Metode-Metode Penelitian Sosiologi Beserta Penjelasannya



Metode-Metode Penelitian Sosiologi Beserta Penjelasannya
Gambar Ilustrasi : Metode-Metode Penelitian Sosiologi 


Metode-Metode Penelitian Sosiologi Beserta Penjelasannya


Selamat Datang di Web Pendidikan edukasinesia.com

Halo sobat Edukasi Lovers, senang sekali rasanya pada kesempatan kali ini saya dapat membagikan artikel untuk menambah pengetahuan dan wawasan sobat Edukasi Lovers semua. Artikel yang akan saya bagikan pada kesempatan kali ini berjudul Metode-Metode Penelitian Sosiologi Beserta Penjelasannya



Berikut Pembahasannya

Setelah sobat mengetahui objek dan ruang lingkup dalam sosiologi, untuk mempelajari permasalahan sosial, sosiologi juga memiliki cara kerja atau metode (method) yang juga dipergunakan oleh ilmu pengetahuan lainnya. Menurut Soerjono Soekanto, sosiologi dalam mengamati objek kajian secara umum dapat menggunakan dua (2)  jenis metode, yaitu metode kualitatif dan metode kuantitatif. Berikut ini adalah penjelasan selengkapnya mengenai metode kuantitatif dan metode kualitatif.

1.Metode Kuantitatif



Metode-Metode Penelitian Sosiologi Beserta Penjelasannya
Gambat Ilustrasi


Metode kuantitatif lebih mengutamakan bahan keterangan dengan angka sehingga gejala yang ditelitinya dapat diukur menggunakan skala, indeks, tabel, dan formula yang dapat diukur dengan ilmu pasti atau matematika, atau lebih dikenal dengan metode statistik. Metode statistik bertujuan menelaah gejala sosial secara matematis. Selain itu, juga dikenal metode sosiometry untuk meneliti masyarakat secara kuantitatif, dengan menggunakan skala dan angka. Jadi sosiometry adalah himpunan konsep dan metode yang bertujuan menggambarkan dan meneliti hubungan antar manusia dalam masyarakat secara kuantitatif.

2.Metode Kualitatif

Metode kualitatif lebih mengutamakan bahan yang sulit diukur dengan angka atau ukuran yang bersifat eksak, walaupun nyata dalam kehidupan masyarakat. Di dalamnya terdapat beberapa metode, yaitu metode historis, komparatif, dan kombinasi antara metode historis dengan metode komparatif, yaikni metode case study.

Berikut penjelasannya

a.    Metode Historis

Metode historis menggunakan analisa atas peristiwa masa lampau untuk merumuskan prinsip umum. Misalnya, seorang sosiolog akan mengadakan penyelidikan sebab akibat terjadinya revolusi (secara umum), ia akan menggunakan data sejarah untuk meneliti berbagai revolusi di masa lalu.

b.    Metode Komparatif

Metode komparatif ini lebih mementingkan perbandingan antara masyarakat dengan bidang kehidupannya untuk memperoleh perbedaan dan persamaan serta sebab-sebabnya.

c.    Metode Case Study

Metode case study bertujuan mempelajari gejala nyata kehidupan masyarakat. Metode ini digunakan untuk menelaah keadaan, kelompok, masyarakat setempat (community), lembaga, maupun individu. Dasar kajiannya adalah penelaahan masalah khusus yang merupakan gejala umum dari persoalan lain sehingga didapatkan dalil khusus. Alat kajiannya berupa wawancara (interview), pertanyaan-pertanyaan (questionnaires), daftar pertanyaan (schedules), dan teknik penelitian partisipatif (participant observer technique).



Berdasarkan jenisnya, sosiologi dapat menggunakan dua metode lagi, yaitu sebagai berikut.

a)    Logika Induktif

Logika induktif adalah metode yang mempelajari suatu gejala yang khusus untuk mendapatkan kaidah-kaidah yang berlaku dalam lapangan yang lebih luas.

b)    Logika Deduktif

Logika deduktif mempelajari gejala-gejala yang umum atau kaidah yang berlaku umum untuk kemudian dipelajari dalam keadaan yang lebih khusus.


Demikianlah Artikel lengkap yang berjudul Metode-Metode Penelitian Sosiologi Beserta Penjelasannya. Semoga dapat bermanfaat bagi Sobat Edukasi Lovers  semuanya. Jika artikel ini bermanfaat sudi kiranya bagi sobat semua untuk mengelike dan membagikan artikel ini untuk menjaga kelangsungan web pendidikan edukasinesia.com ini menjadi lebih baik. Jika ada permintaan, pertanyaan, kritik, maupun saran, silahkan berikan komentar sobat semua di kolom komentar di bawah ini.
Terima Kasih…
                 Salam Edukasi…