Faktor-Faktor Pendorong Keteraturan Sosial Beserta Penjelasannya Terlengkap

Faktor-Faktor Pendorong Keteraturan Sosial Beserta Penjelasannya Terlengkap

Faktor-Faktor Pendorong Keteraturan Sosial Beserta Penjelasannya Terlengkap
Gambar Ilustrasi Keteraturan Sosial



Selamat Datang di Web Pendidikan edukasinesia.com

Hallo sobat Edukasi Lovers,senang sekali rasanya pada kesempatan kali ini saya dapat membagikan artikel untuk menambah pengetahuan dan wawasan sobat Edukasi Lovers semua.Artikel yang akan saya bagikan pada kesempatan kali ini berjudul Faktor-Faktor Pendorong Keteraturan Sosial Beserta Penjelasannya Terlengkap

Berikut Pembahasannya

Ada beberapa faktor pendorong keteraturan sosial dalam masyarakat.Faktor-faktor tersebut antara lain adalah sebagai berikut.
1.    Kerja Sama
Kerja sama dapat mendorong keteraturan sosial karena beberapa hal berikut ini.
a)    Adanya perasaan tolong menolong antarsesama.Seperti gotong-royong membangun rumah dan membantu jika terkena musibah.
b)    Adanya kooptasi, yaitu suatu proses penerimaan unsur baru dalam kepemimpinan atau pelaksanaan praktis dalam suatu organisasi sebagai jalan untuk menghindari kegoncangan.
c)    Adanya koalisi atau gabungan beberapa organisasi yang memiliki tujuan yang sama.
d)    Jonit Venture, yaitu kerja sama beberapa perusahaan dalam mengerjakan proyek tertentu.

2.    Akomodasi
Akomodasi dapat mendorong keteraturan sosial karena beberapa hal berikut.
a)    Dapat mendorong integrasi masyarakat, misalnya ketika bangsa Normandia tahun 1066 menaklukkan Inggris banyak terjadi perubahan seperti bahasa, sistem feodalisme, hukum, dan sebagainya.Pada proses itu terjadi perkawinan campuran.Keadaan tersebut mengurangi jarak sosial antara penjajah dan yang dijajah.
b)    Dapat menghilangkan persaingan antarperorangan atau antarkelompok.
c)    Koordinasi berbagai kepribadian yang berbeda, misalnya kampanye politik antara dua orang pemimpin.Jika sudah ada yang menang biasanya  yang kalah diajak untuk bekerja sama demi keutuhan atau integrasi partai yang bersangkutan.
d)    Perubahan lembaga masyarakat yang menyesuaikan diri dengan keadaan baru.
e)    Akomodasi dapat mengukuhkan kembali kedudukan orang per orang atau kelompok manusia yang sedang goyah.
f)     Akomodasi membuka jalan untuk asimilasi.

3.    Asimilasi
Asimilasi dapat mendorong keteraturan sosial karena dalam asimilasi ditandai dengan adanya usaha-usaha untuk mengurangi perbedaan-perbedaan yang terdapat antara orang per orang atau kelompok manusia dan juga usaha-usaha untuk mempertinggi kesatuan tindak, sikap, dan proses-proses mental dengan pengembangan sikap-sikap dan cita-cita yang sama.Dalam proses tersebut ada beberapa bentuk interaksi sosial yang memberi arah ke suatu proses asimilasi apabila:
a)    Interaksi sosial tersebut bersifat suatu pendekatan terhadap pihak-pihak lain, di mana pihak lain tadi juga berlaku sama;
b)    Interaksi sosial tersebut  tidak mengalami halangan atau pembatasan-pembatasan seperti tidak ada pembatasan mengenai adanya perkawinan campuran;
c)    Interaksi sosial tersebut bersifat langsung dan primer.
d)    Frekuensi interaksi sosial tinggi dan tetap serta adanya kesinambungan antara pola-pola asimilasi tersebut.

Asimilasi merupakan pembauran dua unsur sosial yang berbeda dan menghasilkan suatu unsur yang baru.

4.    Akulturasi
Akulturasi merupakan proses di mana terjadi perubahan  dalam hubungan sosial dan dalam pola adat istiadat serta interaksi sosial.Akulturasi dapat mendorong keteraturan sosial karena unsur-unsur kebudayaan asing lambat laun diterima dan diolah ke dalam kebudayaan sendiri tanpa menyebabkan hilangnya kepribadian kebudayaan itu sendiri.Misalnya, kebiasaan membunyikan petasan di hari-hari tertentu atau peringatan tertentu pada masyarakat Betawi yang berasal dari Cina.


Akulturasi merupakan perpaduan dua kebudayaan berbeda yang membentuk sebuah kebudayaan baru dengan tidak menghilangkan ciri dari masing-masing kebudayaan tersebut.

Demikianlah Artikel lengkap yang berjudul Faktor-Faktor Pendorong Keteraturan Sosial Beserta Penjelasannya Terlengkap. Semoga dapat bermanfaat bagi Sobat Edukasi Lovers  semuanya.Jika artikel ini bermanfaat sudi kiranya bagi sobat semua untuk mengelike dan membagikan artikel ini untuk menjaga kelangsungan blog ini menjadi lebih baik.Jika ada permintaan,pertanyaan,kritik,maupun saran,silahkan berikan komentar sobat semua di kolom komentar di bawah ini.

Terima Kasih…
                               Salam Edukasi…

0 Response to "Faktor-Faktor Pendorong Keteraturan Sosial Beserta Penjelasannya Terlengkap"

Post a Comment

Mohon untuk berkomentar yang bijak,tanpa link spam!
Terima kasih.

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Materi PKN

Powered by Blogger.

Artikel Terbaru