Kaitan Interaksi Sosial dan Proses Sosial Beserta Penjelasannya

Kaitan Interaksi Sosial dan Proses Sosial Beserta Penjelasannya

Kaitan Interaksi Sosial dan Proses Sosial Beserta Penjelasannya
Gambar Ilustrasi

Selamat Datang di Web Pendidikan edukasinesia.com

Hallo sobat Edukasi Lovers,senang sekali rasanya pada kesempatan kali ini saya dapat membagikan artikel untuk menambah pengetahuan dan wawasan sobat Edukasi Lovers semua.Artikel yang akan saya bagikan pada kesempatan kali ini berjudul Kaitan Interaksi Sosial dan Proses Sosial Beserta Penjelasannya

Berikut Pembahasannya


1.Interaksi Sosial
Berdasarkan sosiologi, yang dimaksud interaksi sosial adalah hubungan timbal  balik yang bersifat dinamis antarindividu atau antarkelompok dalam masyarakat.Sifat dinamis dalam hal ini maksudnya selalu berubah-ubah atau berkembang dalam berbagai bidang kehidupan dan tidak statis atau tetap.Interaksi sosial terjadi karena keinginan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.Karena kebutuhan manusia sangat banyak dan tak terbatas maka hal ini menyebabkan makin kompleks dan dinamisnya interaksi sosial.Kebutuhan hidup manusia dalam masyarakat sangat banyak dan beragam, beberapa di antaranya sebagai berikut.
a.    Kebutuhan makan, perumahan, dan pakaian menimbulkan interaksi dalam bentuk kerja sama dalam bidang ekonomi.
b.    Kebutuhan rekreasi atau hiburan dan sebagainya, menimbulkan interaksi sosial dalam bentuk kerja sama bidang rekreasi dan pariwisata serta budaya.
c.    Kebutuhan kasih sayang yang menimbulkan interaksi sosial seperti persahabatan, percintaan kasih sayang, dan sebagainya.
d.    Kebutuhan kepuasaan dan keamanan yang menimbulkan interaksi sosial dalam bentuk kerja sama kelompok atau masyarakat.

Proses interaksi sosial diawali dengan kontak sosial dilanjutkan dengan saling komunikasi, barulah terjadi proses interaksi sosial.
Proses interaksi sosial yang terjadi di masyarakat memiliki ciri-ciri tertentu, sebagai berikut.
a.    Ada dimensi waktu, kapan, lampau, kini, atau yang akan datang.
b.    Adanya tujuan yang akan dicapai
c.    Jumlah pelaku interaksi sosial lebih dari satu orang.
d.    Ada komunikasi antarpelakunya, baik secara langsung atau menggunakan lambang-lambang.


Selain kontak sosial dan komunikasi, peristiwa sosial dalam masyarakat yang juga ikut mendasari interaksi sosial adalah tindakan sosial.Tindakan sosial adalah perilaku manusia yang berhubungan atau berkaitan dengan orang lain atau saling memengaruhi.Interaksi sosial yang terjadi dalam masyarakat dipengaruhi oleh faktor-faktor tertentu.Beberapa faktor yang mempengaruhi interaksi sosial dalam masyarakat, antara lain adalah sebagai berikut.
a)    Sugesti, yaitu pengaruh dari seseorang kepada orang lain sehingga orang lain tersebut menuruti atau melaksanakan pengaruh yang diberikan tanpa berpikir secara kritis dan rasional.
b)    Simpati, yaitu perasaan tertarik kepada orang lain atau sekelompok orang, karena sikapnya, penampilannya, wibawanya, atau perbuatannya yang sedemikian rupa.
c)    Imitasi, yaitu tindakan seorang untuk meniru orang lain, baik dalam hal tingkah laku, penampilan, maupun gaya hidup.
d)    Identifikasi, yaitu tindakan manusia untuk menjadikan dirinya sama (identik) dengan individu lain yang ditirunya.Identifikasi ini merupakan tindakan lanjut dari proses imitasi.
e)    Empati, yaitu perasaan tertarik dan ikut merasakan sesuatu yang dirasakan orang lain.Contohnya saat melihat orang yang mengalami kecelakaan berat, tertarik untuk memerhatikan bukan terbatas pada rasa kasihan saja tetapi ikut merasakan penderitaannya.
f)     Motivasi, yaitu dorongan, rangsangan, atau pengaruh yang diberikan seseorang kepada orang lain sehingga orang yang diberi motivasi tersebut menuruti atau melaksanakan apa yang disarankan secara kritis, rasional, dan penuh rasa tanggung jawab.


2.Proses Sosial
Proses sosial yaitu cara berhubungan (berinteraksi) antara berbagai bidang kehidupan dengan bentuk atau sistem tertentu yang membawa pengaruh timbal balik.Pengaruh timbal balik tersebut dapat terjadi antarbidang kehidupan, misalnya: antarbidang sosial dan ekonomi, bidang politik dan ekonomi, bidang ekonomi dan budaya, dan sebagainya.Proses sosial tidak akan terjadi tanpa adanya interaksi sosial, karena interaksi sosial sangat berperan penting dalam proses sosial.Interaksi sosial merupakan dasar terjadinya proses sosial.Dengan kata lain, proses sosial tidak akan terjadi jika tidak terjadi interaksi sosial.


3.Interaksi Sosial sebagai Proses Sosial
Perbedaan pengertian interaksi sosial dan proses sosial sangat tipis, karena keduanya merupakan proses sosial yang saling berkaitan dan saling bergantung.Proses sosial tidak akan terjadi jika tidak didahului oleh interaksi sosial dan interaksi sosial tidak akan terjadi jika tidak ada kontak sosial dan komunikasi.Setelah terjadi kontak sosial antarindividu atau antarkelompok, dilanjutkan dengan komunikasi, maka saat itulah interaksi sosial terjadi.Pada saat interaksi sosial tersebut terjadi, maka secara otomatis proses sosial juga terjadi yang akan menghasilkan bentuk-bentuk proses sosial.Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa interaksi sosial merupakan proses sosial sebab kejadian atau proses terjadinya interaksi sosial bersamaan dengan proses terjadinya proses sosial.


Demikianlah Artikel lengkap yang berjudul Kaitan Interaksi Sosial dan Proses Sosial Beserta Penjelasannya.Semoga dapat bermanfaat bagi Sobat Edukasi Lovers  semuanya.Jika artikel ini bermanfaat sudi kiranya bagi sobat semua untuk mengelike dan membagikan artikel ini untuk menjaga kelangsungan blog ini menjadi lebih baik.Jika ada permintaan,pertanyaan,kritik,maupun saran,silahkan berikan komentar sobat semua di kolom komentar di bawah ini.
Terima Kasih…
Salam Edukasi…

0 Response to "Kaitan Interaksi Sosial dan Proses Sosial Beserta Penjelasannya"

Post a Comment

Mohon untuk berkomentar yang bijak,tanpa link spam!
Terima kasih.

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Materi PKN

Powered by Blogger.

Artikel Terbaru