7 Peranan Pers Dalam Masyarakat Demokrasi (Negara Demokratis)


7 Peranan Pers Dalam Masyarakat Demokrasi (Negara Demokratis)
7 Peranan Pers Dalam Masyarakat Demokrasi (Negara Demokratis)


7 Peranan Pers Dalam Masyarakat Demokrasi (Negara Demokratis)

Selamat Datang di Web Pendidikan www.edukasinesia.com
Hallo sobat Edukasi Lovers, senang sekali rasanya pada kesempatan kali ini saya dapat membagikan artikel untuk menambah pengetahuan dan wawasan sobat Edukasi Lovers semua. Artikel yang akan saya bagikan pada kesempatan kali ini berjudul 7 Peranan Pers Dalam Masyarakat Demokrasi  (Negara Demokratis)

 Berikut Ini Pembahasan Selengkapnya

7 Peranan Pers Dalam Masyarakat Demokrasi (Negara Demokratis)

    Pers merupakan sebuah lembaga sosial yang sangat penting dan sangat diperlukan bagi masyarakat maupun suatu negara yang menganut sistem demokrasi. Pers dalam kehidupan masyarakat yang demokratis mempunyai peranan yang penting. Sebab dengan adanya pers, maka masyarakat dapat mengetahui dengan cepat, tepat, dan mudah suatu informasi yang diperlukan ataupun berita-berita yang sedang berkembang. Selain itu Pers dalam hal ini media massa juga dapat menjadi media komunikasi dua arah, yakni dari masyarakat ke negara dan juga dari negara ke masyarakat. Misalnya saja ketika Bapak Presiden Joko Widodo mengumumkan program ‘kartu sakti’ kepada masyarakat. 

Dengan adanya pengumuman yang dilakukan oleh Bapak Presiden melalui media massa, maka masyarakat luas akan langsung bisa mengetahui informasinya. Contoh tersebut merupakan contoh komunikasi dua arah antara negara ke masyarakat. Contoh komunikasi dua arah dari masyarakat ke negara ialah, misalnya saja ketika para petani menyalurkan aspirasinya melalui media massa kepada suatu instansi pemerintahan untuk membantu mereka dalam hal penyediaan benih dan pupuk-pupuk yang bersubsidi, agar mereka bisa bertani dengan baik dengan beban yang tidak terlalu berat.

            Pers memainkan peranan yang cukup vital dalam masyarakat demokratis, karena pers dapat menjadi sarana bagi antarpihak untuk melakukan hubungan, menjalin komunikasi, mendapatkan kebutuhan informasi, dan sebagai media untuk mengekspresikan diri baik itu secara lisan, non lisan (tertulis) maupun secara visual (bentuk gambar).Negara Indonesia merupakan negara yang menganut sistem demokrasi. Kata demokrasi sendiri sebenarnya berasal dari bahasa Yunani, yakni demos yang berarti rakyat dan kratos yang berarti pemerintahan. Jadi dapat disimpulkan bahwa demokrasi ialah suatu sistem yang menganut sistem pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat. Di saat ini negara Indonesia tengah menjalankan politik keterbukaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Oleh karena itu, maka pers harus memainkan peranannya dengan mendukung penampilan yang lebih profesional dalam mengungkap fakta-fakta dan secara lebih transparan dalam menyiarkan informasi atau berita. Pers dan masyarakat memiliki suatu ikatan batin yang erat. Sebab pers dan masyarakat sama-sama saling membutuhkan antara satu dengan yang lainnya. Pers membutuhkan dukungan-dukungan dari masyarakat, karena tanpa masyarakat pers tidak akan ‘hidup’ dan tidak akan berjalan dengan lancar. Dan begitu juga masyarakat, masyarakat tanpa kehadiran pers, maka masyarakat tersebut akan tertinggal akan segala informasi-informasi atau berita yang sangat penting yang sangat dibutuhkan masyarakat. 

Masyarakat juga tidak akan dapat menyalurkan aspirasinya dan mengekspresikan dirinya. Pers juga sangat penting bagi masyarakat karena dapat menjembatani hubungan antara pemerintah dengan masyarakat, karena antara pemerintah dan masyarakat saling membutuhkan dalam suatu negara. Masyarakat menginginkan negara memberi jaminan perlindungan hukum, informasi, keamanan, serta kebijakan yang bermanfaat luas bagi masyarakat.

