailles” dan tidak mau membayar ganti kerugian perang yang menjadi kewajibannya dengan negara Jerman.Kemudian Jerman keluar dari Liga Bangsa-Bangsa setelah menjadi anggota selama tujuh tahun (1926-1933).Lalu Italia mengikuti jejak Jerman keluar dari Liga Bangsa-Bangsa setelah berhasil menduduki Abessynia (1937).Ketiga negara totaliter tersebut bergabung dalam Anti-Comintern Pact (1937).Sementara itu pembangunan militernya terus ditingkatkan.


-Liga Bangsa-Bangsa pada akhirnya tidak mampu lagi menyelesaikan pertikaian internasional ,karena sifat keanggotaanya yang sukarela dan tidak memiliki alat nyata untuk memaksa negara pelanggar mengikuti keputusan Liga Bangsa-Bangsa.Anjuran untuk boikot terhadap Italia setelah menguasai Abessynia tidak memberikan pengaruh yang besar .Tetapi,Liga Bangsa-Bangsa sebagai pendahulu banyak memberikan sumbangan bagi terciptanya PBB setelah peristiwa Perang Dunia kedua.


Demikianlah Artikel lengkap yang berjudul Sejarah Terlengkap Perang Dunia Pertama (1914-1918).Semoga dapat bermanfaat bagi Sobat Edukasi Lovers  semuanya.Jika artikel ini bermanfaat sudi kiranya bagi sobat semua untuk mengelike dan membagikan artikel ini untuk menjaga kelangsungan blog ini menjadi lebih baik.Jika ada permintaan,pertanyaan,komentar,maupun saran,silahkan berikan komentar sobat semua di kolom komentar di bawah ini.
     Terima Kasih…

Salam Edukasi…


0 Response to "Sejarah Terlengkap Perang Dunia Pertama (1914-1918)"

Post a Comment

Mohon untuk berkomentar yang bijak,tanpa link spam!
Terima kasih.

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Materi PKN

Powered by Blogger.

Artikel Terbaru