8 Contoh Sikap Tanggung Jawab Terkait Kemajuan IPTEK

 

8 Contoh Sikap Tanggung Jawab Terkait Kemajuan IPTEK


8 Contoh Sikap Tanggung Jawab Terkait Kemajuan IPTEK

Dalam hal kemajuan IPTEK yang saat ini berkembang sangat pesat, perlu adanya sikap tanggung jawab dari setiap individu atau warga negara, agar kemajuan IPTEK tidak menimbulkan permasalahan ataupun dampak negatif. 


Adapun contoh sikap tanggung jawab terkait kemajuan IPTEK ini antara lain yakni sebagai berikut:


1. Memiliki Sikap Kegunaan IPTEK untuk Kemaslahatan Manusia

Semua ilmu pengetahuan yang ada di dunia ini berasal dari Tuhan Yang Maha Kuasa. Tuhan Yang Maha Kuasa yang  menciptakan alam semesta. Menyadari hal tersebut maka sudah seharusnya setiap manusia Indonesia di dalam mengembangkan dan menerapkan IPTEK mengingat dan mengaplikasikan ajaran dan perintah Tuhan. IPTEK harus dikembangkan dan diterapkan untuk kemaslahatan manusia.


2. Memiliki Sikap memperhatikan Nilai-nilai Budaya

Pengembangan IPTEK haruslah memperhatikan nilai-nilai budaya. Jangan sampai karena kemajuan IPTEK nilai-nilai kebudayaan yang baik yang selama ini ada di tengah-tengah masyarakat menjadi pudar, dan melalui kemajuan IPTEK ini hendaknya nilai-nilai budaya yang baik tersebut dapat menyebar ke berbagai masyarakat, sehingga bisa menginspirasi masyarakat lainnya. 


3. Memiliki Sikap Memperhatikan Aspek Pelestarian Lingkungan

Memperhatikan aspek pelestarian lingkungan merupakan salah satu bentuk tanggung jawab terhadap kemajuan IPTEK. Ilmu pengetahuan dan teknologi yang dikembangkan jangan sampai merusak lingkungan. Karena pencemaran lingkungan dapat mengakibatkan kerusakan ekosistem yang merugikan manusia. Pengembangan IPTEK harus mengedepankan pelestarian lingkungan.


4. Memiliki Sikap Mengingat Landasan Ideal dan Landasan Konstitusional Pengembangan IPTEK

Bagi bangsa Indonesia, di dalam mengembangkan dan menerapkan IPTEK perlu untuk mengingat landasan idealnya yakni Pancasila dan landasan konstitusionalnya yakni Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 (UUD NRI Tahun 1945). 


5. Memperhatikan Nilai-nilai Agama

Pengembangan dan pemanfaatan IPTEK haruslah memperhatikan nilai-nilai agama, hal ini bertujuan agar tidak muncul suatu pemujaan terhadap IPTEK dan tidak menabrak nilai-nilai suci yang diajarkan oleh agama. 


6. Memiliki Sikap Memperhatikan Etika Pengembangan IPTEK

Memperhatikan etika pengembangan IPTEK merupakan salah satu bentuk sikap tanggung jawab IPTEK. Pengembangan IPTEK hendaknya tidak menabrak nilai-nilai moral yang berlaku dalam masyarakat. Pemanfaatan dan pengembangan IPTEK harus memperhatikan etika sosial, moral dan aspek kemanusiaan.


7. Memperhatikan amanat UUD NRI Tahun 1945

Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 mengamanatkan tujuan nasional antara lain untuk memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Dari amanat tersebut jelas bahwa pemanfaatan dan pengembangan IPTEK haruslah untuk meningkatkan kecerdasan bangsa dan meningkatkan kesejahteraan rakyat. Sehingga sumber daya alam yang terkandung di negara ini hendaknya dimanfaatkan dengan menggunakan IPTEK dengan tujuan untuk kemakmuran rakyat.


8. Meminimalisir atau Menghilangkan Dampak Negatif IPTEK

Salah satu bentuk sikap tanggung jawab terkait kemajuan IPTEK yakni pengembang haruslah sebisa mungkin mengusahakan untuk meminimalisir atau menghilangkan segala dampak negatif yang mengiringi pengembangan IPTEK.