Masyarakat ingin mengetahui program dan kebijakan pemerintah yang telah dijalankan, sedang dijalankan, dan akan dijalankan atau dilaksanakan. Demikian pula pemerintah ingin masyarakat mengetahui berbagai kegiatan program yang dilakukan sehingga mendapat persetujuan dan dukungan dari masyarakat. Pemerintah juga mengharapkan dukungan dan ketaatan masyarakat untuk menjalankan program dan kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan. Adapun peranan pers dalam masyarakat  dan negara yang demokrasi (demokratis) antara lain ialah sebagai berikut:

7 Peranan Pers Dalam Masyarakat Demokrasi (Negara Demokratis)

7 Peranan Pers Dalam Masyarakat Demokrasi (Negara Demokratis)


1)    Pers Sebagai Saluran Penyalur Aspirasi Masyarakat

    Salah satu peranan pers dalam masyarakat yang demokratis ialah sebagai saluran penyalur aspirasi rakyat. Pers sangat penting dan sangat diperlukan oleh masyarakat sebagai ‘penyambung lidah’ masyarakat atas segala keluh kesahnya kepada negara dan pemerintahan. Pers dapat sangat bermanfaat bagi masyarakat karena peranannya yang menyalurkan segala aspirasi-aspirasi masyarakat. Karena tanpa kehadiran pers, maka sangat sulit bagi masyarakat untuk menyampaikan curahan hatinya kepada instansi pemerintahan dan negaranya.


Baca Juga: Pengertian Pers, Fungsi Pers, Sejarah Pers, Peranan Pers, dan Penjelasan Terlengkap Mengenai Pers

2)    Pers Sebagai Saluran Pendidikan dan  Pembelajaran Kepada Masyarakat

   Peranan pers yang kedua ialah sebagai saluran pendidikan dan pembelajaran kepada masyarakat. Pers dapat memberikan pendidikan, wawasan, ilmu pengetahuan, dan mencerdaskan masyarakat. Hal ini dikarenakan masyarakat yang secara intensif mencari dan mendapatkan berita-berita dari pers akan semakin luas ilmu, pengetahuan, dan wawasannya. Berita-berita dari pers ini bisa saja mengenai ekonomi,sosial,politik,kebudayaan,pendidikan,alam,wisata,olahraga,dan lain sebagainya. Pers dalam hal ini media massa juga dapat menyebarluaskan berbagai peristiwa, kejadian, dan segala tindakan dari warga atau kelompok tertentu sehingga dapat diketahui oleh masyarakat.


3)    Pers Sebagai Saluran Program-Program Pemerintah dan Kebijakan Publik Kepada Masyarakat

    Peranan pers yang ketiga ialah sebagai saluran untuk memberitakan program-program yang sedang dikerjakan atau dilaksanakan oleh pemerintah, program-program yang sudah dikerjakan oleh pemerintah, dan program –program yang akan dikerjakan oleh pemerintah, serta menyebarluaskan berbagai kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah bagi kepentingan publik (masyarakat umum).Segala program-program, keputusan-keputusan, kebijakan-kebijakan dan peraturan-peraturan baru dari pemerintah akan semakin cepat sampai pada masyarakat dengan melalui perantara pers daripada harus bertemu terlebih dahulu satu per satu dengan masyarakat.


4)    Pers Sebagai Saluran Untuk Menginvestigasi Mengenai Masalah-Masalah Publik

    Peranan pers yang keempat dalam masyarakat dan negara yang demokrasi ialah pers sebagai saluran ataupun media untuk menginvestigasi dan mengungkap masalah-masalah publik secara luas kepada masyarakat, seperti kebijakan pejabat, masalah pembangunan, program-program dan usaha-usaha pemerintah kepada masyarakat. Dalam hal ini pers sangat bermanfaat bagi masyarakat, karena informasi yang sebelumnya tertutup dan terbatas hanya di kalangan pemerintahan saja, dapat menjadi terbuka dan diketahui masyarakat. Pers bisa melakukan laporan dan penyidikan secara mendalam terhadap segala masalah-masalah publik yang sebelumnya tidak diketahui masyarakat. Misalnya menurunkan investigasi berita tentang kasus korupsi di sebuah lingkungan suatu departemen ataupun pemerintahan daerah.


