Sifat-Sifat Perilaku Menyimpang Beserta Contoh dan Penjelasannya Terlengkap


Sifat-Sifat Perilaku Menyimpang Beserta Contoh dan Penjelasannya Terlengkap
Gambar Ilustrasi


Sifat-Sifat Perilaku Menyimpang Beserta Contoh dan Penjelasannya Terlengkap


Selamat Datang di Web Pendidikan edukasinesia.com

Hallo sobat Edukasi Lovers, senang sekali rasanya pada kesempatan kali ini saya dapat membagikan artikel untuk menambah pengetahuan dan wawasan sobat Edukasi Lovers semua. Artikel yang akan saya bagikan pada kesempatan kali ini berjudul Sifat-Sifat Perilaku Menyimpang Beserta Contoh dan Penjelasannya Terlengkap



Berikut Pembahasannya

Perilaku menyimpang selalu berkonotasi buruk, negatif, perusak tatanan, dan lain sebagainya. Dalam beberapa kasus, pemahaman itu tidak selalu benar. Perilaku yang awalnya kita vonis menyimpang ternyata mempunyai sisi yang positif bagi perkembangan masyarakat. Secara umum, terdapat dua sifat penyimpangan, yaitu penyimpangan bersifat positif dan penyimpangan bersifat negatif. Berikut penjelasan selengkapnya:

1.    Penyimpangan yang Bersifat Positif

Penyimpangan yang bersifat positif merupakan penyimpangan yang mempunyai dampak positif terhadap sistem sosial karena mengandung unsur inovatif, kreatif, dan memperkaya alternatif. Penyimpangan yang demikian biasanya dapat diterima oleh masyarakat karena sesuai dengan perubahan zaman serta membawa manfaat bagi perkembangan masyarakat. 

Misalnya, perilaku hemat adalah perilaku yang tidak wajar pada Abad Pertengahan di Eropa tetapi perilaku hemat yang dilakukan sekelompok masyarakat menimbulkan kemajuan ekonomi sehingga timbul sistem ekonomi kapitalis. Begitu juga dengan penemuan baru yang kontroversial. Umumnya, sebuah penemuan baru sulit diterima masyarakat karena masyarakat menganggap penemuan baru itu sebagai sebuah penyimpangan. Namun, penemuan baru itu sering kali membawa dampak positif.


2.    Penyimpangan yang Bersifat Negatif

Jika individu melakukan tindakan yang mengarah ke nilai sosial yang dipandang rendah dan berakibat buruk serta mengganggu sistem sosial masyarakat, maka ia dianggap telah melakukan penyimpangan yang bersifat negatif. Tindakan dan pelakunya akan dicela dan tidak diterima oleh masyarakat. Kadar perilaku menyimpang negatif ini tergantung pada tingkat pelanggaran hukum, norma serta aturan masyarakat. 

Penyimpangan bersifat negatif ini pada umumnya perilaku yang menimbulkan kerugian pada diri pelaku maupun orang lain, seperti penyalahgunaan narkoba, perdagangan perempuan dan anak, pemerasan, perjudian, laporan keuangan fiktif pada perusahaan, penggelapan pajak, dan sebagainya.

Demikianlah Artikel lengkap yang berjudul Sifat-Sifat Perilaku Menyimpang Beserta Contoh dan Penjelasannya TerlengkapSemoga dapat bermanfaat bagi Sobat Edukasi Lovers  semuanya. Jika artikel ini bermanfaat sudi kiranya bagi sobat semua untuk mengelike dan membagikan artikel ini untuk menjaga kelangsungan web pendidikan edukasinesia.com ini menjadi lebih baik. Jika ada permintaan, pertanyaan, kritik, maupun saran, silahkan berikan komentar sobat semua di kolom komentar di bawah ini.

Terima Kasih…
Salam Edukasi…