8 Fungsi Pokok Pancasila Beserta Penjelasannya Lengkap

8 Fungsi Pokok Pancasila Beserta Penjelasannya Lengkap

8 Fungsi Pokok Pancasila Beserta Penjelasannya Lengkap

      Fungsi pokok Pancasila adalah sebagai dasar negara, merupakan sumber kaidah hukum yang mengatur negara Republik Indonesia, termasuk di dalamnya seluruh unsur-unsurnya yakni pemerintah, wilayah, dan rakyat. Pancasila dalam kedudukannya seperti inilah yang merupakan dasar pijakan penyelenggaraan negara dan seluruh kehidupan negara Republik Indonesia. Pancasila sebagai dasar negara mempunyai arti menjadikan Pancasila sebagai dasar untuk mengatur penyelenggaraan pemerintahan. Konsekuensinya adalah Pancasila merupakan sumber dari segala sumber hukum. Hal ini menempatkan Pancasila sebagai dasar negara yang berarti melaksanakan nilai-nilai Pancasila dalam semua peraturan perundang-undangan yang berlaku. Oleh karena itu, sudah seharusnya semua peraturan  perundang-undangan di negara Republik Indonesia bersumber pada Pancasila.

     Pancasila sebagai dasar negara Republik Indonesia mempunyai implikasi bahwa Pancasila terikat oleh suatu kekuatan secara hukum, terikat oleh struktur kekuasaan secara formal, dan meliputi suasana kebatinan atau cita-cita hukum yang menguasai dasar negara. Pancasila sebagai dasar negara tentunya memiliki fungsi yang sangat penting. Fungsi Pokok Pancasila antara lain adalah sebagai berikut:

8 Fungsi Pokok Pancasila
8 Fungsi Pokok Pancasila Beserta Penjelasannya Lengkap

1.Pancasila Sebagai Kepribadian Bangsa Indonesia

            Pancasila sebagai kepribadian bangsa Indonesia, Artinya Pancasila lahir bersama dengan lahirnya bangsa Indonesia dan merupakan ciri khas bangsa Indonesia dalam bersikap mental maupun tingkah lakunya sehingga dapat membedakan dengan bangsa lain. Nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dapat dijadikan dasar dalam memotivasi dalam sikap, tingkah laku, dan perbuatan hidup dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, untuk mencapai tujuan nasional, yaitu memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, serta ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial. Pancasila sebagai pedoman dan pegangan dalam pembangunan bangsa dan negara agar dapat berdiri dengan kokoh. Selain itu, Pancasila sebagai identitas diri bangsa Indonesia akan terus melekat di dalam jiwa bangsa Indonesia. Pancasila bukan hanya digali dari masa lampau atau dijadikan kepribadian bangsa waktu itu, tetapi juga diidealkan sebagai kepribadian bangsa Indonesia sepanjang masa.

2.Pancasila Sebagai Ideologi Bangsa Indonesia

    Ideologi dapat diartikan sebagai ilmu tentang ide atau gagasan yang bersifat mendasar. Ideologi ialah seperangkat nilai yang diyakini kebenarannya oleh suatu bangsa dan digunakan untuk menata kehidupan masyarakatnya. Pancasila sebagai ideologi nasional merupakan kumpulan nilai yang diyakini kebenarannya oleh bangsa Indonesia dan digunakan untuk menata kehidupan masyarakat Indonesia. Sebagai ideologi bangsa Indonesia, yaitu Pancasila sebagai ikatan budaya yang berkembang secara alami dalam kehidupan masyarakat Indonesia dan bukan secara paksaan atau Pancasila adalah sesuatu yang sudah mendarah daging dalam kehidupan sehari-hari bangsa Indonesia. Sebuah ideologi dapat bertahan atau pudar dalam menghadapi perubahan masyarakat tergantung dari daya tahan dari ideologi tersebut. 

Fungsi Pancasila sebagai ideologi negara adalah sebagai berikut:

a)     Memperkokoh persatuan bangsa karena bangsa Indonesia adalah bangsa yang majemuk.

b)     Mengarahkan bangsa Indonesia menuju tujuannya dan menggerakkan  serta membimbing bangsa Indonesia dalam melaksanakan pembangunan nasional.

c)     Menjadi standar nilai dalam melakukan kritik mengenai keadaan bangsa dan negara.

d)     Memelihara dan mengembangkan identitas bangsa dan sebagai dorongan dalam pembentukan karakter bangsa berdasarkan Pancasila.

3.Pancasila Sebagai Falsafah Hidup Yang Mempersatukan Bangsa Indonesia

       Pancasila merupakan sarana yang ampuh untuk mempersatukan bangsa Indonesia, karena di dalam Pancasila sendiri adalah falsafah hidup dan kepribadian bangsa Indonesia yang mengandung nilai-nilai dan norma-norma yang oleh bangsa Indonesia diyakini paling benar, adil, bijaksana dan tepat untuk mempersatukan seluruh rakyat Indonesia.

