Arti dan Makna Lambang Koperasi Indonesia Yang Terbaru dan Lama Beserta Penjelasannya Terlengkap

Arti dan Makna Lambang Koperasi Indonesia Yang Terbaru dan Lama Beserta Penjelasannya Terlengkap


Arti dan Makna Lambang Koperasi Indonesia Yang Terbaru dan Lama Beserta Penjelasannya Terlengkap
Lambang Koperasi Indonesia Terbaru





Selamat Datang di Blog edukasinesia.com

Hallo sobat Edukasi Lovers,senang sekali rasanya pada kesempatan kali ini saya dapat membagikan artikel untuk menambah pengetahuan dan wawasan sobat Edukasi Lovers semua.Artikel yang akan saya bagikan pada kesempatan kali ini berjudul  Arti dan Makna Lambang Koperasi Indonesia  Yang Terbaru dan Lama Beserta Penjelasannya Terlengkap


Berikut Ini Pembahasan Selengkapnya

lambang koperasi Indonesia telah mengalami beberapa kali perubahan.Setelah lambang yang pertama adalah lambang koperasi dengan gambar pohon beringin.Kemudian di ganti dengan lambang koperasi yang mirip mozaik,lambang koperasi ini tidak bertahan lama karena di era menteri koperasi terbaru bapak puspayoga beliau memutuskan untuk mengembalikan lambang koperasi indonesia ke lambang koperasi yang lama.


Berikut ini arti dan makna lambang koperasi Indonesia yang baru



Arti dan Makna Lambang Koperasi Indonesia Yang Terbaru dan Lama Beserta Penjelasannya Terlengkap
Lambang Koperasi Indonesia Terbaru




 1.Arti Lambang Koperasi Rantai
   Rantai melambangkan kokohnya persahabatan.jadi manusia yang berkoperasi adalah masyarakat yang suka bersahabat.cinta akan persahabatan dan tidak mudah goyah ataupun putus.Semua anggota saling terikat dan bersahabat dengan erat untuk menggapai tujuan bersama yaitu kemakmuran bagi seluruh anggota koperasi.

2.Arti Lambang Koperasi Roda Bergigi
  Roda gigi menggambarkan upaya keras yang di tempuh secara terus menerus seperti roda yang berputar tidak kenal lelah walaupun kadang di bawah kadang di atas.

3.Arti Lambang Koperasi Kapas dan Padi
   Kapas dan Padi menggambarkan kemakmuran rakyat yang di usahakan oleh koperasi Jadi tujuan koperasiadalah terwujudnya masyarakat indonesia yang makmur dan sejahtera.Cukup sandang pangan dan papan.

4.Arti Lambang Koperasi Timbangan
  Timbangan melambangkan keadilan sosial sebagai salah satu dasar koperasi jadi setiap pengurus dan anggota koperasi haruslah adil dalam mengelola  koperasi. Adil dan tidak berat sebelah kepada seluruh anggota dan pengurus koperasi.

5.Arti Lambang Koperasi Bintang Dalam Perisai
    Bintang dalam perisai artinya pancasila sebagai landasan idiil koperasi. Jadi pancasila menjadi landasan dalam berkoperasi serta mengamalkan kelima sila tersebut dalam kegiatan keseharian koperasi.Dengan demikian koperasi indonesia adalah insan yang setia dan mengamalkan pancasila.

6.Arti Lambang Koperasi Pohon Beringin
   Pohon beringin menggambarkan sifat kemasyarakatan dan kepribadian masyarakat indonesia yang kokoh berakar. Artinya masyarakat indonesia yang bergerak di bidang koperasi adalah masyarakat yang kokoh.tidak mudah goyah oleh cobaan dan gempuran ekonomi dari luar negeri.Dan siap bersaing.

7.Arti Lambang Koperasi "koperasi indonesia"
  "koperasi indonesia" menandakan lambang kepribadian koperasi rakyat indonesia.Jadi koperasi adalah sistem ekonomi indonesia yang sangat bagus dan menjadi penggerak perekonomian indonesia

8.Arti Lambang Koperasi Warna Merah Putih
  Warna merah putih menggambarkan sifat nasionalsme Indonesia.Cinta tanah air dan bangga sebagai warga negara indonesia.


logo koperasi yang lama memang sudah tidak di gunakan lagi,tetapi sobat juga tidak boleh melupakannya.Karena ini merupakan sejarah perkembangan koperasi di indonesia yang harus tetap kita ingat.