5)    Pers Sebagai Saluran Bagi Opini Publik dan Debat Publik

   Peranan pers yang kelima dalam masyarakat dan negara yang demokrasi ialah sebagai saluran bagi opini publik dan debat publik. Pers berperan dalam mewadahi sarana komunikasi dua arah yakni dari atas ke bawah maupun dari bawah ke atas. Komunikasi dari atas ke bawah maksudnya ialah komunikasi dari negara ke masyarakat dan komunikasi dari bawah ke atas maksudnya ialah dari masyarakat (warga) kepada negara atau pemerintahan. Melalui pers masyarakat luas bisa menyampaikan beragam aspirasi, usul, kritikan, dan saran lewat pers kepada negara. Inilah yang kemudian disebut sebagai saluran bagi opini publik. 

Pers menjadi sebuah sarana yang efektif dalam menampung berbagai aspirasi rakyat. Selain itu, pers juga berperan dalam memfasilitasi publik atau masyarakat umum untuk menyediakan forum bagi adanya debat publik untuk para pemimpin pemerintahan, tokoh-tokoh partai, tokoh-tokoh masyarakat, dan pejabat-pejabat publik lainnya. Pers dapat menjadi sebuah sarana untuk melakukan debat yang sehat secara leluasa, beradu pendapat, berdiskusi, dan berpolemik mengenai suatu hal dengan melalui pers (media massa).Sehingga suatu permasalahan dapat menemukan titik temu mengenai solusinya.

6)    Pers Sebagai Saluran Informasi Kepada Masyarakat Luas

     Peranan pers yang keenam ialah sebagai saluran informasi kepada masyarakat luas. Pers sangat penting kehadirannya bagi masyarakat, karena tanpa adanya pers, maka masyarakat luas tidak akan dapat mengetahui beragam informasi mengenai suatu kejadian, peristiwa, perkembangan teknologi secara terkini, cepat dan mudah. Hal ini dikarenakan pers berperan dalam mencari dan menyebarkan berita-berita atau suatu informasi secara intensif kepada masyarakat luas.



7)    Pers Sebagai Saluran Komponen Pendukung Infrastruktur Politik atau Pendukung Kemajuan Perpolitikan


7 Peranan Pers Dalam Masyarakat Demokrasi (Negara Demokratis)

    Peranan pers yang ketujuh ialah sebagai saluran komponen pendukung infrastruktur politk atau pendukung kemajuan perpolitikan di suatu masyarakat yang demokrasi (demokratis).Sebagai saluran pendukung kemajuan perpolitikan, pers berperan dalam menyiarkan atau menyebarkan berita-berita mengenai dunia perpolitikan, misalnya ialah menyebarluaskan berita seputar visi dan misi calon-calon kepala daerah di masing-masing daerah, menyebarluaskan berita seputar kampanye calon-calon wakil rakyat yang akan duduk di kursi pemerintahan, menyebarluaskan berita seputar partai-partai politik yang ada beserta struktur kepengurusannya. 

Menyebarluaskan berita seputar Visi dan Misi masing-masing partai politik, dan menyebarluaskan berita seputar penghitungan suara dalam setiap event ‘pesta rakyat’  (pemilihan umum).Dengan demikian, maka masyarakat akan menjadi lebih cerdas dalam menentukan pilihannya dalam setiap diadakannya ajang pemilihan umum.



Demikianlah Artikel lengkap yang berjudul 7 Peranan Pers Dalam Masyarakat Demokrasi  (Negara Demokratis). Semoga dapat bermanfaat bagi Sobat Edukasi Lovers  semuanya. Jika artikel ini bermanfaat sudi kiranya bagi sobat semua untuk mengelike dan membagikan artikel ini untuk menjaga kelangsungan web pendidikan edukasinesia.com ini menjadi lebih baik. Jika ada permintaan, pertanyaan, kritik, maupun saran, silahkan berikan komentar sobat semua.
     Terima Kasih…
        Salam Edukasi…