Hierarki Nilai Beserta Penjelasannya Terlengkap

Hierarki Nilai Beserta Penjelasannya Terlengkap



Hierarki Nilai Beserta Penjelasannya Terlengkap
Gambar Ilustrasi

Selamat Datang di Web Pendidikan edukasinesia.com

Hallo sobat Edukasi Lovers,senang sekali rasanya pada kesempatan kali ini saya dapat membagikan artikel untuk menambah pengetahuan dan wawasan sobat Edukasi Lovers semua.Artikel yang akan saya bagikan pada kesempatan kali ini berjudul Hierarki Nilai Beserta Penjelasannya Terlengkap

Berikut Pembahasannya

Nilai yang dianut seseorang memengaruhi tingkah lakunya sebab apa yang dilakukannya dibimbing dan berpedoman pada nilai-nilai yang dianutnya.Menurut Graves dalam buku Mulyadi yang berjudul Organisasi, Teori Struktur, dan Proses, nilai yang dianut seseorang mempunyai tingkatan yang tersusun secara hierarki, antara lain yakni sebagai berikut.
1.    Tingkat Pertama: Reaktif
Pada tingkatan ini, individu tidak menyadari dirinya sendiri dan orang lain sebagai makhluk yang berbudaya.Ia memberikan reaksi bersifat stimulus yang datang semata-mata atas dasar kebutuhan biologisnya saja.Tingkatan pertama ini hanya cocok digunakan untuk menjelaskan kondisi bayi yang baru lahir.

2.    Tingkat Kedua: Tribalistik
Pada tingkatan ini, nilai-nilai individu dicirikan oleh tingkat ketergantungan yang tinggi.Mereka berpegang pada tradisi kelompok dan juga taat pada perintah.

3.    Tingkat Ketiga: Egosentris
Tipe individu pada tingkatan ini, lebih mengutamakan kepentingan diri sendiri.Mereka tidak menghiraukan kepentingan orang lain.

4.    Tingkat Keempat: Konformis
Individu yang bersifat konformis cenderung memaksa orang lain untuk menerima nilai-nilai yang dianutnya.Ia tidak begitu toleransi terhadap nilai-nilai yang dianut oleh orang lain.

5.    Tingkat Kelima: Manipulatif
Tipe individu pada tingkatan ini ditandai oleh adanya upaya memanipulasi segala sesuatu, termasuk orang lain untuk kepentingan pencapaian tujuan pribadinya.Pada umumnya, mereka bersifat materialistis dan berusaha sekuat tenaga memperoleh kedudukan yang lebih tinggi.

6.    Tingkat Keenam: Sosiosentrik
Pada tingkatan ini, individu cenderung berpendapat bahwa kerja sama dengan orang lain lebih baik daripada bekerja sendirian.Mereka menolak paham materialistis dan manipulatif.

7.    Tingkat Ketujuh: Eksistensi
Individu pada level ini memiliki tingkatan toleransi yang tinggi terhadap berbagai perbedaan nilai yang dianut orang lain.


Demikianlah Artikel lengkap yang berjudul Hierarki Nilai Beserta Penjelasannya Terlengkap.Semoga dapat bermanfaat bagi Sobat Edukasi Lovers  semuanya.Jika artikel ini bermanfaat sudi kiranya bagi sobat semua untuk mengelike dan membagikan artikel ini untuk menjaga kelangsungan blog ini menjadi lebih baik.Jika ada permintaan,pertanyaan,kritik,maupun saran,silahkan berikan komentar sobat semua di kolom komentar di bawah ini.
Terima Kasih…
                Salam Edukasi…

0 Response to "Hierarki Nilai Beserta Penjelasannya Terlengkap"

Post a Comment

Mohon untuk berkomentar yang bijak,tanpa link spam!
Terima kasih.

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Materi PKN

Powered by Blogger.

Artikel Terbaru