45 Pengertian Evaluasi Menurut Para Ahli

 
45 Pengertian Evaluasi Menurut Para Ahli

Pengertian Evaluasi Menurut Para Ahli


Berikut ini merupakan beberapa pengertian evaluasi menurut para ahli:

1) Pengertian evaluasi menurut Philips dan Hornak: evaluasi ialah istilah yang kompleks di dalamnya mencakup pembuatan suatu keputusan atau pertimbangan mengenai ketercapaian tujuan pembelajaran siswa. Keputusan tersebut dapat didasarkan pada data kuantitatif maupun kualitatif.


2) Pengertian evaluasi menurut Baumgartner dan Jackson: evaluasi ialah suatu kegiatan yang memberikan makna terhadap ketercapaian suatu tujuan. Kegiatan evaluasi tersebut harus dilakukan dengan teliti sehingga keputusan yang diambil tidak salah.


3) Pengertian evaluasi menurut  Hj. Saminem SKM: evaluasi ialah seperangkat tindakan yang saling berhubungan untuk mengukur pelaksanaan yang berdasarkan pada tujuan serta kriteria.


4) Pengertian evaluasi menurut Nursalam: evaluasi ialah suatu proses stimulasi untuk menentukan keberhasilan.


5) Pengertian evaluasi menurut Donna L Wong: evaluasi ialah suatu langkah terakhir dalam proses pembuatan suatu keputusan.


6) Pengertian evaluasi menurut Endang Sri Astuti dan Resminingsih: evaluasi ialah pemikiran yang kritis terhadap keberhasilan serta kekurangan dalam sebuah program pengembangan diri yang telah dilakukan oleh seseorang.


7) Pengertian evaluasi menurut I Ketut Gede Yudantara: evaluasi ialah kelanjutan dari suatu rencana kerja yang peranannya sangat dibutuhkan karena evaluasi merupakan latihan yang memperkaya logika dan juga analisa.


8) Pengertian evaluasi menurut Malcolm dan Provus: evaluasi ialah perbedaan apa yang ada dengan suatu standar untuk mengetahui apakah terdapat selisih.


9) Pengertian evaluasi menurut Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003: UU RI. No. 23 Tahun 2003 mengenai Sistem Pendidikan Nasional, bab XVI pasal 57 menyatakan bahwa evaluasi dilakukan dalam rangka pengendalian mutu pendidikan secara nasional sebagai bentuk akuntabilitas penyelenggara pendidikan terhadap pihak-pihak yang berkepentingan.


10) Pengertian evaluasi menurut A Joint Committee on Standard for Evaluation: evaluasi ialah suatu proses pemeriksaan atau penyelidikan yang dilakukan secara sistematis mengenai manfaat atau kegunaan dari sesuatu berdasarkan pada suatu standar atau kriteria tertentu.


11) Pengertian evaluasi menurut Cronbach dan Suppes (1969): evaluasi ialah suatu proses penentuan nilai atau efektifitas suatu kegiatan dengan tujuan untuk pembuatan keputusan.


12) Pengertian evaluasi menurut Guba dan Lincoln (1981): evaluasi ialah suatu proses untuk menentukan sejauh mana tujuan yang telah terealisasikan.


13) Pengertian evaluasi menurut Lehman (1990): berdasarkan pada tujuannya, terdapat pengertian evaluasi sumatif dan juga evaluasi formatif. Evaluasi formatif dinyatakan sebagai upaya untuk memperoleh feedback perbaikan suatu program, sementara itu evaluasi sumatif merupakan upaya dalam menilai manfaat program dan mengambil keputusan.


14) Pengertian evaluasi menurut Stark dan Thomas (1994): Stark dan Thomas menyatakan bahwa evaluasi hanya melihat kesesuaian antara unjuk kerja serta tujuan sudah di kritik karena menyempitkan fokus dalam banyak situasi pendidikan.


15) Pengertian evaluasi menurut Oemar Hamalik: evaluasi ialah suatu proses yang berkelanjutan mengenai pengumpulan dan penafsiran informasi untuk menilai (assess) keputusan-keputusan yang dibuat dalam merancang suatu sistem pengajaran.


