Contoh Sikap Sadar Hukum (Patuh Pada Hukum) di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Masyarakat dan Negara



Contoh Sikap Sadar Hukum (Patuh Pada Hukum) di Lingkungan Keluarga, Sekolah,Masyarakat dan Negara
Contoh Sikap Sadar Hukum (Patuh Pada Hukum) di Lingkungan Keluarga, Sekolah,Masyarakat dan Negara


Contoh Sikap Sadar Hukum (Patuh Pada Hukum) di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Masyarakat dan Negara

Selamat Datang di Web Pendidikan edukasinesia.com

Hallo sobat Edukasi Lovers, senang sekali rasanya pada kesempatan kali ini saya dapat membagikan artikel untuk menambah pengetahuan dan wawasan sobat Edukasi Lovers semua. Artikel yang akan saya bagikan pada kesempatan kali ini berjudul Contoh Sikap Sadar Hukum (Patuh Pada Hukum) di Lingkungan Keluarga, Sekolah,Masyarakat dan Negara

Berikut Pembahasannya

Sikap menghormati hukum dan bertindak sesuai dengan hukum (kesadaran hukum) harus dibina dan dikembangkan menjadi kebiasaan hidup rakyat Indonesia. Ditengah-tengah gencarnya perjuangan menegakkan hak asasi manusia, maka diperlukan penyadaran  mengenai pentingnya dimensi kewajiban dan tanggung jawab asasi manusia. Pada hakikatnya keadilan hukum terletak pada keseimbangan hubungan antara hak dan kewajiban. Setidaknya, ada empat aspek pembentuk kesadaran hukum yang dapat membantu kita dalam melihat sejauh  mana perkembangan kesadaran hukum masyarakat. 

Keempat aspek tersebut  antara lain sebagai berikut.
1)    Pengetahuan hukum masyarakat
2)    Pemahaman terhadap kaidah-kaidah hukum
3)    Sikap terhadap norma hukum
4)    Perilaku hukum warga masyarakat

Dalam suatu negara hukum, semestinya keempat aspek kesadaran hukum tersebut sudah terwujud dengan cukup baik. Dengan demikian hukum bisa ditegakkan dan tujuan hukum dapat tercapai. Namun, bagaimanakah kenyataannya dalam masyarakat kita?. Kondisi kesadaran hukum bangsa kita saat ini masih diwarnai  oleh sikap mengabaikan hukum, atau cenderung memandang seakan-akan tidak ada hukum. Lebih memprihatinkan lagi, pengabaian hukum  ini tidak hanya dilakukan oleh masyarakat awam. 

Sikap abai itu juga dilakukan oleh kelompok masyarakat yang tahu hukum, bahkan termasuk para penegak hukum itu sendiri sehingga pengembangan kesadaran hukum dan budaya hukum masyarakat perlu terus dilakukan , baik itu melalui saluran pendidikan masyarakat, media komunikasi massa, maupun pendidikan di sekolah. 

Setiap orang sebenarnya bisa terlibat dalam upaya mewujudkan  budaya sadar hukum. Kita dapat memulainya dengan mengerjakan tindakan-tindakan yang sederhana di lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat, dan juga di lingkungan negara, misalnya seperti berikut ini.

1.Contoh Sikap Sadar Hukum (Patuh Pada Hukum) di Lingkungan Keluarga


Contoh Sikap Sadar Hukum (Patuh Pada Hukum) di Lingkungan Keluarga, Sekolah,Masyarakat dan Negara


Setiap anggota keluarga harus dapat mengembangkan kesadaran diri dengan membiasakan berperilaku seperti di bawah ini
a)    Menjaga nama baik keluarga dengan tidak melakukan hal-hal yang kurang terpuji.
b)    Menaati aturan yang berlaku dalam keluarga
c)    Menghormati semua anggota keluarga
d)    Setiap keluarga wajib memiliki kartu keluarga (KK)
e)    Setiap keluarga melengkapi diri dengan adanya akta kelahiran

2.Contoh Sikap Sadar Hukum (Patuh Pada Hukum)  di Lingkungan Sekolah



Contoh Sikap Sadar Hukum (Patuh Pada Hukum) di Lingkungan Keluarga, Sekolah,Masyarakat dan Negara



Kesadaran hukum dapat juga dikembangkan oleh setiap siswa sekolah dengan membiasakan diri melakukan perilaku-perilaku seperti berikut ini.
a)    Menaati peraturan yang berlaku di sekolah (seperti membayar uang administrasi sekolah tepat waktu, memakai seragam sekolah dengan rapi, dan tidak terlambat datang di sekolah).
b)    Disiplin dalam belajar di dalam kelas.
c)    Mengikuti upacara bendera setiap hari senin dan hari penting lainnya.
d)    Menghormati guru, siswa lain, dan semua warga di sekolah.

