Gejala-gejala di Lapisan Atmosfer serta Dampaknya Terhadap Kehidupan


Gejala-gejala di Lapisan Atmosfer serta Dampaknya Terhadap Kehidupan
Gejala-gejala di Lapisan Atmosfer serta Dampaknya Terhadap Kehidupan

Gejala-gejala di Lapisan Atmosfer serta Dampaknya Terhadap Kehidupan

Selamat Datang di Web Pendidikan edukasinesia.com

Hallo sobat Edukasi Lovers, senang sekali rasanya pada kesempatan kali ini saya dapat membagikan artikel untuk menambah pengetahuan dan wawasan sobat Edukasi Lovers semua. Artikel yang akan saya bagikan pada kesempatan kali ini berjudul Gejala-gejala di Lapisan Atmosfer serta Dampaknya Terhadap Kehidupan

Berikut Pembahasannya

1.Lapisan Atmosfer



Lapisan Atmosfer


a.Pengertian atau Definisi Atmosfer

Atmosfer berasal dari kata atmo yang artinya udara dan sfera yang artinya lapisan, jadi atmosfer adalah lapisan udara yang menyelimuti bumi. Lapisan atmosfer menurut para ahli tebalnya mencapai 100 km dari permukaan air laut. Berdasarkan perbedaan suhu udaranya lapisan atmosfer dikelompokkan menjadi lima bagian antara lain yakni sebagai berikut.

1)    Lapisan Troposfer

Lapisan troposfer terletak paling bawah dari lapisan yang berketinggian 0 m- 10 km di atas permukaan air laut. Sifat suhu udara yang khas pada lapisan ini yaitu setiap kali naik 100 m suhu udara akan turun sebesar 0,5° C sampai 0,64° C dan sebaliknya. 

Lapisan ini sangat penting bagi kehidupan manusia, karena hal-hal berikut.

a)    Berhubungan dengan kelangsungan hidup manusia dan makhluk lainnya yaitu menyediakan oksigen, nitrogen, dan zat-zat lain yang bermanfaat bagi makhluk hidup.

b)    Tempat terjadinya proses pembentukan gejala-gejala cuaca seperti hujan, angin, awan dan sebagainya yang dibutuhkan makhluk hidup.

2)    Lapisan Stratosfer

Lapisan kedua yakni lapisan stratosfer, berketinggian mulai dari 11 km – 40 km di atas permukaan laut. Lapisan ini juga sangat penting bagi kehidupan, sebab lapisan ini merupakan tempat berkumpulnya zat ozon, sehingga sering juga lapisan ini disebut zone layer. Fungsi lapisan ini adalah melindungi bumi dari pengaruh langsung sinar ultraviolet. Sinar ultraviolet ini sangat panas, kalau sampai ke bumi, maka kehidupan di bumi ini akan hangus terbakar.

3)    Lapisan Mesosfer

Lapisan yang ketiga adalah lapisan mesosfer. Lapisan mesosfer ini berketinggian antara 41 km – 70 km di atas permukaan laut. Manfaat lapisan ini yaitu bisa memantulkan gelombang radio dan televisi (gelombang VHF dan UHF).Sehingga kita bisa menyaksikan kejadian di berbagai tempat yang disiarkan oleh stasiun televisi. Tanpa adanya lapisan ini kita tidak dapat menyaksikan radio dan televisi.

4)    Lapisan Termosfer

Lapisan yang keempat yaitu lapisan termosfer. Termosfer berasal dari kata termos yang artinya panas, jadi lapisan termosfer ini artinya lapisan yang panas. Lapisan termosfer merupakan lapisan atmosfer yang paling panas dibandingkan dengan lapisan atmosfer yang lainnya. Lapisan termosfer ini berketinggian 71 km – 400 km. Pada lapisan ini terjadi kenaikan suhu udara yang sangat tajam. Penyebab utama kenaikan suhu udara karena adanya radiasi sinar X dari ultraviolet. Pada lapisan ini terjadi proses ionisasi, yang menyebabkan terkumpulnya proton dan elektron sehingga lapisan ini disebut juga lapisan ionosfer.

5)    Lapisan Eksosfer

Lapisan yang kelima adalah lapisan eksosfer. Lapisan eksosfer berketinggian 400 km atau lebih. Bagian atmosfer ini yang merupakan bagian terluar membentang ke dalam angkasa yang menyatu dengan atmosfer dan radiasi matahari. Gas di daerah ini amat sangat tipis. Hidrogen merupakan unsur penyusun paling utama. Sinar-sinar ultraviolet mengisi eksosfer. Cahaya redup muncul di daerah langit ini. Dikenal sebagai cahaya zodiacal dan gegenschein, cahaya redup ini sebenarnya adalah refleksi cahaya matahari yang dipantulkan oleh partikel debu meteoritik yang tak terhitung jumlahnya dan bergelantungan di dekat bumi.


Demikianlah Artikel lengkap yang berjudul Gejala-gejala di Lapisan Atmosfer serta Dampaknya Terhadap Kehidupan . Semoga dapat bermanfaat bagi Sobat Edukasi Lovers  semuanya. Jika artikel ini bermanfaat sudi kiranya bagi sobat semua untuk mengelike dan membagikan artikel ini untuk menjaga kelangsungan  web pendidikan edukasinesia.com ini menjadi lebih baik. Jika ada permintaan, pertanyaan, kritik, maupun saran, silahkan berikan komentar sobat semua di kolom komentar di bawah ini.

Terima Kasih…
            Salam Edukasi…