Pengaruh Perang Vietnam terhadap Situasi Politik di Asia Tenggara


Pengaruh Perang Vietnam terhadap Situasi Politik di Asia Tenggara
Pengaruh Perang Vietnam terhadap Situasi Politik di Asia Tenggara.


Pengaruh Perang Vietnam terhadap Situasi Politik di Asia Tenggara


Selamat Datang di Web Pendidikan edukasinesia.com

Hallo sobat Edukasi Lovers,senang sekali rasanya pada kesempatan kali ini saya dapat membagikan artikel untuk menambah pengetahuan dan wawasan sobat Edukasi Lovers semua.Artikel yang akan saya bagikan pada kesempatan kali ini berjudul Pengaruh Perang Vietnam terhadap Situasi Politik di Asia Tenggara.



Berikut Pembahasannya

Pengaruh Perang Vietnam terhadap Situasi Politik di Asia Tenggara


Perang Vietnam besar sekali pengaruhnya terhadap perkembangan politik di kawasan Asia, termasuk kawasan Asia Tenggara karena konflik tersebut ternyata juga merembet ke negara-negara Asia lainnya. Misalnya, di Kamboja yang juga mengalami perang saudara antara kaum nasionalis dan komunis secara langsung maupun tidak langsung juga disebabkan karena terjadinya Perang Vietnam. Dengan kemenangan kaum komunis di Vietnam, bangsa-bangsa di kawasan Asia menjadi lebih waspada menjaga stabilitas keamanan di dalam negeri dan lebih meningkatkan kerja sama keamanan antarnegara dalam suatu kawasan melalui ASEAN. Selain itu, perang di Vietnam semakin mendewasakan bangsa-bangsa di Asia dalam berpolitik sehingga mereka tidak mau terseret dan diadu domba oleh kekuatan blok Barat dan blok Timur. Oleh karena itu, negara-negara di kawasan Asia dalam perkembangannya lebih memilih untuk bersikap netral dan bergabung dengan negara-negara Gerakan Nonblok (GNB), termasuk Indonesia. Jatuhnya Vietnam ke tangan komunis telah menyebabkan perubahan tatanan politik Asia Tenggara. 

Situasi di Vietnam tersebut meningkatkan kekhawatiran negara-negara ASEAN akan meningkatnya pengaruh ideologi komunis di kawasan Asia Tenggara, khususnya di negara-negara yang berbatasan dengan Vietnam, seperti Thailand dan Kamboja. Di negara-negara ASEAN setelah jatuhnya Vietnam ke tangan komunis timbul adanya teori domino yang meyakini bahwa setelah jatuhnya Vietnam akan disusul jatuhnya negara-negara Asia Tenggara ke tangan komunis secara berturut-turut. Kekhawatiran tersebut didukung oleh mundurnya militer Amerika Serikat dari Thailand setelah berakhirnya Perang Vietnam. Kekosongan kekuasaan di Asia Tenggara setelah mundurnya Amerika Serikat dari Vietnam tersebut menimbulkan kekhawatiran terjadinya perebutan pengaruh antara Cina dan Uni Soviet. Dalam tahun 1979 kekhawatiran negara Asia Tenggara tersebut terbukti dengan terjadinya invasi Vietnam ke Kamboja. Terjadinya invasi Vietnam dilakukan dengan dukungan Uni Soviet karena dilandasi oleh ambisi Vietnam untuk menyebarkan ideologi komunis ke kawasan Indochina.


Demikianlah Artikel lengkap yang berjudul Pengaruh Perang Vietnam terhadap Situasi Politik di Asia Tenggara. Semoga dapat bermanfaat bagi Sobat Edukasi Lovers  semuanya. Jika artikel ini bermanfaat sudi kiranya bagi sobat semua untuk mengelike dan membagikan artikel ini untuk menjaga kelangsungan web pendidikan ini menjadi lebih baik. Jika ada permintaan, pertanyaan, kritik, maupun saran, silahkan berikan komentar sobat semua di kolom komentar di bawah ini.
Terima Kasih…
Salam Edukasi…