4.Pancasila Membantu Untuk Mewujudkan Cita-Cita dan Tujuan Bangsa Indonesia

          Masyarakat yang adil dan makmur yang merata secara materiil dan spiritual yang berdasarkan Pancasila merupakan suatu cita-cita yang ingin diwujudkan oleh bangsa Indonesia. Dalam hal ini, hendak diwujudkan oleh bangsa Indonesia adalah masyarakat yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila dalam wadah NKRI yang merdeka, bersatu, berkedaulatan rakyat dalam suasana peri kehidupan bangsa yang aman, tenteram, tertib, dinamis, serta dalam lingkungan pergaulan dunia yang merdeka, bersahabat, dan tenteram. Cita-cita dan tujuan bangsa Indonesia secara gamblang telah disebutkan dalam alinea Pembukaan UUD 1945 yang berbunyi “Kemudian daripada itu untuk membentuk suatu Pemerintah Negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial…”

    Pada kutipan alinea tersebut dapat disimpulkan  bahwasanya tujuan dan cita-cita bangsa Indonesia itu adalah sebagai berikut:

a)     Untuk membentuk suatu pemerintahan Negara Republik Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia. Melindungi segenap bangsa artinya adalah pemerintah berupaya untuk melindungi seluruh bangsanya, baik itu dari segi internal maupun eksternal.

b)     Tujuan dan cita-cita bangsa Indonesia yang kedua ialah memajukan kesejahteraan umum/bersama. Negara Indonesia menginginkan situasi dan kondisi rakyat yang berbahagia, makmur, adil, tenteram, dan sentosa.

c)     Tujuan dan cita-cita bangsa Indonesia yang ketiga ialah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa Indonesia. Mencerdaskan kehidupan bangsa artinya berupaya untuk membuat seluruh masyarakat Indonesia memiliki pengetahuan yang luas, pintar, dan melek akan ilmu pengetahuan dan teknologi. Sebuah bangsa akan maju apabila didukung oleh rakyatnya yang memiliki pengetahuan yang luas, pintar dan melek teknologi.

d)     Tujuan dan cita-cita bangsa Indonesia yang keempat ialah ikut berperan aktif dan ikut serta dalam melaksanakan ketertiban dunia yang berlandaskan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.

   Dengan adanya Pancasila diharapkan mampu untuk mewujudkan cita-cita dan tujuan bangsa Indonesia sendiri.

5.Pancasila Sebagai Sumber Dari Segala Sumber Tertib Hukum

        Artinya bahwa segala peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia harus bersumberkan atas Pancasila atau tidak bertentangan dengan nilai-nilai yang terkandung di dalam Pancasila. Pancasila tercantum dalam ketentuan tertinggi yaitu Pembukaan UUD 1945, kemudian dijelmakan atau dijabarkan lebih lanjut dalam pokok-pokok pikiran, yang meliputi suasana kebatinan dari UUD 1945,yang pada akhirnya dijabarkan dari UUD 1945,serta hukum positif lainnya.

6.Perjanjian Luhur

     Artinya Pancasila telah disepakati secara nasional sebagai dasar negara pada tanggal 18 Agustus 1945 melalui sidang PPKI (Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia).

7.Pancasila Sebagai Jiwa Bangsa Indonesia



8 Fungsi Pokok Pancasila Beserta Penjelasannya Lengkap

Menurut seorang tokoh yang bernama Von Savigny bahwa setiap bangsa punya jiwanya masing-masing yang disebut Volkgeist, artinya jiwa rakyat atau jiwa bangsa. Pancasila sebagai jiwa bangsa Indonesia lahir bersamaan dengan adanya bangsa Indonesia sendiri yaitu sejak zaman dahulu kala. Menurut Prof. Mr. A.G. Pringgodigdo bahwa Pancasila itu sendiri telah ada sejak adanya Bangsa Indonesia. Pancasila memberikan corak yang khas kepada bangsa Indonesia dan tidak dapat dipisahkan dari bangsa Indonesia, serta merupakan ciri khas yang dapat membedakan bangsa Indonesia dengan bangsa yang lainnya. Terdapat kemungkinan bahwa tiap-tiap sila secara terlepas dari yang lain bersifat universal, yang juga dimiliki oleh bangsa-bangsa lain di dunia ini, akan tetapi kelima sila yang merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan itulah yang menjadi ciri khas bangsa Indonesia.

8.Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Bangsa Indonesia

Bagi Bangsa Indonesia sendiri, sikap hidup yang diyakini kebenarannya tersebut bernama Pancasila. Nilai-nilai yang terkandung di dalam sila-sila Pancasila tersebut berasal dari budaya masyarakat bangsa Indonesia sendiri. Oleh karena itu, Pancasila sebagai inti dari nilai-nilai budaya Indonesia maka Pancasila dapat disebut sebagai cita-cita moral bangsa Indonesia. Cita-cita moral inilah yang kemudian memberikan pedoman, pegangan atau kekuatan rohaniah kepada bangsa Indonesia di dalam hidup bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.