3.Contoh Sikap Sadar Hukum (Patuh Pada Hukum) di Lingkungan Masyarakat





Contoh Sikap Sadar Hukum (Patuh Pada Hukum) di Lingkungan Keluarga, Sekolah,Masyarakat dan Negara



Perilaku-perilaku yang mencerminkan sikap sadar hukum di lingkungan  masyarakat antara lain sebagai berikut.
a)    Menjaga nama baik di lingkungan masyarakat
b)    Menghormati sesama warga masyarakat
c)    Taat dan patuh terhadap aturan-aturan  masyarakat
d)    Bertindak sesuai dengan norma-norma yang ada
e)    Selalu memelihara ketertiban, keamanan, dan ketenteraman di lingkungan masyarakat.

4.Contoh Sikap Sadar Hukum (Patuh Pada Hukum) di Lingkungan Negara



Contoh Sikap Sadar Hukum (Patuh Pada Hukum) di Lingkungan Keluarga, Sekolah,Masyarakat dan Negara


Bentuk sadar hukum dalam ruang lingkup kenegaraan antara lain yakni sebagai berikut.
a)    Menjaga nama baik bangsa dan negara
b)    Taat dan patuh dalam menjalankan aturan-aturan yang dikeluarkan oleh negara, misalnya membayar pajak dan mematuhi aturan lalu lintas di jalan.
c)    Saling menghormati antar sesama warga negara

Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan dalam menerapkan nilai, norma, dan hukum.

a.    Pembiasaan

Penerapan nilai, norma, dan hukum sebagai suatu pembiasaan (pembudayaan) merupakan hal yang mendasar. Jika penerapan nilai, norma, dan hukum sudah menjadi sebuah budaya, maka hal tersebut merupakan cermin mental dan karakter suatu bangsa.

b.    Sosialisasi dan Komunikasi

Penanaman nilai, norma, dan hukum memerlukan sosialisasi dan komunikasi sehingga akan melahirkan pencerahan. Hal ini akan menghindari terjadinya misskomunikasi dalam penerapan nilai, norma dan hukum.

c.    Contoh dan Teladan

Orangtua, pemimpin, dan tokoh agama ataupun pendidik harus mampu menjadi contoh yang baik bagi generasi mendatang maupun masyarakat. Jangan sampai mereka menjadi contoh yang buruk dalam penanaman nilai, norma, dan hukum. Keteladanan memerlukan kesabaran dan keikhlasan karena hasil dari keteladanan tidak langsung dapat dirasakan oleh masyarakat. Prosesnya memerlukan waktu yang sangat panjang.

d.    Penyadaran

Masyarakat memerlukan penyadaran akan pentingnya nilai, norma, dan hukum dalam kehidupan bersama. Penyadaran dapat dilakukan melalui berbagai media ataupun informasi oleh pemerintah dan masyarakat yang ikut bertanggung jawab akan generasi mendatang yang sadar hukum.

e.    Pengawasan

Pengawasan terhadap penerapan nilai, norma, dan hukum dapat dilakukan oleh pemerintah dan masyarakat. Tujuannya adalah agar penerapan nilai, norma, dan hukum tidak menyimpang dari nilai, norma, dan hukum yang sudah disepakati bersama.

f.     Sanksi yang Tegas (Hukuman)

Sanksi yang tegas dan mendidik diperlukan untuk penegakan terhadap adanya penyimpangan nilai, norma dan hukum sehingga bagi siapa pun yang menyimpang dari hukum harus diberi hukuman yang sesuai dengan aturan yang berlaku. Sanksi yang dijalankan tidak tegas berakibat (preseden) buruk dalam penerapan nilai, norma, dan hukum di masyarakat.

Dengan demikian, diharapkan masyarakat mempunyai kesadaran bahwa penyimpangan terhadap nilai, norma, dan hukum bukan hanya berakibat buruk bagi kehidupan sosialnya, melainkan merupakan kejahatan terhadap hati nurani manusia.



Demikianlah Artikel lengkap yang berjudul Contoh Sikap Sadar Hukum (Patuh Pada Hukum) di Lingkungan Keluarga, Sekolah,Masyarakat dan Negara. Semoga dapat bermanfaat bagi Sobat Edukasi Lovers  semuanya. Jika artikel ini bermanfaat sudi kiranya bagi sobat semua untuk mengelike dan membagikan artikel ini untuk menjaga kelangsungan web pendidikan edukasinesia.com ini menjadi lebih baik. Jika ada permintaan, pertanyaan, kritik, maupun saran, silahkan berikan komentar sobat semua di kolom komentar di bawah ini.

Terima Kasih…
Salam Edukasi…