Materi Prinsip-Prinsip Budaya Demokrasi

Materi Prinsip-Prinsip Budaya Demokrasi

Materi Prinsip-Prinsip Budaya Demokrasi
Prinsip Budaya Demokrasi
Ilustrasi Gambar


Selamat Datang di Web Pendidikan www.edukasinesia.com
Hallo sobat Edukasi Lovers, senang sekali rasanya pada kesempatan kali ini saya dapat membagikan artikel untuk menambah pengetahuan dan wawasan sobat Edukasi Lovers semua. Artikel yang akan saya bagikan pada kesempatan kali ini berjudul Materi Prinsip-Prinsip Budaya Demokrasi
Berikut Ini Pembahasan Selengkapnya

Negara yang Demokrasi adalah negara yang menjalankan prinsip-prinsip demokrasi dalam penyelenggaraan pemerintahan negara. Dalam masyarakat yang totaliter, segala sesuatu yang berhubungan dengan masalah pemerintahan ditentukan oleh satu orang penguasa tunggal yang bisa melahirkan kesewenang-wenangan. Sedangkan dalam masyarakat yang demokrasi, kebijakan pemerintahan ditentukan secara bersama-sama oleh rakyat, kekuasaan dibagi sedemikian rupa menurut sistem pembagian kekuasaan dan hak-hak rakyat dilindungi serta dijamin pelaksanaannya. Prinsip utama dalam demokrasi adalah persamaan dan kebebasan. Namun di samping itu, terdapat sembilan (9) prinsip budaya demokrasi yang dapat kita ketahui, yaitu sebagai berikut:

Materi Prinsip-Prinsip Budaya Demokrasi
Prinsip Budaya Demokrasi
Ilustrasi Gambar



1).Dijaminnya Kebebasan Pers

      Lembaga Pers merupakan cerminan dari adanya kebebasan para warga negara. Pers yang bebas dapat menciptakan iklim keterbukaan, sarana pendidikan, dan media partisipasi rakyat dalam penyelenggaraan negara. Pers yang bebas dapat turut serta mengawasi jalannya pemerintahan yang ada, memberikan masukan dan kritikan terhadap jalannya pemerintahan, dan memberikan penilaian terhadap kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah. Sehingga dengan demikian. pemerintah menjadi lebih berhati-hati dalam bertindak.

2).Adanya jaminan akan hak-hak dasar dan hak-hak minoritas

    Dalam negara yang demokrasi hak-hak dasar  dan hak-hak minoritas warga negara, wajib dilindungi oleh pemerintah. Setiap warga negara dijamin untuk dapat menikmati hak-hak dasar mereka secara bebas dalam negara yang demokrasi.

3).Menganut Prinsip Mayoritas

       Menganut prinsip mayoritas disini maksudnya adalah pengambilan segala keputusan oleh badan perwakilan rakyat yang dilakukan secara kompromi, kesepakatan, dan musyawarah. Pemerintahan yang demokrasi adalah pemerintahan yang mayoritas, yang maksudnya ialah segala keputusan ditentukan dengan tolak ukur suara terbanyak atau harus mendapat persetujuan dari rakyat banyak yang disebut mayoritas.

4).Pemilu Yang Demokratis

        Pemilu atau pemilihan umum merupakan sarana dalam terwujudnya negara yang berdemokrasi. Pemilu merupakan sarana yang demokratis, namun adanya pemilu belum dapat menunjukkan suatu negara sebagai negara demokrasi. Agar negara dapat dianggap benar-benar demokrasi maka pemilu harus dijalankan dengan cara yang demokratis pula.

5).Adanya Sistem Dwipartai atau Multipartai

          Sistem Dwipartai adalah adanya dua partai besar yang saling berkompetisi dalam negara demokrasi. Partai yang menang selanjutnya yang memimpin pemerintahan, sedangkan partai yang kalah dalam pemilu kemudian menjadi partai oposisi. Sistem dwipartai dapat kita temui di negara Amerika Serikat. Sedangkan sistem multiparti adalah sistem yang menganut adanya banyak partai yang saling bersaing atau berkompetisi di dalam pemilu. Partai-partai ini saling bersaing untuk memenangkan pemilu. Indonesia merupakan salah satu contoh negara yang menganut sistem multipartai.

6). Adanya Pemerintahan Yang Terbuka dan Bertanggung Jawab

      Pemerintahan yang terbuka adalah pemerintahan yang bersedia untuk menyebarluaskan berbagai informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat luas. Berbagai rencana, kebijakan, dan program pembangunan pemerintah harus diketahui dan diberitahukan terlebih dahulu kepada rakyat. Pemberitahuan ini berguna supaya masyarakat mengetahui apa saja rencana, kebijakan, dan program pembangunan pemerintah, sehingga bisa turut berpartisipasi dalam penyelenggaraan negara. Disamping itu, keterbukaan dapat menjadikan rakyat untuk turut mengawasi jalannya pemerintahan. Keterbukaan ini juga menandakan bahwa pemerintah bertanggung jawab dalam melaksanakan tugasnya.

7).Prinsip Negara Hukum

         Negara hukum berarti kekuasaan negara terikat pada hukum. Negara hukum adalah negara berdasarkan hukum dan bukan berdasarkan kekuasaan belaka. Negara hukum didirikan berdasarkan ide kedaulatan hukum sebagai kekuasaan tertinggi.

Materi Prinsip-Prinsip Budaya Demokrasi
Prinsip Budaya Demokrasi
Ilustrasi Gambar


8).Dewan Perwakilan Rakyat Yang Harus Representative

         Dalam negara yang demokrasi, seluruh rakyat tidak mungkin untuk menjalankan pemerintahan, maka kedaulatan rakyat tersebut didelegasikan melalui perwakilan rakyat yang duduk dalam DPR. Hal ini dikarenakan Dewan Perwakilan Rakyat merupakan pelembagaan dari demokrasi tidak langsung. Dewan Perwakilan Rakyat memiliki tugas dalam membentuk peraturan perundang-undangan, mengawasi jalannya pemerintahan dan menetapkan anggaran dan melaksanakan tugas perwalian. Dalam melaksanakan tugas perwalian Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) harus bertindak secara representative, yang artinya benar-benar mewakili rakyat yang memilihnya. Semua kehendak dan aspirasi rakyat harus dijalankan oleh Dewan Perwakilan Rakyat, sebagai lembaga perwakilan dalam negara demokrasi.

9).Peradilan Yang Bebas Dan Merdeka

        Negara yang demokrasi adalah negara hukum, yaitu adanya supremasi hukum dalam segala bidang. Agar hukum tegak dan kuat maka lembaga peradilan dan kehakiman harus bersifat independen, bebas dan merdeka dari pengaruh lembaga negara lain. Hukum harus ditegakkan dan wajib ditaati oleh semua warga negara. Badan kehakiman atau peradilan ini juga tidak boleh memihak kepada salah satu pihak yang sedang bersengketa.  

Demikianlah Artikel lengkap yang berjudul Materi Prinsip-Prinsip Budaya Demokrasi. Semoga dapat bermanfaat bagi Sobat Edukasi Lovers  semuanya. Jika artikel ini bermanfaat sudi kiranya bagi sobat semua untuk mengelike dan membagikan artikel ini untuk menjaga kelangsungan web pendidikan www.edukasinesia.com ini menjadi lebih baik. Jika ada permintaan, pertanyaan, kritik, maupun saran, silahkan berikan komentar sobat semua.
     Terima Kasih…
         Salam Edukasi…