Sejarah Latar Belakang Munculnya Perang Dingin Beserta Penjelasannya Terlengkap


Sejarah Latar Belakang Munculnya Perang Dingin Beserta Penjelasannya Terlengkap
Sejarah Latar Belakang Munculnya Perang Dingin

Sejarah Latar Belakang Munculnya Perang Dingin Beserta Penjelasannya Terlengkap

Selamat Datang di Web Pendidikan edukasinesia.com

Hallo sobat Edukasi Lovers, senang sekali rasanya pada kesempatan kali ini saya dapat membagikan artikel untuk menambah pengetahuan dan wawasan sobat Edukasi Lovers semua. Artikel yang akan saya bagikan pada kesempatan kali ini berjudul Sejarah Latar Belakang Munculnya Perang Dingin Beserta Penjelasannya Terlengkap


Berikut Pembahasannya

Perang Dunia II membawa perubahan yang sangat luas dalam kehidupan masyarakat dunia, baik dalam bidang politik, ekonomi, maupun sosial budaya. Dalam bidang politik, Perang Dunia II menyebabkan Amerika Serikat dan Uni Soviet yang tergabung dalam pihak sekutu sebagai pemenang dalam PD II tampil sebagai negara raksasa (super power) dan berperan sebagai pemegang hegemoni politik di dunia. Karena Amerika Serikat dan Uni Soviet merasa sama kuat maka terjadilah persaingan dan perebutan pengaruh sebagai negara nomor satu di dunia. Amerika Serikat semakin kuat pengaruhnya dan berupaya menyebarluaskan paham liberal dengan cara membantu negara yang hancur akibat PD II seperti Turki dan Yunani. Tujuannya adalah untuk mencegah agar kedua negara tersebut tidak jatuh dalam pengaruh Uni Soviet. 

Sebagai negara yang secara ekonomi sangat kuat, Amerika Serikat juga memberikan bantuan kepada negara-negara di kawasan Eropa dan Asia sehingga lahirlah negara blok kapitalis atau blok barat yang berideologi liberal kapitalis. Untuk menangkal pengaruh komunis maka Amerika Serikat dan negara-negara yang tergabung dalam blok Barat mendirikan pakta pertahanan bersama pada tahun 1949 yang disebut dengan NATO (North Atlantic Treaty Organization) atau Organisasi Pertahanan Atlantik Utara. Adapun negara-negara yang menjadi anggota NATO adalah Inggris, Irlandia, Norwegia, Denmark, Belgia, Belanda,  Luksemburg, Prancis, Portugal, Kanada, dan Amerika Serikat yang bermarkas di Brussels. Uni Soviet yang juga menjadi pemenang dalam Perang Dunia II juga berusaha menyebarkan pengaruh kepada negara-negara yang baru merdeka dengan cara membentuk Cominform atau Organisasi Komunis Internasional untuk dijadikan sebagai alat propaganda dalam menyebarluaskan pengaruh ideologi komunis ke seluruh dunia. 

Untuk mengimbangi kekuatan NATO maka pada tahun 1955 Uni Soviet mendirikan suatu pakta pertahanan, yaitu Pakta Warsawa yang anggotanya terdiri atas Uni Soviet, Albania, Bulgaria, Cekoslowakia, Jerman Timur, Hongaria, Polandia, dan Rumania yang berideologi komunis. Dengan adanya perebutan pengaruh antara kedua negara adikuasa tersebut situasi politik di dunia kembali tegang dan mengakibatkan timbulnya rasa saling curiga dan perlombaan senjata antara kedua belah pihak sehingga masing-masing pihak diliputi suasana Perang Dingin. Perang Dingin (Cold War) adalah perang dalam bentuk ketegangan sebagai perwujudan konflik  antara blok Barat dan blok Timur. Secara umum faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya Perang Dingin antara lain sebagai berikut.