16) Pengertian evaluasi menurut Abdul Basir: evaluasi ialah suatu proses pengumpulan data yang deskriptif, informative, dan juga prediktif, yang dilaksanakan secara sistematik dan juga bertahap untuk menentukan kebijaksanaan dalam usaha memperbaiki pendidikan.


17) Pengertian evaluasi menurut Suchman: evaluasi sebagai suatu proses yang menentukan hasil yang sudah dicapai beberapa kegiatan yang direncanakan untuk mendukung tercapainya suatu tujuan.


18) Pengertian evaluasi menurut Bloom (1971) : evaluasi ialah pengumpulan kenyataan yang disusun secara sistematis untuk menetapkan apakah dalam kenyataannya terjadi perubahan dalam diri siswa serta menetapkan sejauh mana tingkat perubahan dalam pribadi siswa.


19) Pengertian evaluasi menurut Griffin & Nix (1991) : evaluasi ialah judgement terhadap nilai atau implikasi dari suatu hasil pengukuran.


20) Pengertian evaluasi menurut Tayibnapis (2000) :  dalam hal ini lebih meninjau pengertian evaluasi program dalam konteks tujuan yaitu sebagai proses menilai sampai  sejauh mana tujuan pendidikan yang dapat dicapai.


21) Pengertian evaluasi menurut Arikunto (2003) : evaluasi ialah serangkaian kegiatan yang ditujukan untuk mengukur keberhasilan suatu program pendidikan.


22) Pengertian evaluasi menurut Purwanto (2002) : secara garis besar dapat dikatakan bahwa evaluasi merupakan pemberian nilai terhadap kualitas sesuatu. Selain dari itu, evaluasi juga dapat dipandang sebagai proses merencanakan, memperoleh, serta menyediakan informasi yang sangat diperlukan untuk membuat alternatif-alternatif keputusan.


23) Pengertian evaluasi menurut Zainul dan Nasution (2001) : evaluasi dapat dinyatakan sebagai suatu proses pengambilan keputusan dengan menggunakan informasi yang diperoleh melalui pengukuran suatu hasil belajar, baik yang menggunakan instrumen tes maupun non tes.


24) Pengertian evaluasi menurut Azwar (1996) : evaluasi ialah suatu proses yang dilakukan secara teratur serta sistematis pada komparasi antara standar atau kriteria yang sudah ditentukan dengan hasil yang diperoleh. Melalui hasil perbandingan tersebut selanjutnya disusun suatu kesimpulan dan juga saran pada setiap aktivitas yang ada pada program.


25) Pengertian evaluasi menurut Gronlund (1975) : evaluasi ialah suatu proses secara sistematis untuk menentukan tujuan atau membuat keputusan sampai sejauh mana tujuan-tujuan dari pengajaran telah dicapai oleh siswa.


26) Pengertian evaluasi menurut Curtis, Dan B, Floyd, James J., Winsor, Jerryl L : evaluasi ialah suatu proses penilaian. Penilaian ini dapat menjadi netral, positif, ataupun negatif atau bahkan merupakan gabungan dari keduanya. Saat sesuatu di evaluasi biasanya orang yang mengevaluasi mengambil keputusan mengenai nilai atau manfaatnya.


27) Pengertian evaluasi menurut Worthen dan Sanders (1979:1) : evaluasi ialah mencari sesuatu yang berharga (worth). Sesuatu yang berharga tersebut dapat berupa informasi mengenai suatu program, produksi, serta alternatif prosedur tertentu. Karenanya evaluasi bukanlah merupakan suatu hal yang baru dalam kehidupan manusia karena hal tersebut senantiasa mengiringi kehidupan seseorang.


28) Pengertian evaluasi menurut Jones : evaluasi ialah suatu aktivitas yang dirancang untuk menimbang manfaat suatu program dalam spesifikasi kriteria, teknik pengukuran, metode analisis serta bentuk rekomendasi.


29) Pengertian evaluasi menurut Calongesi (1995) : evaluasi ialah suatu keputusan mengenai nilai yang berdasarkan pada hasil pengukuran.


30) Pengertian evaluasi menurut Ralf Tyler : Ralf Tyler menyatakan bahwa evaluasi merupakan suatu proses pengumpulan pendidikan sudah tercapai.


31) Pengertian evaluasi menurut Kumano (2001) : evaluasi ialah penilaian terhadap data yang telah dikumpulkan melalui kegiatan asesmen.


