Ilmu Penunjang Geografi Beserta Penjelasannya Terlengkap


Ilmu Penunjang Geografi Beserta Penjelasannya Terlengkap

Ilmu Penunjang Geografi Beserta Penjelasannya Terlengkap
Ilmu Penunjang Geografi





Selamat Datang di Web Pendidikan edukasinesia.com

Hallo sobat Edukasi Lovers,senang sekali rasanya pada kesempatan kali ini saya dapat membagikan artikel untuk menambah pengetahuan dan wawasan sobat Edukasi Lovers semua.Artikel yang akan saya bagikan pada kesempatan kali ini berjudul Ilmu Penunjang Geografi Beserta Penjelasannya Terlengkap


Berikut Pembahasannya:

Ilmu geografi bukan merupakan ilmu  yang berdiri sendiri.Artinya, keberadaan ilmu geografi didukung oleh disiplin-disiplin ilmu lain yang aspek pendukungnya bersifat timbal balik secara intensif.Hubungan ilmu geografi dengan ilmu-ilmu pendukung atau penunjangnya mempunyai hubungan timbal balik dengan sejumlah disiplin ilmu lain.Artinya, antara geografi dan ilmu-ilmu itu saling mendukung dan melengkapi.Eratnya  hubungan tersebut menyebabkan tumbuhnya ilmu baru.Contohnya, hubungan geografi dan ilmu politik  menumbuhkan geografi politik, hubungan geografi dan geologi menumbuhkan geomorfologi.Ilmu yang mendukung geografi meliputi geofisika, hidrologi, geomorfologi, meteorologi, klimatologi, astronomi, geologi, oseanografi, dan paleontologi.
Berikut penjabarannya:
1.    Geofisika, adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang sifat-sifat fisika bumi, seperti gaya berat dan gejala-gejala magnetik.
2.    Hidrologi, adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang air tanah, air permukaan, dan air di udara.
3.    Geomorfologi, adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari bentuk-bentuk permukaan bumi yang terjadi karena kekuatan yang bekerja di dalam dan di atas permukaan bumi.
4.    Meteorologi, adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang cuaca.
5.    Klimatologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang iklim.
6.    Astronomi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari benda-benda langit di luar atmosfer.
7.    Geologi, adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari lapisan-lapisan batuan yang ada di dalam kulit bumi, perubahan-perubahan bentuk permukaan bumi serta sejarah perkembangan bumi dan makhluk hidup yang pernah hidup baik di dalam maupun di atas permukaan bumi.
8.    Oseanografi, adalah ilmu yang mempelajari lautan, misalnya sifat air laut, pasang surut arus, dan kedalaman laut,
9.    Paleontologi, adalah ilmu  tentang fosil serta bentuk kehidupan pada masa purba (prasejarah) yang terdapat di bawah lapisan-lapisan bumi.
10.  Antropogeografi, adalah cabang geografi yang mempelajari persebaran bangsa-bangsa di muka bumi dilihat dari sudut geografis.
11.  Geografi politik, adalah cabang geografi yang khusus mengkaji kondisi-kondisi geografis ditinjau dari sudut politik atau kepentingan negara.
12.  Geografi fisik, adalah cabang geografi yang mengkaji tentang bentuk dan struktur permukaan bumi yang  mencakup aspek geomorfologi dan hidrologi.
13.  Geografi manusia, adalah cabang geografi yang mengkaji tentang aspek sosial, ekonomi, dan budaya penduduk.
14.  Geografi matematik, adalah ilmu geografi yang berkenaan dengan perkiraan bentuk, ukuran, lintang, dan bujur geografi, meridian, paralel, serta luas permukaan bumi.Geografi matematik disebut juga geografi teknik.
15.  Geografi regional, adalah cabang geografi yang mempelajari suatu kawasan tertentu secara khusus, misalnya geografi Asia Tenggara dan geografi Timur Tengah.


Demikianlah Artikel lengkap yang berjudul Ilmu Penunjang Geografi Beserta Penjelasannya Terlengkap.Semoga dapat bermanfaat bagi Sobat Edukasi Lovers  semuanya.Jika artikel ini bermanfaat sudi kiranya bagi sobat semua untuk mengelike dan membagikan artikel ini untuk menjaga kelangsungan blog ini menjadi lebih baik.Jika ada permintaan,pertanyaan,kritik,maupun saran,silahkan berikan komentar sobat semua di kolom komentar di bawah ini.
Terima Kasih…
Salam Edukasi…

0 Response to "Ilmu Penunjang Geografi Beserta Penjelasannya Terlengkap"

Post a Comment

Mohon untuk berkomentar yang bijak,tanpa link spam!
Terima kasih.

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Materi PKN

Powered by Blogger.

Artikel Terbaru