1.     Perbedaan Paham


Sejarah Latar Belakang Munculnya Perang Dingin Beserta Penjelasannya Terlengkap
Perbedaan Paham


Paham demokrasi liberal yang dianut oleh Amerika Serikat sangat bertentangan dengan paham sosialis komunis Uni Soviet. Paham demokrasi liberal sangat mengagungkan kebebasan individu yang memungkinkan kapitalisme berkembang dengan subur. Meskipun demikian, Amerika Serikat menyadari bahwa kaum buruh tidak boleh diperlakukan sewenang-wenang seperti yang terjadi di Eropa beberapa abad sebelumnya karena dapat menyuburkan berkembangnya paham komunis. Oleh karena itu, kaum buruh diberi jaminan kesejahteraan yang cukup dan diberi kesempatan dalam bersuara sehingga dapat mengurangi terjadinya aksi-aksi pemogokan yang dilakukan oleh kaum buruh. 

Aksi pemogokan buruh merupakan salah satu faktor yang dapat menumbuhkembangkan paham komunis. Uni Soviet yang menganut paham komunis memiliki keyakinan bahwa paham itu dapat lebih mempercepat kesejahteraan buruh dan rakyatnya karena dalam sistem ekonomi komunis, negara mengendalikan perusahaan dan memanfaatkan keuntungannya untuk rakyat. Menurut ajaran komunis, pemilikan modal oleh individu seperti yang dianut oleh Amerika Serikat sama sekali tidak diakui. Cara yang dilakukan Uni Soviet untuk dapat mencapai kesejahteraan rakyatnya adalah dengan menerapkan kebijakan pembangunan Rencana Lima Tahun. Karena sistem politiknya yang tertutup maka negara-negara Barat menyebut Uni Soviet dan negara komunis lainnya sebagai Negara Tirai Besi. Akibat dari perbedaan paham itu yang menyebabkan terjadinya konflik atau Perang Dingin antara Amerika Serikat dengan Uni Soviet.

2.     Adanya Perebutan Pengaruh



Sejarah Latar Belakang Munculnya Perang Dingin Beserta Penjelasannya Terlengkap
Adanya Perebutan Pengaruh


Setelah Perang Dunia II berakhir banyak negara-negara berhasil memperoleh kemerdekaan sehingga pengaruh kaum imperialis seperti Inggris dan Prancis mengalami kemunduran dengan tampilnya Amerika Serikat dan Uni Soviet sebagai negara imperialis baru di dunia. Kedua negara tersebut juga berusaha agar dapat berkuasa di dunia dengan menggunakan cara-cara yang baru. 

Amerika Serikat sebagai negara kreditor yang besar membantu negara-negara yang sedang berkembang berupa pinjaman modal untuk pembangunan dengan perhitungan bahwa rakyat yang makmur hidupnya merupakan pasaran untuk hasil industrinya dan mencegah pengaruh komunis karena  masyarakat yang menderita atau miskin merupakan lahan yang subur bagi tumbuhnya paham komunis. Uni Soviet yang mulai kuat ekonominya membantu perjuangan nasional kepada negara-negara di Eropa dan Asia berupa senjata atau tenaga ahli dengan tujuan untuk mendapatkan simpati dan pengaruh bagi perkembangan paham komunis di dunia.


Demikianlah Artikel lengkap yang berjudul Sejarah Latar Belakang Munculnya Perang Dingin Beserta Penjelasannya TerlengkapSemoga dapat bermanfaat bagi Sobat Edukasi Lovers  semuanya. Jika artikel ini bermanfaat sudi kiranya bagi sobat semua untuk mengelike dan membagikan artikel ini untuk menjaga kelangsungan web pendidikan edukasinesia.com ini menjadi lebih baik. Jika ada permintaan, pertanyaan, kritik, maupun saran, silahkan berikan komentar sobat semua di kolom komentar di bawah ini.
Terima Kasih…
               Salam Edukasi…