Berikut ini arti dan makna lambang koperasi Indonesia yang lama



Arti dan Makna Lambang Koperasi Indonesia Yang Terbaru dan Lama Beserta Penjelasannya Terlengkap
Lambang Koperasi Indonesia Lama




1)    Lambang Koperasi Indonesia dalam bentuk gambar bunga yang member kesan akan perkembangan dan kemajuan terhadap perkoperasian di Indonesia,mengandung makna bahwa Koperasi Indonesia harus selalu berkembang,cemerlang,berwawasan,variatif,inovatif,sekaligus produktif dalam kegiatannya serta berwawasan dan berorientasi pada keunggulan dan teknologi.
2)    Lambang Koperasi Indonesia dalam bentuk gambar 4 (empat) sudut pandang melambangkan arah mata angin yang mempunyai maksud Koperasi Indonesia:
                                    a)        Sebagai gerakan koperasi di Indonesia untuk menyalurkan aspirasi;
                                    b)        Sebagai dasar perekonomian nasional yang bersifat kerakyatan;
                                    c)        Sebagai penjunjung tinggi prinsip nilai kebersamaan,kemandirian,keadilan,dan demokrasi;
                                    d)        Selalu menuju pada keunggulan dalam persaingan global.
3)    Lambang Koperasi Indonesia dalam bentuk teks ‘Koperasi Indonesia’ member kesan dinamis modern,menyiratkan kemajuan untuk terus berkembang serta mengikuti kemajuan zaman yang bercermin pada perekonomian yang bersemangat tinggi,teks Koperasi Indonesia yang berksinambungan sejajar rapi mengandung makna adanya ikatan yang kuat,baik di dalam lingkungan internal Koperasi Indonesia maupun antara Koperasi dan  para anggotanya.
4)    Lambang Koperasi Indonesia yang berwarna pastel member kesan kalem sekaligus berwibawa,selain Koperasi Indonesia bergerak pada sektor perekonomian,warna pastel melambangkan adanya suatu keinginan,ketabahan,kemauan,dan kemajuan serta mempunyai kepribadian yang kuat akan suatu hal terhadap peningkatan rasa bangga dan percaya diri yang tinggi terhadap pelaku ekonomi lainnya.
5)    Lambang Koperasi Indonesia dapat digunakan pada papan nama kantor,pataka,umbul-umbul,atribut yang terdiri dari pin,tanda pengenal pegawai dan emblem untuk seluruh kegiatan ketatalaksanaan administrative oleh gerakan koperasi di seluruh Indonesia;
6)    Lambang Koperasi Indonesia menggambarkan falsafah hidup berkoperasi yang memuat:

                                     a)        Tulisan Koperasi Indonesia yang merupakan identitas lambang;
                                     b)        Gambar : 4 (empat) kuncup bunga yang saling bertaut dihubungkan bentuk sebuah lingkaran yang menghubungkan satu kuncup dengan kuncup lainnya,menggambarkan seluruh pemangku kepentingan  saling bekerja sama secara terpadu dan berkordinasi secara harmonis dalam membangun Koperasi Indonesia

Demikianlah Artikel lengkap yang berjudul Arti dan Makna Lambang Koperasi Indonesia Yang Terbaru dan Lama Beserta Penjelasannya Terlengkap.Semoga dapat bermanfaat bagi Sobat Edukasi Lovers  semuanya.Jika artikel ini bermanfaat sudi kiranya bagi sobat semua untuk mengelike dan membagikan artikel ini untuk menjaga kelangsungan blog ini menjadi lebih baik.Jika ada permintaan,pertanyaan,kritik,maupun saran,silahkan berikan komentar sobat semua di kolom komentar di bawah ini.
     Terima Kasih…

Salam Edukasi…


0 Response to "Arti dan Makna Lambang Koperasi Indonesia Yang Terbaru dan Lama Beserta Penjelasannya Terlengkap"

Post a Comment

Mohon untuk berkomentar yang bijak,tanpa link spam!
Terima kasih.

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Materi PKN

Powered by Blogger.

Artikel Terbaru