32) Pengertian evaluasi menurut Stufflebeam, dkk (1971) : evaluasi sebagai “the process of delineating, obtaining, and providing useful information for judging decision alternatives”. Yang artinya dalam evaluasi terdapat beberapa unsur yaitu sebuah proses (process), perolehan (obtaining), penggambaran (delineating), penyediaan (providing), informasi yang berguna (useful information), dan alternatif keputusan.


33) Pengertian evaluasi menurut John M. Echols dan Hasan Shadily (1983) : secara harfiah evaluasi berasal dari bahasa Inggris yaitu evaluation yang berarti penilaian atau penaksiran.


34) Pengertian evaluasi menurut Wrightstone, dkk (1956) : evaluasi merupakan penaksiran atau perkiraan terhadap pertumbuhan serta kemajuan ke arah tujuan atau nilai-nilai yang sudah ditetapkan.


35) Pengertian evaluasi menurut Sudijono (1996) : evaluasi ialah penafsiran atau interupsi yang bersumber pada data yang kuantitatif, sedang data kuantitatif merupakan hasil dari suatu pengukuran.


36) Pengertian evaluasi menurut Nurkancana (1983) : evaluasi ialah suatu kegiatan yang dilakukan yang berkenaan dengan proses untuk menentukan nilai dari suatu hal.


37) Pengertian evaluasi menurut KBBI : evaluasi ialah suatu penilaian dimana penilain tersebut ditujukan terhadap orang yang lebih tinggi ataupun yang lebih tahu kepada orang yang lebih rendah, baik itu dari sisi jabatan strukturnya atau orang yang lebih rendah keahliannya. Evaluasi merupakan suatu proses penelitian secara positif dan negatif atau juga gabungan dari keduanya.


38) Pengertian evaluasi menurut Raka Joni (1975) : evaluasi ialah suatu proses untuk mempertimbangkan sesuatu barang atau objek, hal atau gejala dengan mempertimbangkan beragam faktor yang kemudian disebut dengan Value Judgement. 


39) Pengertian evaluasi menurut Anne Anastasi: evaluasi adalah suatu proses sistematis untuk menentukan sejauh mana tujuan instruksional tersebut dicapai oleh seseorang. Evaluasi merupakan kegiatan atau aktivitas untuk menilai sesuatu secara terencana, sistematik, serta juga terarah dengan berdasarkan tujuan yang jelas.


40) Pengertian evaluasi menurut Sajekti Rusi: evaluasi ialah suatu proses menilai sesuatu, yang mencakup deskripsi tingkah laku siswa baik itu dengan secara kuantitatif (pengukuran) atau juga kualitatif (penilaian).


41) Pengertian evaluasi menurut A.D. Rooijakkers: evaluasi ialah suatu usaha atau proses didalam menentukan nilai-nilai. Secara khusus evaluasi atau penilaian tersebut juga diartikan ialah sebagai proses pemberian nilai dengan berdasarkan data kuantitatif hasil pengukuran untuk keperluan pengambilan keputusan.


42) Pengertian evaluasi menurut William A. Mehrens dan Irlin J. Lehman: evaluasi adalah suatu proses merencanakan, memperoleh, serta juga menyediakan informasi yang sangat diperlukan untuk dapat membuat alternatif-alternatif keputusan.


43) Pengertian evaluasi menurut Dimyati & Mudijono (2006): evaluasi adalah proses memberikan atau menentukan nilai kepada objek tertentu berdasarkan suatu kriteria tertentu.


44) Pengertian evaluasi menurut Arifin & Zainal (2010): evaluasi ialah suatu proses bukan suatu hasil (produk). Hasil yang diperoleh dari kegiatan evaluasi adalah kualitas sesuatu, baik yang menyangkut tentang nilai atau arti, sedangkan kegiatan untuk sampai pada pemberian nilai dan arti itu adalah evaluasi.


45) Pengertian evaluasi menurut Abdul Jabar (2007:1) : evaluasi berarti pengumpulan kenyataan secara sistematis untuk menetapkan apakah dalam kenyataannya terjadi perubahan dalam diri siswa dan menetapkan sejauh mana tingkat perubahan dalam diri pribadi siswa.