Sejarah Peran Indonesia dalam Penyelesaian Masalah Vietnam


Sejarah Peran Indonesia dalam Penyelesaian Masalah Vietnam
Peran Indonesia dalam Penyelesaian Masalah Vietnam

Sejarah Peran Indonesia dalam Penyelesaian Masalah Vietnam

Selamat Datang di Web Pendidikan edukasinesia.com

Hallo sobat Edukasi Lovers, senang sekali rasanya pada kesempatan kali ini saya dapat membagikan artikel untuk menambah pengetahuan dan wawasan sobat Edukasi Lovers semua. Artikel yang akan saya bagikan pada kesempatan kali ini berjudul Sejarah Peran Indonesia dalam Penyelesaian Masalah Vietnam

Berikut Pembahasannya

Selain perebutan pengaruh antara Cina dan Uni Soviet, Perang Vietnam juga mengakibatkan terjadinya ketegangan akibat persaingan militer Amerika Serikat-Uni Soviet di kawasan Asia Tenggara. Persaingan militer Amerika Serikat-Uni Soviet di Asia Tenggara tersebut semakin meningkat setelah Uni Soviet mendirikan pangkalan Angkatan Laut  di Teluk Cam Ranh dan Da Nang di Vietnam. Pembangunan pangkalan Angkatan Laut Uni Soviet tersebut dimaksudkan untuk menangkal kekuatan armada Angkatan Laut Amerika Serikat di Pasifik yang berpangkalan di Teluk Subic, Filipina. 

Peningkatan ketegangan akibat persaingan dua negara adidaya tersebut mengundang kekhawatiran timbulnya gangguan keamanan di kawasan Asia Tenggara. Oleh karena itu, Indonesia bersama negara ASEAN lainnya berusaha mengurangi kemungkinan timbulnya perembesan konflik bersenjata (spill over) antara dua negara adidaya dengan mendirikan kawasan perdamaian, kebebasan, dan netralitas atau ZOPFAN (Zone of Freedom, Peaceful, and Neutrality) pada tahun 1972. Pendirian ZOPFAN diwujudkan dengan adanya kesepakatan yang melarang segala aktivitas senjata nuklir di Samudra Pasifik.

1.Pengiriman Pasukan Perdamaian ke Vietnam

Sebagai negara ASEAN, Indonesia berperan aktif dalam membantu penyelesaian konflik Vietnam. Kebijakan tersebut dilakukan dengan mengirimkan pasukan perdamaian di bawah bendera PBB. Upaya Indonesia membantu penyelesaian konflik Vietnam dilakukan dengan mengirimkan Pasukan Garuda ke Vietnam selama 3 kali, antara lain yakni sebagai berikut:
1)    Pengiriman Pasukan Garuda IV ke Vietnam Selatan pada Januari 1973-Agustus 1973.Tugas Pasukan Garuda IV ini adalah melakukan pengawasan dan pengamatan gencatan senjata dan pertukaran tawanan perang Vietnam di bawah Komando ICCS (International Commision for Control and Supervision).

2)    Pengiriman Pasukan Garuda V ke Vietnam Selatan pada tahun Agustus 1973 sampai September 1974.Tugas Pasukan Garuda V ini adalah melakukan pengawasan dan pengamatan gencatan senjata dan pertukaran tawanan perang di bawah Komando ICCS (International Commision for Control and Supervision).

3)    Pengiriman Pasukan Garuda VII ke Vietnam Selatan pada April 1974.Tugas Pasukan Garuda VI adalah melakukan pengawasan dan pengamatan gencatan senjata dan pertukaran tawanan perang di bawah komando ICCS (International Commision for Control and Supervision).


2.Penyelesaian Masalah Pengungsi Vietnam

Akibat konflik Vietnam, terjadi gelombang pengungsian jutaan warga Vietnam ke negara-negara Asia Tenggara, seperti Indonesia. Para pengungsi Vietnam tersebut melarikan diri dari Vietnam untuk menghindari konflik bersenjata dan konflik politik di Vietnam. Mereka melakukan pengungsian dengan memakai perahu menyusuri Samudra Hindia. Orang-orang Vietnam  yang mengungsi dengan perahu tersebut dikenal sebagai orang perahu (boat people).Jutaan pengungsi Vietnam tersebut mengungsi ke negara-negara ASEAN sebelum pindah ke negara ketiga. Oleh pemerintah Indonesia, para pengungsi Vietnam yang tiba di Indonesia ditampung di Pulau Galang sebagai penampungan sementara sebelum dipindahkan ke negara ketiga. Usaha penampungan pengungsi Vietnam tersebut dilakukan dengan bekerja sama dengan Badan Tinggi PBB Urusan Pengungsi atau UNHCR (United Nations High Commision for Refugees).

Demikianlah Artikel lengkap yang berjudul Sejarah Peran Indonesia dalam Penyelesaian Masalah Vietnam. Semoga dapat bermanfaat bagi Sobat Edukasi Lovers  semuanya. Jika artikel ini bermanfaat sudi kiranya bagi sobat semua untuk mengelike dan membagikan artikel ini untuk menjaga kelangsungan web pendidikan edukasinesia.com ini menjadi lebih baik. Jika ada permintaan, pertanyaan, kritik, maupun saran, silahkan berikan komentar sobat semua di kolom komentar di bawah ini.
Terima Kasih…
                Salam Edukasi…